Rangkuman Materi Matematika Kelas 9 BAB 5 Bangun Ruang Sisi Lengkung

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi matematika kelas 9 SMP BAB 5 Bangun Ruang Sisi Lengkung yang akan di pelajari pada semester 2 kurikulum 2013.

Sebagai seorang pendidik dan pelajar buku paket pelajaran merupakan bahan belajar yang sangat penting untuk dimiliki sehingga bisa menjadi panduan belajar yang baik.

 

Dalam mempelajari materi yang ada di buku pelajaran maka untuk bisa memudahkan dalam mempelajarinya maka kita perlu untuk membuat ringkasan atau rangkuman materinya. Berbicara mengenai ringkasan materi maka dikesempatan ini saya akan membagikan sebuah ringkasan materi khususnya untuk materi matematika yang ada di kelas 9 SMP.

 

Melalui kesempatan ini saya akan membagikan ringkasan atau rangkuman materi matematika untuk kelas 9 SMP Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung. Ringkasan materi matematika ini saya buat untuk bisa membantu para guru dan siswa yang akan belajar matematika khususnya materi yang ada di Bab V yaitu tentang Bangun Ruang Sisi Lengkung.

 

Materi matematika kelas 9 Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung akan di pelajari pada semester 2, dan untuk memudahkan dalam proses belajar mengajar maka pastinya dibutuhkan ringkasan materi, maka olehnya itu disini saya akan memberikan ringkasan materinya secara lengkap agar dapat menjadi bahan pembelajaran yang bisa memudahkan bagi siapapun yang akan menggunakannya.

 

Adapun materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran matematika kelas 9 SMP Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung diantaranya yaitu sebagai berikut :

-          Tabung

-          Kerucut

-          Bola

 

Semua ringkasan materi matematika kelas 9 Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung yang akan saya sajikan disini sudah lengkap dan semua materinya bersumber dari buku siswa matematika kelas 9 SMP kurikulum 2013 edisi revisi terbaru sehingga bagi anda yang di sekolahnya telah menggunakan kurikulum 2013 maka anda bisa belajar melalui postingan ini.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya bagi anda yang membutuhkan sajian materi matematika kelas 9 SMP Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung yang telah dirangkum maka berikut ini ulasan materinya ;

 

Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung

Tabung

Tabung adalah bangun ruang sisi lengkung yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Tabung memiliki tiga sisi yakni dua sisi datar dan satu sisi lengkung.



Benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang menyerupai tabung adalah tong sampah, kaleng susu, lilin, dan pipa.

 

Luas Tabung:

Luas tabung ekuivalen dengan jumlahan semua luas bangun penyusun dari jaring-jaring tabung. Jaring-jaring tabung terdiri atas dua lingkaran dan satu persegi panjang.

 


Misalkan terdapat tabung dengan jari jari r dan tinggi t, maka:

L = Luas jaring-jaring tabung

 = 2 × Luas Lingkaran + Luas ABCD

 = 2πr2 + AB x BC

 = 2πr2 + 2πr × t

 = 2πr(r + t)

 

Volume Tabung:



Volume tabung adalah hasil perkalian dari luas alas tabung dengan tinggi tabung atau dapat dirumuskan sebagai berikut:

V = La × t = πr2 × t

 

Contoh 1 Menghitung Luas Permukaan Tabung

Hitung luas permukaan tabung di bawah ini :



Penyelesaian :

Tabung di atas memiliki jari-jari r = 3 cm dan tinggi t = 7 cm,

maka luas permukaannya adalah:

L = 2πr(r + t)

= 2π × 3 × (3 + 7)

= 60π

Jadi, luas permukaan tabung adalah 60π cm2.

 

 

Contoh 2 Menghitung Jari-Jari Tabung Jika Diketahui Luas

Hitung jari-jari tabung di bawah ini



Penyelesaian :

Tabung di atas memiliki tinggi 8 cm dan luas 528 cm2 .

Gunakan π = 22/7 .

L = 2πr(r + t)

528 = 2(22/7 )r(r + 8)

84 = r(r + 8)

r2 + 8r – 84 = 0

(r + 4) (r – 6)

r = 6

sehingga jari-jari tabung adalah 6 cm.

 

Contoh 3 Menghitung Volume Tabung

Hitung volume tabung di bawah ini



Penyelesaian :

Tabung di atas memiliki jari-jari r = 2 m dan tinggi t = 6 m.

V = πr2

= π(2)2 × 6

= 24π

Jadi, volume tabung adalah 24π m3.

 

 

Kerucut

Kerucut adalah bangun ruang sisi lengkung yang dapat dibentuk dari tabung dengan mengubah tutup tabung menjadi titik. Titik tersebut biasanya disebut dengan titik puncak. Kerucut memiliki dua sisi, yaitu satu sisi datar dan satu sisi lengkung. Kerucut merupakan limas dengan alas lingkaran.



Benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang menyerupai kerucut adalah topi ulang tahun, topi petani, dan cone es krim.

 

Luas Permukaan Kerucut:

Luas permukaan ekuivalen dengan jumlahan semua luas bangun penyusun dari jaring-jaring kerucut. Jaring-jaring kerucut terdiri atas satu lingkaran dan satu selimut yang berbentuk juring.



Misalkan terdapat tabung dengan jari jari r dan tinggi t, maka:



Volume Kerucut:

Volume kerucut adalah 1/3 bagian dari volume.



tabung dengan jari-jari dan tinggi yang sama atau dapat dirumuskan sebagai berikut.

 


Contoh 1 Menghitung Luas Permukaan Kerucut

Hitung luas permukaan kerucut di bawah ini



Penyelesaian :

Diameter kerucut adalah 16 cm, maka jari-jari kerucut adalah r = 8 cm, sedangkan tinggi kerucut adalah t =15 cm. Panjang garis lukis adalah


Sehingga diperoleh

L = πr(r + s)

= π(8)(8 + 17)

 = 200π

Jadi, luas permukaan kerucut adalah 200π cm2.

 

Contoh 2 Menghitung Volume Kerucut

Hitung volume kerucut di bawah ini



Penyelesaian :

Diameter kerucut adalah 24 cm, maka jari-jari kerucut adalah r = 12 cm. Sedangkan panjang garis lukis adalah s = 20 cm, maka

Volume dari kerucut adalah 768π m3 .

 

 

Bola

Bola adalah bangun ruang sisi lengkung yang dibentuk dari tak hingga lingkaran yang memiliki jari-jari sama panjang dan berpusat pada titik yang sama. Bola hanya memiliki satu sisi yang merupakan sisi lengkung. Bola dapat dibentuk dengan memutar/merotasi setengah lingkaran sebesar 360o dengan diameter sebagai sumbu rotasi.



Benda dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk bola adalah bola olah raga (sepak bola, basket, voli dan lain-lain), kelereng, globe, dan lainnya.

 

Luas Permukaan Bola:


Luas permukaan bola adalah sama dengan 4 kali luas lingkaran yang memiliki jari-jari yang sama atau dapat dituliskan sebagai berikut :

L = 4πr2

 

Volume Bola:

Volume bola adalah hasil kali 4/3 π dengan pangkat tiga jari-jari bola tersebut atau dapat dituliskan sebagai berikut

V = 4/3 πr3

 

Contoh 1 Menghitung Luas Permukaan Bola

Hitung luas bola di bawah ini



Penyelesaian :

Diameter bola di samping adalah 10 cm, maka jari-jarinya adalah r = 5 cm.

L = 4πr2

= 4π(5)2

= 100π

Jadi, luas bola adalah 100π cm2

 

Contoh 2 Menghitung Volume Bola

Hitung volume bola di bawah ini :



Penyelesaian :

Jari-jari bola di samping adalah r = 12 m.

V = 4/3 πr3

= 4/3 π(12)3

= 4/3 π(1.728)

= 2.304π

Luas bola adalah 2.304π m3 .

 

itulah informasi mengenai ringkasan materi matematika kelas 9 SMP Bab V tentang  Bangun Ruang Sisi Lengkung yang bisa saya berikan pada postingan ini sekiranya materi yang telah di ringkas diatas bisa menjadi pedoman untuk para guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

 

Selain ringkasan materi matematika kelas 9 Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung yang telah saya sajikan diatas, maka disini saya pun akan membagikan materi lengkapnya. Jika anda juga ingin melihat materi lengkapnya dalam bentuk file PDF maka anda pun bisa melihat materi lengkap matematika kelas 9 Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung yang saya akan tampilkan di bawah ini :

 

Materi matematika kelas 9 Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung yang saya tampilkan diatas semuanya bersumber dari buku paket matematika kelas 9 kurikulum 2013.

Bagi anda ingin memiliki file materi lengkap sesuai yang ada pada buku paket matematika kelas 9 Bab Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung seperti yang telah anda lihat pada tampilan diatas, maka anda bisa memiliki filenya di bawah ini :

 

Demikianlah informasi mengenai ringkasan atau rangkuman materi matematika kelas 9 Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi para guru dan siswa dalam mempelajari materi pada mata pelajaran matematika khususnya yang ada di kelas 9 BAB 5 semester 2.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel