Ragkuman Materi Prakarya Kelas 7 Bab 3 Semester 1

Kherysuryawan.id – Rangkuman prakarya kelas 7 Bab 3 tentang Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah semester 1.

Sahabat pendidikan, postingan kali ini saya akan membagikan materi pelajaran yang tentunya merupakan materi yang telah di ringkas atau di sederhanakan sedemikian rupa dengan tujuan untuk memudahkan para guru maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai behan belajar.

 


Untuk materi pelajaran prakarya yang akan di ringkas disini ialah materi prakarya kelas 7 SMP Bab 3 yang mengulas tentang Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah. Materi ini akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1.

Adapun jenis materi yang akan di pelajari pada prakarya kelas 7 Bab 3, yaitu antara lain sebagai berikut :

A. Mengenal Istilah Teknologi
1. Pengertian dan Pengembangan Teknologi
2. Jenis-Jenis Teknologi
B. Teknologi Konstruksi
1. Perkembangan Teknologi Konstruksi
2. Jenis-Jenis Proyek Konstruksi
3. Fungsi Teknologi Konstruksi
C. Membuat Produk Konstruksi Miniatur Rumah
1. Mengenal Bagian-Bagian Dasar Rumah
2. Mengidentifikasi Alat dan Bahan yang Dapat Digunakan
3. Belajar Teknik Pembuatan Miniatur Rumah
4. Membuat Rancangan Kontruksi Miniatur Rumah
5. Membuat Kontruksi Miniatur Rumah


Seperti kita ketahui bahwa Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Dengan demikian mempelajari mata pelajaran prakarya tentunya akan sangat penting untuk menambah wawasan dalam berkreasi.

 

Dalam mempelajari mata pelajaran prakarya di jenjang SMP Ruang lingkup mata pelajaran prakarya yang akan di pelajari meliputi empat aspek diantaranya yaitu sebagai berikut : Aspek Kerajinan, Aspek Rekayasa , Aspek Budidaya, Aspek Pengolahan.

 

Perlu dipahami bahwa Dimana dari ke empat aspek tersebut maka peserta didik yang akan belajar materi prakarya diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar.

 

sebagai seorang pendidik dan juga sebagai sebagai seorang siswa yang akan melakukan proses belajar mengajar di sekolah maka buku pelajaran yang berisi materi merupakan salah satu bahan pembelajaran yang sangat penting untuk di gunakan.

Dalam belajar mata pelajaran Prakarya khususnya pada jenjang SMP maka buku paket pelajaran Prakarya kurikulum 2013 menjadi bahan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru dan siswa sebagai jembatan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan.

 

Pada postingan ini saya akan mencoba untuk membagikan materi prakarya kelas 7 Bab 3 tentang Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah yang akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1. Materi yang akan saya sajikan di kesempatan kali ini sudah diringkas dan juga sudah dilengkapi dengan rangkuman materinya sehingga akan memudahkan bagi para guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

 

Semua ringkasan materi yang di sajikan pada postingan ini merupakan hasil materi yang bersumber dari buku siswa prakarya kelas 7 SMP kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Semoga anda yang akan menggunakan materi ringkasan ini bisa sangat terbantu dalam memudahkan anda untuk belajar mata pelajaran prakarya di kelas 7 SMP.

   

Bagi para peserta didik/siswa yang akan belajar materi prakarya kelas 7 SMP Bab 3 tentang Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah, maka ada beberapa manfaat dan tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk bisa dicapai. Berikut ini beberapa tujuan pembelajarannya :

 

Setelah mempelajari bab ini, peserta didik diharapkan mampu:

1. menyatakan pendapat tentang keanekaragaman rekayasa teknologi konstruksi, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan dan bangga sebagai bangsa Indonesia;

2. mengidentifikasi jenis, bahan, alat dan proses karya rekayasa teknologi konstruksi miniatur rumah yang terdapat di wilayah setempat dan di Nusantara berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan;

3. merancang karya rekayasa teknologi konstruksi miniatur rumah berdasarkan orisinalitas ide yang jujur terhadap diri sendiri;

4. membuat, menguji, dan mempresentasikan karya rekayasa teknologi miniatur rumah berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan penuh disiplin dan rasa tanggung jawab.

 

Setelah mengetahui beberapa tujuan yang di harapkan untuk bisa dicapai oleh para peserta didik seperti pada penjelasan diatas, maka berikut ini tampilan atau sajian ringkasan dan rangkuman materi prakarya kelas 7 SMP Bab 3 Semester 1 tentang Teknologi Konstruksi miniatur rumah di bawah ini.

  

BAB III TEKNOLOGI KONSTRUKSI MINIATUR RUMAH

A. Mengenal Istilah Teknologi

1. Pengertian dan Perkembangan Teknologi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kata teknologi mengandung arti (1) metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan; (2) keseluruhan sarana untuk meyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Jadi teknologi merupakan ilmu pengetahuan terapan untuk mewujudkan kenyamanan dan kemudahan hidup manusia.

 

Teknologi yang ada saat ini merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan teknologi terjadi secara drastis, pesat dan terus menerus hingga kini. Hal tersebut dapat kita lihat dari banyaknya inovasi dan penemuan yang bersifat sederhana hingga sangat rumit. Sebagai contoh kita dapat membandingkan tekonologi handphone pertama kali dengan teknologi handphone yang ada saat ini, sungguh sangat berbeda. Handphone pertama kali hanyalah sebuah alat komunikasi tanpa kabel yang dapat mengirimkan pesan berupa suara dan teks, tapi kini handphone tidak hanya dapat digunakan mengirimkan pesan tetapi dapat digunakan untuk mengambil foto, merekam video, mendengarkan musik, dan mengakses internet dalam hitungan detik.

 

2. Jenis-Jenis Teknologi

Berdasarkan kegunaannya, teknologi digolongkan menjadi beberapa jenis.

 

Berikut ini adalah jenis-jenis teknologi yang berkembang saat ini.

a. Teknologi Peralatan Rumah Tangga

Teknologi peralatan rumah tangga merupakan teknologi yang digunakan untuk membantu kegiatan rumah tangga. Beberapa contoh teknologi peralatan rumah tangga yang ada saat ini adalah lampu, jam dinding, mesin cuci, mesin penghisap debu, kompor gas, kipas angin, dan pemotong rumput.

 

b. Teknologi Produksi

Teknologi produksi merupakan teknologi yang digunakan untuk memproduksi atau menghasilkan suatu barang. Beberapa contoh teknologi produksi yaitu mesin traktor, mesin pemintal benang, mesin penggiling padi, dan mesin pemotong kayu.

 

c. Teknologi Transportasi

Teknologi transportasi merupakan teknologi yang digunakan untuk berpindah tempat. Contoh teknologi transportasi adalah sepeda motor, kereta api, mobil, kapal laut, dan pesawat terbang.

 

d. Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang digunakan untuk saling bertukar informasi atau pesan. Contoh teknologi komunikasi adalah radio, televisi, telepon, dan internet.

 

e. Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi merupakan teknologi yang digunakan untuk membangun sarana maupun prasarana. Berbeda dengan beberapa jenis teknologi lainnya yang sebagian besar berbentuk peralatan, sebagian besar teknologi konstruksi berbentuk ilmu terapan atau ilmu yang digabungkan dengan ilmu-ilmu lain untuk menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari. Hasil akhir teknologi konstruksi ini biasanya berbentuk rumah, jembatan, jalan, dan rel kereta api.

 

B. Teknologi Konstruksi

1. Perkembangan Teknologi Konstruksi

Pada awalnya, manusia hanya memanfaatkan apa yang ada di alam sebagai tempat tinggal, jalan, jembatan, serta sarana dan prasarana lainnya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Misalnya, pada zaman dahulu manusia menggunakan gua sebagai tempat tinggal. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, manusia mulai memanfaatkan apa yang ada di alam seperti batu, tanah, dan kayu seperti batu, tanah, dan kayu sebagai bahan untuk membuat infrastruktur dan bangunan.

 

Dengan adanya kemajuan alat dan bahan konstruksi yang semakin baik, maka bentuk konstruksi yang ada saat ini pun menjadi semakin beragam terutama di kota-kota besar. Tempat tinggal biasanya hanya memiliki satu atau dua lantai, akan tetapi berkat kemajuan teknologi konstruksi yang ada saat ini, tempat tinggal manusia dapat mencapai beberapa puluh lantai dengan bentuk yang beragam.

 

2. Jenis-jenis Proyek Konstruksi 

Bangunan merupakan wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi. Banyak masyarakat mengartikan bangunan adalah rumah, gedung, jembatan atau sarana prasarana lainnya. Pekerjaan proyek bangunan atau konstruksi memiliki ruang lingkup yaitu wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukan baik yang ada di atas, di bawah tanah atau di air.

 

Pekerjaan proyek konstruksi terbagi menjadi empat jenis, yaitu:

a. Proyek Konstruksi Bangunan Perumahan atau Permukiman (Residential Construction)

b. Proyek Konstruksi Bangunan Gedung (Building Construction)

c. Proyek Konstruksi Teknik Sipil (Heavy Engineering Construction)

d. Proyek Konstruksi Bangunan Industri (Industrial Construction)

 

3. Fungsi Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi memiliki fungsi yang sesuai dengan peruntukannya. Salah satu bentuk hasil akhir konstruksi yaitu tempat tinggal. Tempat tinggal berfungsi sebagai tempat berlindung manusia dari segala cuaca. Pada saat ini tempat tinggal dapat berupa rumah tinggal, apartemen, villa, maupun kondotel.

 

Sementara teknologi konstruksi berfungsi untuk mendukung pekerjaan dan aktivitas manusia, seperti kantor, gedung, toko, dan lapangan. Selain itu, teknologi konstruksi memiliki fungsi untuk mempermudah transportasi dan komunikasi, dalam bentuk konstruksi seperti jalan, jembatan, dan rel kereta.

 

C. Membuat Produk Konstruksi Miniatur Rumah

Dalam membuat sebuah produk konstruksi miniatur rumah, hal yang terlebih dahulu diperhatikan adalah mengenal bagian-bagian dasar sebuah rumah. Tahap selanjutnya adalah mengidentifikasi bahan, alat, serta teknik pembuatan yang dapat digunakan untuk membuat sebuah konstruksi miniatur rumah.

 

1. Mengenal Bagian-bagian Dasar Rumah

Pada umumnya sebuah rumah memiliki tiga bagian dasar yang harus selalu ada untuk bisa disebut rumah.

 

Bagian-bagian tersebut sebagai berikut.

a. Bagian Bawah/Dasar

b. Bagian Tengah/Ruangan Rumah

c. Bagian Atas/Penutup Rumah

 

2. Mengidentifikasi Alat Dan Bahan Yang Dapat Digunakan

a. Alat

Berikut ini adalah beberapa alat yang dapat digunakan untuk membuat sebuah miniatur rumah.

1) Penggaris

2) Gunting

3) Cutter

4) Kuas

 

b. Bahan

Sementara itu, bahan utama yang biasanya digunakan untuk membuat sebuah miniatur rumah sebagai berikut.

1) Polistirena/Styrofoam

2) Korek Api

3) Stik Es Krim

4) Kardus

5) Triplek

6) Perekat

 

3. Belajar Teknik Pembuatan Miniatur Rumah

Teknik dasar yang biasa digunakan untuk membuat sebuah miniatur rumah adalah teknik persambungan. Teknik persambungan merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk menyambungkan atau menggabungkan dua buah benda atau lebih.

 

Ada dua jenis sambungan yang dikenal secara umum. Kedua jenis tersebut sebagai berikut.

a. Sambungan Tetap (Permanent Joint)

Sambungan tetap merupakan sambungan yang bersifat tetap, sehingga tidak dapat dilepas selamanya, kecuali dengan merusaknya terlebih dahulu. Contoh sambungan ini adalah sambungan dengan paku keling (rivet joint) dan sambungan las (welded joint).

 

b. Sambungan Tidak Tetap (Semi Permanent)

Sambungan tidak tetap merupakan sambungan yang bersifat sementara, sehingga masih dapat dibongkar pasang selagi masih dalam kondisi normal. Contohnya: Sambungan mur-baut/ulir (screwed joint) dan sambungan pasak (keys joint).

 

4. Membuat Rancangan Konstruksi Miniatur Rumah

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat miniatur rumah adalah membuat rancangan. Rancangan ini berfungsi sebagai gambaran umum dan pedoman seseorang dalam menghasilkan sebuah karya produk. Rancangan yang kamu buat pada tahap ini meliputi rancangan bentuk atau sketsa dan rancangan pembuatan.

 

5. Membuat Konstruksi Miniatur Rumah

Berikut ini langkah-langkah dalam membuat Konstruksi Miniatur Rumah:

a. Menyiapkan Alat dan Bahan

b. Membuat Miniatur Rumah Berdasarkan Rancangan

c. Melakukan Penyelesaian Akhir (Finishing)

 

Dari ringkasan diatas, maka berikut ini rangkuman materinya :

 

1. Teknologi merupakan ilmu terapan.

2. Teknologi konstruksi merupakan teknologi yang digunakan untuk membangun sarana maupun prasarana.

3. Bagian-bagian rumah terbagi menjadi tiga yaitu bagian bawah, tengah, dan atas.

4. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk membuat miniatur rumah bermacam-macam mulai dari styrofoam, korek api, stik es krim, kardus, triplek dan perekat.

5. Prosedur pembuatan konstruksi miniatur rumah dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu dimulai dari pembuatan rancangan, menyiapkan alat dan bahan, membuat miniatur rumah berdasarkan rancangan, dan melakukan penyelesaian akhir(Finishing).

 

Demikianlah rangkuman materi prakarya kelas 7 Bab 3 tentang Teknologi Konstruksi Miniatur Rumah yang bisa saya sajikan melalui artikel ini, semoga para guru dan siswa yang membutuhkan materi tersebut dapat menggunakannya sebagai bahan pembelajaran yang bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel