Rangkuman Materi PJOK Kelas 9 Bab 2 Aktivitas Permainan Bola Kecil

Kherysuryawan.id – Ringkasan materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) kelas 9 SMP Bab 2 Aktivitas Permainan Bola Kecil yang akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1.

Sahabat pendikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan materi hasil ringkasan dari mata pelajaran PJOK kelas 9 Bab 2 semester 1.

 

Adapun materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PJOK kelas 9 Bab 2 yaitu tentang Aktivitas Permainan Bola Kecil yang mana sub materi nya adalah sebagai berikut :

A.      AktivitasPermainan Bola Kecil melalui Permainan Rounders

B.      AktivitasPermainan Bola Kecil melalui Permainan Bulu Tangkis

C.      AktivitasPermainan Bola Kecil melalui Permainan Tenis Meja

 

Perlu di ketahui bahwa hasil ringkasan materi PJOK kelas 9 bab 2 semester 1 ini merupakan rangkuman dari materi PJOK yang telah di sesuaikan denganmateri yang ada pada buku paket khususnya buku siswa PJOK kelas 9 SMP. Admin sengaja membuat ringkasan materi ini serta membagikannya melalui postingan ini dengan tujuan agar bisa memudahkan para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan belajar.

 

Tentunya dengan mempelajari materi yang telah diringkas akan semakin memudahkan siswa dalam mempelajarinya sebab materinya sudah di komnpres dan hanya materi yang penting-penting saja yang di ambil.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat sajian ringkasan materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) kelas 9 SMP Bab 2 Aktivitas Permainan Bola Kecil, maka berikut ini sajian materinya :

 

A. Aktivitas Permainan Bola Kecil melalui Permainan Rounders 

Rounders adalah cabang olahraga yang hampir sama dengan base ball dan soft ball. Di sini pemain setelah memukul bola berlari mengelilingi lapangan dengan ditandai dengan tiang sebagai “Rounders”. Regu yang dapat mengelilingi lapangan lebih banyak keluar sebagai pemenang. Olahraga ini berasal dari Inggris bersamaan dengan base ball dan soft ball.

 

Cara memainkannya adalah memukul bola dengan menggunakan alat pemukul (stick) yang dilemparkan oleh pelambung. Cara pelambung melemparkan bola dengan menggunakan lemparan dari bawah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Setiap regu permainan rounders terdiri dari 9 orang pemain. Lamanya bermain adalah 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi penyerang sebanyak 7 kali dan menjadi regu bertahan sebanyak 7 kali.

 

Terjadinya pergantian antara regu penyerang dan regu bertahan apabila pihak bertahan telah berhasil mematikan pemain-pemain regu penyerang sebanyak 3 orang pemain. Cara memperoleh nilai adalah apabila pemukul (batter), baik atas pukulannya sendiri maupun pukulan temannya berhasil kembali ke home-plate dengan selamat. Pemain tersebut memperoleh nilai satu (1). Gerak spesifi k yang terdapat dalam permainan rounders adalah keterampilan melempar bola, menangkap bola, berlari, dan memukul menggunakan tongkat pemukul.

 

Lapangan permainan segiempat, ditandai dengan empat tiang tegak lurus yang masing-masing panjangnya 1,20 meter dan dipasang setiap sudut. Jarak antara pemukul bola dengan tiang pertama 12 meter (jarak sama sampai dengan tiang ke tiga). Dari tiang ke tiga ke tiang ke empat 8,50 meter. Jarak antara pemukul dengan pelontar bola 7,50 meter. Arena pelontar bola 2,50 x 2,50 meter dan arena pemukul bola 2 x 2 meter. Stick (pemukul bola) berbentuk bulat dan terbuat dari kayu dengan ukuran panjang ± 46 cm dan berat 370 gram. Bola bergaris tengah 19 cm dengan berat 70-85 gram.

 

Berikut ini gambar Lapangan dan perlengkapan permainan rounders

 

1. Aktivitas Pembelajaran Gerak Dasar Permainan Rounders

a. Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola

Gerak dasar melempar bola adalah sebagai berikut.

1)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Melambung (Parabola)

2)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Mendatar Setinggi Bahu

3)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Menyusur Tanah

4)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola bagi Pelambung (Pitcher)

 

b. Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola

Salah satu kunci keberhasilan dalam permainan rounders adalah tingkat keterampilan pemain dalam menangkap bola, karena kalau keterampilan menangkap yang dimiliki tim rendah maka setiap bola yang datang akan lolos atau tidak bisa ditangkap. Hal ini akan menyebabkan pelari dapat berlari ke home base dengan mudah.

 

Untuk meningkatkan keterampilanmu dalam menangkap bola berikut ini beberapa cara untuk menangkap bola.

1)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola Melambung

2)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola Mendatar

3)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Menangkap Bola Menyusur Tanah

 

c. Aktivitas Pembelajaran Gerakan Memukul Bola

Kecakapan memukul dalam permainan rounders merupakan unsur yang penting dalam permainan rounders, karena semakin bagus kualitas pukulan seseorang, maka bola akan terlempar jauh, sehingga menyulitkan regu penjaga. Oleh karena itu, teknik memukul harus kamu pelajari dengan baik. Untuk dapat menjadi seorang pemukul yang baik haruslah dipelajari teknik memukul secara keseluruhan, yaitu mulai dari cara memegang kayu pemukul sampai akhir ayunan.

 

d. Aktivitas Pembelajaran Kombinasi Gerakan Permainan Rounders

1)      Aktivitas Pembelajaran Lempar Tangkap Bola di Tempat dan Sambil Bergerak

2)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Lempar Tangkap Bola dengan Lecutan Tangan Berpasangan di Tempat, dilanjutkan dengan Gerak Maju Mundur

3)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Lempar Tangkap Bola dengan Ayunan Atas, Ayunan Samping, dan Bawah

4)      Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melambungkan dan Menangkap Bola yang dilakukan 3 Orang

5)      Aktivitas Bermain dengan Gerakan Bola Lambung

6)      Aktivitas Bermain dengan Gerakan Bola Dipukul dan dilambungkan dari Arah Samping/Depan

 

2. Aktivitas Pembelajaran Bermain Rounders Menggunakan Peraturan yang Dimodifikasi

Berikut ini yang dapat diterapkan dalam permainan rounders secara beregu.

a.       Setiap regu dibagi dua kelompok sama banyak antara laki-laki dan perempuan.

b.       Regu penyerang (giliran memukul bola) berusaha mendapatkan angka sebanyak-banyaknya dari hasil pukulan bola dan lari menuju tiang hinggap.

c.       Regu bertahan (giliran penjaga) berusaha mematikan lawan dengan cara melempar bola ke base (tempat hinggap).

d.       Waktu bermain 15 – 20 menit.

e.       Regu yang paling banyak mengumpulkan angka dinyatakan sebagai pemenang.

 

B. Aktivitas Permainan Bola Kecil melalui Permainan Bulu Tangkis

Permainan bulu tangkis merupakan olahraga kebanggaan nasional kita, hanya olahraga ini satu-satunya yang pernah mendapatkan medali emas pada kejuaraan Olimpiade. Permainan bulu tangkis adalah sebuah cabang olahraga yang dimainkan dengan cara memukul shuttlecock/kok yang terbuat dari bulu.

 

Inti permainan bulu tangkis adalah memasukkan bola (shuttlecock) ke lapangan lawan melalui net setinggi 1,55 meter dari lantai. Jaring ini membatasi kedua bagian lapangan permainan di mana para pemain berdiri dan melakukan gerakan-gerakan dalam permainan.

 

Permainan bulu tangkis adalah permainan yang mudah dilakukan mengingat raketnya yang ringan serta bola berjalan lurus dan teratur tanpa putaran. Oleh sebab itu, seorang pemain bulu tangkis yang benar-benar ingin menjadi pemain yang berprestasi haruslah mempelajari dan menguasai teknik dan taktik bermain sebaik-baiknya.

 

Gerak spesifi k memukul dalam permainan bulu tangkis terdiri dari: pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash, dan pukulan drive. Gerak spesifi k pukulan adalah cara-cara melakukan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan.

 

1. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Permainan Bulu Tangkis

a.       Aktivitas Pembelajaran 1 : Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand Tanpa Net

b.       Aktivitas Pembelajaran 2 : Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand Melewati Net

c.       Aktivitas Pembelajaran 3 : Kombinasi Gerakan Servis Panjang, Forehand Panjang, dan Pendek Tanpa Net, dan dilanjutkan Menggunakan Net Dilakukan Berpasangan atau Formasi Berbanjar

d.       Aktivitas Pembelajaran 4 : Kombinasi Gerakan Servis Pendek, Forehand Panjang, dan Pendek Tanpa Net, dan Dilanjutkan Menggunakan Net

e.       Aktivitas Pembelajaran 5 : Kombinasi Gerakan Pukulan Backhand Tanpa Net, Dilanjutkan Menggunakan Net, secara Berpasangan atau Kelompok

 

2. Aktivitas Pembelajaran Bermain Bulu Tangkis Menggunakan Peraturan yang Dimodifi kasi

a.       Aktivitas Pembelajaran 1: Bermain 3 Lawan 3

b.       Aktivitas Pembelajaran 2: Bermain 3 Lawan 2

 

C. Aktivitas Permainan Bola Kecil melalui Permainan Tenis Meja

Permainan tenis meja adalah suatu jenis permainan yang menggunakan meja sebagai tempat untuk memantulkan bola. Bola yang dipukul tersebut harus melewati net yang dipasang pada bagian tengah meja lapangan. Permainan tenis meja yang lebih dikenal dengan istilah lain “Ping Pong” merupakan cabang olahraga unik dan bersifat rekreatif.

 

Pada dasarnya prinsip dasar permainan tenis meja dapat dibagi menjadi empat, yaitu :

(1) gerakan memegang bet (grip),

(2) gerakan siap sedia (stance),

(3) gerakan kaki (footwork), dan

(4) gerakan pukulan (stroke).

 

1. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Permainan Tenis Meja

a.       Aktivitas Pembelajaran 1 : Kombinasi Pukulan Forehand Tanpa Net

b.       Aktivitas Pembelajaran 2 : Kombinasi Pukulan Forehand Meja Terpasang Net

c.       Aktivitas Pembelajaran 3 : Kombinasi Pukulan Backhand Tanpa Net

d.       Aktivitas Pembelajaran 4 : Kombinasi Pukulan Backhand Meja Terpasang Net

e.       Aktivitas Pembelajaran 5 : Kombinasi Cara Memegang Bet dan Pukulan Servis Forehand dan Backhand dengan Konsisten

f.        Aktivitas Pembelajaran 6 : Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand, Arah Bola Lurus

g.       Aktivitas Pembelajaran 7 : Kombinasi Cara Memegang Bet, Pukulan Forehand dan Backhand, Arah Bola Menyilang Meja

 

2. Aktivitas Pembelajaran Bermain Tenis Meja Menggunakan Peraturan Dimodifikasi

a.       Aktivitas Pembelajaran 1 : Bermain Tanpa Menggunakan Bet, dengan Cara Tunggal atau Ganda

b.       Aktivitas Pembelajaran 2 : Bermain 1 Lawan 2

 

Demikianlah ringkasan/rangkuman materi PJOK yang akan di pelajari pada kelas 9 Bab 2 khususnya pada materi tentang Aktivitas Permainan Bola Kecil yang meliputi Permainan Rounders, Permainan Bulu Tangkis dan Permainan Tenis Meja.

 

Semoga materi yang telah di sajikan diatas senantiasa bisa membantu para siswa yang akan menggunakannnya sebagai bahan belajar. Admin percaya bahwa dengan adanya ringkasan materi ini maka akan memudahkan bagi para siswa untuk menggunakannya sebagai bahan belajar baik untuk belajar di rumah maupun belajar di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel