Cara Cek Keaktifan Peserta BPJS Kesehatan

Kherysuryawan.id – Solusi mengetahui apakah status kepesertaan di BPJS Kesehatan masih aktif atau tidak aktif.

Bagi anda yang pernah mengalami sakit baik itu di rawat di puskesmas ataupun di rumah sakit maka pastinya anda akan berurusan dengan yang Namanya BPJS.

 

Apa itu BPJS ?

BPJS merupakan singkatan atau akronim dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS merupakan suatu badan dari pemerintah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang dibentuk pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan untuk Masyarakat dan seluruh warga negara Indonesia. Adapun Manfaat BPJS Kesehatan yang paling utama adalah memberi perlindungan atas biaya rawat jalan dan rawat inap ketika mengalami sakit.

 

Bagi anda yang belum mengetahui apakah anda telah terdaftar di BPJS atau belum maka anda perlu untuk melakukan cek keaktifan peserta BPJS. Dengan mengecek status keaktifan BPJS maka anda bisa mengetahui bagaimana status anda di BPJS apakah masih/sudah aktif dan ataukan merupakan peserta yang belum/tidak aktif di BPJS.

 

Pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara mudah untuk melihat keaktifan peserta BPJS melalui aplikasi mobile JKN. Di dalam aplikasi tersebut nantinya anda bisa mengetahui apakah anda merupakan peserta yang telah aktif dalam keanggotaan di bpjs.

 

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi mobile jkn maka anda bisa mencarinya di google play dan menginstal aplikasinya di smartphone atau hp android anda masing-masing. Aplikasi mobile jkn akan sangat membantu dalam melihat keaktifan peserta bpjs. Selain itu kita juga bisa mengetahui di kelas mana kita di tempatkan dalam kepesertaan di bpjs yang telah kita daftar.

 

Baiklah berikut ini langkah-langkah untuk melihat keaktifan peserta BPJS melalui Aplikasi Mobile JKN.

  • Pertama silahkan buka aplikasi Mobile JKN



  • Kemudian silahkan klik menu “Info Peserta”



  • Maka nanti anda akan langsung melihat data kepesertaan anda
  • Sebagai contoh jika anda merupakan peserta bpjs yang aktif maka akan muncul info “Aktif”

 


Demikianlah informasi tentang cara mudah dalam melihat keaktifan peserta bpjs melalui aplikasi mobile jkn, semoga informasi ini bermanfaat buat anda yang ingin mengecek keaktifan bpjs kesehatan anda.

Sekian dan Terimakasih.

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel