Latihan AKM Online Versi Kemendikbud SD,SMP,SMA/SMK 2022

Kherysuryawan.id – Ayo Coba AKM sebagai persiapan menghadapi asesmen nasional untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Tahun 2022

Sahabat Pendidikan, pada postingan ini saya akan memberikan informasi terbaru tentang cara untuk bisa melakukan latihan AKM mandiri secara online. Apabila selama ini anda ingin melakukan uji coba mengerjakan soal-soal AKM untuk persiapan asesmen maka melalui artikel ini anda bisa mendapatkan informasi lengkap tentang bagaimana cara untuk bisa melakukan hal itu.

 

Seperti kita ketahui bahwa tidak lama lagi asesmen nasional (AN) akan segera dimulai maka bagi para guru, sejak dini harus bisa bersiap untuk memberikan soal-soal latihan menghadapi asesmen. Dan bagi para peserta didik yang akan mengikuti asesmen juga harus bisa bersiap dan berlatih mengerjakan soal-soal asesmen.

 

Bagi para guru yang masih bingung untuk memberikan soal – soal latihan asesmen kepada para siswanya dan untuk para siswa yang juga tidak tau harus berlatih soal bentuk apa untuk persiapan menghadapi asesmen nantinya maka melalui postingan ini saya akan memberikan informasi bahwa saat ini anda yang ingin berlatih mengerjakan soal-soal asesmen secara mandiri maka dapat langsung berlatih mengerjakan soal – soal asesmen yang telah di sediakan secara online.

 

Bagi bapak dan ibu guru yang di beri tugas untuk membimbing siswanya yang akan mengikuti asesmen nantinya, maka bisa menginformasikan kepada setiap siswanya agar bisa berlatih mengerjakan soal-soal AKM yang telah di sediakan oleh kemendikbud melaui laman pusmenjar yang dapat diakses secara online. Nantinya disana akan di peroleh soal-soal latihan AKM dan pada akhir latihan atau tes akan di berikan pula kunci jawabannya sebagai pembanding dari hasil jawaban yang telah di isikan.

 

Dengan melihat contoh soal latihan asesmen maka tentunya anda bisa mengetahui bagaimana bentuk soal asesmen yang nantinya akan keluar pada saat anda mengikuti kegiatan ujian asesmen. Namun perlu diingat bahwa soal latihan asesmen yang akan anda pelajari ini nantinya bukanlah sebagai soal yang akan muncul saat ujian asesmen melainkan hanya sebagai referensi dan latihan saja.

  

Seperti kita ketahui bahwa materi yang akan diujiankan saat asesmen nantinya ada 2, yaitu :

1. materi literasi

2. materi numerasi

Dan melalui soal latihan asesmen online ini anda pun bisa memilih materi mana yang akan anda kerjakan sesuai dengan keingan anda masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara untuk bisa berlatih mengerjakan soal-soal asesmen atau AKM online resmi dari kemdikbud maka berikut ini langkah-langkahnya :

1. Silahkan anda kunjungi alamat berikut ini: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/

2. Selanjutnya klik “ayo coba AKM”



3. Kemudian silahkan pilih jenis materi yang ingin di ujikan, dalam hal ini anda bisa memilih materi “Literasi” atau “Numerasi”



4. Kemudian selanjutnya silahkan pilih “jenjang”

Untuk jenjang ada 3 jenjang yang dapat anda pilih diantaranya ialah :

-          SD/MI/PAKET A

-          SMP/MTs/PAKET B

-          SMA/MA/SMK/PAKET C



5. Jika sudah memilih jenjang maka selanjutnya silahkan klik “Ok, Lanjutkan”



6. Selanjutnya akan muncul tampilan :

“Selamat Datang,

Silakan login dengan menggunakan username dan password yang anda miliki”

(username dan password akan secara otomatis terisi)



7. Selanjutnya klik “Login”

8. Setelah itu silahkan isi konfirmasi data peserta, diantaranya :

-          Pilih jenis kelamin

-          Isi nama lengkap peserta

-          Masukkan tanggal lahir (tanggal, bulan dan tahun)

-          Isi kode token sesuai kode token yang telah di siapkan (kode token bisa dilihat pada bagian atas sebelah kiri)



9. Jika semua sudah terisi, maka silahkan klik “submit”

10. Selanjutnya akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, dan untuk memulai tes maka silahkan klik “MULAI”



11. Selanjutnya silahkan anda mulai mengerjakan tes sesuai dengan waktu yang telah ditentukan

12. Jika sudah selesai mengerjakan soal latihan AKM online tersebut maka klik tombol “SELESAI TES”



13. Terakhir anda akan melihat hasil jawaban anda apakah sudah benar atau masih salah.

14. Pada tahapan akhir anda bisa mengunduh atau mendownload hasil jawaban anda yang juga akan di lengkapi dengan kunci jawaban pada setiap soal

15. Selesai

 

Demikianlah cara mudah bagi anda yang akan mengikuti tes AKM online sebagai bentuk latihan dalam mengerjakan soal-soal AKM untuk persiapan menghadapi asesmen nasional nantinya. Bagi para guru dan siswa maka kiranya informasi ini bisa bermanfaat untuk persiapan menghadapi asesmen nasional.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel