Rangkuman Seni Budaya Kelas 9 Bab 4 Semester 1

Kherysuryawan.id – Rangkuman materi seni budaya kelas 9 Bab 4 Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup.

Di kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah ringkasan materi untuk mata pelajaran seni budaya kelas 9 SMP semester 1. Adapun jenis materi yang akan disajikan pada postingan ini ialah materi seni budaya kelas 9 bab 4 tentang Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup.

 


Materi ringkasan seni budaya kelas 9 Bab 4 semester 1 ini seluruh materinya bersumber dari buku siswa seni budaya kelas 9 edisi revisi terbaru untuk kurikulum 2013. Bagi anda yang suka belajar dengan menggunakan materi yang telah di ringkas atau di sederhanakan maka anda bisa menggunakan sajian materi ini sebagai bahan belajar.

 

Materi seni budaya yang akan di pelajari pada kelas 9 Bab 4 semester 1 pada materi Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup, yaitu antara lain sebagai berikut :

 

A. Konsep Menyajikan Lagu secara Vokal Grup  

B. Latihan Mengembangkan Ornamentasi Lagu Populer secara Vokal Grup

 

Sebagai informasi bahwa Pada materi ini, ada beberapa tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk bisa dicapai oleh peserta didik, diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

Setelah mempelajari Bab IV ini, siswa diharapkan mampu:

1. Menganalisis ciri-ciri vokal grup.

2. Mendeskripsikan tahapan aransemen vokal berdasarkan pembagian peran.

3. Menentukan lagu populer yang akan digubah.

4. Melakukan aransemen atau mengembangkan ornamentasi lagu menjadi konsep vokal grup.

 

Baiklah berikut ini sajian ringkasan materi seni budaya kelas 9 SMP Bab 4 tentang Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup.

 

BAB 4 LAGU POPULER DALAM SAJIAN VOKAL GRUP

A. Konsep Menyajikan Lagu Secara Vokal Grup

Vokal grup merupakan bentuk penyajian vokal yang lebih ekspresif dibandingkan paduan suara, karena dalam menyajikan vokal grup kita akan lebih mementingkan aspek keselarasan nada yang enak didengar dan lebih ekspresif bukan berupa partitur lengkap seperti aransemen lagu untuk kelompok paduan suara.

 

Menyajikan lagu secara vokal grup dituntut untuk kreatif dalam memberikan variasi vokal yang menambah manis komposisi lagunya. Untuk dapat lebih mengenal tentang vokal grup, ada baiknya kita perhatikan hal-hal berikut ini:

 

1. Ciri-ciri vokal grup

-   Vokal grup terdiri dari beberapa penyanyi, biasanya terdiri dari 3 sampai 10 orang.

-   Aransemen vokalnya bebas dan dalam membawakan lagu sebuah vokal grup lebih dapat ekspresif, misalnya dengan memberikan gerakan yang sesuai untuk menunjang makna lagu.

-   Menggunakan improvisasi yang dominan.

-   Vokal grup dapat diiringi musik atau tidak diiringi musik (acapella).

 

2. Aransemen vokal

Sajian vokal grup yang langsung menyita perhatian adalah adanya aransemen lagu yang tentunya akan berbeda dari melodi aslinya.

 

Aransemen lagu ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

a. Mencari melodi utama atau pokok dari lagu yang telah dipilih. Sumbernya dapat diambil dari format Mp3, CD, atau partitur lagu.

 

b. Mencari akor atau harmoni. Akor dapat ditemukan dengan bantuan alat musik seperti piano atau gitar.

 

c. Memecah suara. Untuk dapat memecah suara, diperlukan sedikit pengetahuan tentang akor.

 

d. Memberi nada untuk setiap suara. Tahap ini merupakan kelanjutan dari poin c, yaitu memberikan not pada setiap suara.

 

e. Improvisasi lagu. Tahapan selanjutnya adalah mengemas sajian vokal grup lebih menarik, yaitu dengan membuat variasi nada pada melodi lagu di beberapa bagian saja dengan catatan pengembangan nada atau variasi nadanya harus tetap berjalan di akor yang sama. Variasi lainnya dapat dilakukan dengan menambahkan, misalnya intro dan akhir lagu yang menarik. Hal ini sangat tergantung pada kreativitas anggota vokal grup.

 

B. Latihan Mengembangkan Ornamentasi Lagu Populer secara Vokal Grup

Mengubah lagu populer secara vokal grup pada kesempatan ini lebih kepada mengaransemen lagu populer menjadi lebih variatif. Tahapan mengaransemen sebuah lagu populer hendaklah dipilih lagu yang mempunyai pola melodi utama mudah dipahami bentuknya, kemudian dipilih juga lagu yang dalam satu lagu tersebut hanya menggunakan tanda birama yang sama dari awal sampai akhir. Pola lagu seperti itu akan lebih mudah dikembangkan menjadi konsep sajian vokal grup.

 

Marilah kita mulai mencoba mengubah lagu populer, misalnya dipilih lagu pop ke dalam sajian vokal grup dengan langkah-langkah berikut ini:

 

1. Menentukan lagu pop yang akan digubah atau diaransemen

Tentukan lagu yang memiliki bentuk lagu yang sederhana berdasarkan Pola bentuk lagu.

 

2. Mengaransemen melodi utama menjadi konsep vokal grup

Tahapan selanjutnya adalah mengaransemen atau menggubah lagu populer atau kita pilih saja, misalnya lagu pop satu suara ke dalam sajian vokal grup yang sederhana.

 

Dari ringkasan materi diatas, maka berikut ini rangkuman materinya :

Membuat sajian lagu secara vokal grup merupakan rangkaian kegiatan musik yang menyenangkan, karena di dalam proses pengubahannya membutuhkan kreativitas yang dapat membuat sebuah lagu populer satu suara menjadi lebih dari satu suara dengan variasi nada yang ekspresif sesuai kebutuhan lagunya.

 

Mengaransemen vokal grup akan lebih mudah dengan cara menentukan peran vokal yang tepat sesuai dengan wilayah nada setiap anggotanya. Aransemen lagu untuk vokal grup lebih bebas dan ekspresif, hal ini dapat disesuaikan dengan kreativitas pengubahnya yang penting setiap improvisasinya selalu berjalan di jalur akor yang sama dengan lagu utamanya.

 

Demikianlah ringkasan/rangkuman materi seni budaya kelas 9 Bab 4 Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup yang bisa saya sajikan pada postingan ini. Semoga materi tersebut bisa bermanfaat bagi warga pendidikan yang membutuhkannya dimanapun berada.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel