Cara Cek Nama Guru Yang Sudah Di Vaksin

Kherysuryawan.id – Cara melihat data guru dan tenaga kependidikan apakah sudah di vaksin atau belum.

Sahabat pendidikan, kita ketahui Bersama bahwa pemerintah telah memberikan himbauan kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa mematuhi protokol kesehatan yang salah satunya ialah dengan cara melakukan vaksinasi agar bisa mencegah terjadinya penularan virus covid-19.

 

Akibat dari masa pendemi sekolah pun harus melakukan proses pembelajaran dari rumah dan hanya beberapa sekolah saja yang bisa melakukan pembelajaran tatap muka terbatas khususnya bagi sekolah yang tidak terdampak oleh peningkatan kasus korona. Dengan kejadian ini maka siswa dan guru banyak yang merindukan untuk bisa kembali bersekolah seperti biasanya.

 

Agar sekolah dapat kembali melakukan pembelajaran tatap muka maka tentunya harus melihat kondisi atau trafik dari status pandemi yang saat ini terjadi di Indonesia. Jika memang dianggap sudah normal maka sekolah bisa kembali dibuka seperti sedia kala. Salah satu upaya pemerintah saat ini untuk bisa mengurangi terjadinya peningkatan akibat virus korona maka memberikan saran dan himbauan kepada seluruh warga sekolah untuk bisa melakukan vaksinasi agar bisa memiliki kekebalan tubuh yang baik demi mengurangi terjadinya peningkatan virus corona.

 

Hingga saat ini telah banyak sekali guru dan tenaga kependidikan di sekolah-sekolah telah melakukan vaksinasi baik vaksinasi tahap 1 hingga vaksinasi tahap 2. Itu semua dilakukan demi harapan agar Indonesia dapat segera pulih dari masa pendemi dan sekolah dapat kembali melakukan proses pembelajaran tatap muka seperti sedia kala.

 

Sahabat pendidikan apakah anda tahu bahwa saat Ini sekolah dapat melakukan cek data guru yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin. Jika anda belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan cek data guru dan tenaga kependidikan yang sudah di vaksin atau belum divaksin maka melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan informasi lengkapnya tentang bagaimana cara melihat status guru dan tenaga kependidikan yang telah divaksin.

 

Sebagai informasi awal yang perlu di ketahui maka kherysuryawan.id akan menjelaskan bahwa saat ini data dari dapodik, dukcapil dan kemenkes telah terintegrasi menjadi satu sehingga sekolah dapat dengan mudah melihat data guru, data tenaga kependidikan maupun data siswa yang terinput di dalam aplikasi dapodik maupun yang terbaca di data kependudukan dan catatan sipil bahkan sekolah bisa melakukan cek data yang ada di kementerian kesehatan yang dalam hal ini ialah data informasi tentang vaksinasi.

 

Untuk bisa mengetahui data dari integrasi antara dapodik, dukcapil dan kemenkes maka sekolah bisa melakukan cek data sekolah pada dashboard integrasi dapodik, dukcapil dan kemenkes. Dashboard integrasi dapodik, dukcapil dan kemenkes dibuat untuk memudahkan monitoring proses verifikasi validasi yang berasal dari tiga sistem pengelolaan data (sistem dapodik, sistem dukcapil dan sistem kemenkes) yang terintegrasi.

 

Dalam dashboard integrasi dapodik, dukcapil dan kemenkes untuk data PTK diklasifikasikan menjadi dua yaitu integrasi dan residu dapodik. Jadi pada dashboard ini nantinya maka sekolah bisa melihat data yang sudah sesuai dengan data yang masih belum sesuai yang terapat pada data dapodik dukcapil dan yang ada di kemenkes.

 

Sahabat pendidikan, lantas bagaimana cara untuk bisa melihat atau mengecek data guru dan tenaga kependidikan yang sudah atau belum melakukan vaksinasi ???

 

Untuk bisa melakukan cek data guru maupun data tenaga kependidikan dan data kepala sekolah tentang status vaksinasinya maka biasanya akan mudah untuk diakses oleh operator dapodik sekolah, mengapa kherysuryawan.id menyampaikan demikian sebab nantinya data username dan password yang akan digunakan untuk login ke dalam aplikasi pengecekan data vaksinasi sekolah akan menggunakan data akun operator dapodik sekolah yang telah terdaftar.

 

Baiklah berikut ini penjelasan dan langkah-langkah yang akan kherysuryawan.id sampaikan untuk melakukan cek data guru dan tenaga kependidikan yang sudah divaksin atau yang belum di vaksin.

 

1. Silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/ptk/index.php

2. Selanjutnya silahkan klik “LOGIN”



3. Masukkan username dan password (akun SDM), lalu klik “Log In”



4. Untuk mengecek data vaksinasi maka silahkan klik menu “KEMENKES”



5. Setelah itu akan tampil data guru, tenaga kependidikan dan data kepala sekolah yang memperlihatkan tentang status vaksinasi yang telah di lakukan.

6.  Adapun menu data yang akan muncul diantaranya yaitu :

-   Nomor urut

-   NIK

-   Nama

-   Status vaksin

-   Jenis PTK

(seperti tampak pada gambar di bawah ini)



7.   Untuk melihat apakah data guru, tenaga kependidikan dan kepala sekolah telah divaksin maka cek pada menu status vaksin, nantinya disitu akan ada info status yang muncul. Adapun jenis status yang akan muncul diantaranya yaitu :

-   Sudah vaksin 1

-   Sudah vaksin 2

-   Belum dipadankan

-   NIK tidak ditemukan

8.  Selesai.

 

Demikianlah cara mudah untuk melakukan cek status guru dan tenaga kependidikan yang telah divaksin maupun yang belum divaksin. Semoga informasi yang telah kherysuryawan.id bagikan ini bisa membantu teman-teman operator dapodik sekolah yang akan melakukan cek data vaksinasi bagi para guru dan tenaga kependidikan di sekolahnya masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel