Panduan Penggunaan Aplikasi eRapor SMP K13 Terbaru Tahun 2023

Kherysuryawan.id - Download buku panduan penggunaan aplikasi erapor kurikulum 2013 SMP Versi terbaru Resmi dari Kemendikbud.

Halo sahabat kherysuryawan, bagaimana kabar anda hari ini ? semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat wal afiat sehingga dapat senantiasa beraktifitas dengan baik. Oh ya pembahasan pada postingan kali ini yaitu seputar panduan penggunaan aplikasi erapor versi kurikulum 2013 terbaru untuk jenjang SMP yang akan di gunakan di tahun ini.

 


Sahabat pendidikan yang berbahagia, pada postingan admin sebelumnya admin telah membagikan aplikasi erapor k13 untuk jenjang SMP yang merupakan aplikasi resmi dari pihak kemendikbud. Aplikasi erapor SMP kurikulum 2013 yang di gunakan saat ini yaitu aplikasi erapor k13 SMP Versi 2022.1

 

Jika di sekolah anda saat ini masih menggunakan pembelajaran dengan kurikulum 2013 maka dalam melakukan penilaian maka tentunya harus menggunakan penilaian dan pembelajaran kurikulum 2013 versi terbaru. Begitu juga dalam menggunakan aplikasi erapor maka anda pun harus menggunakan aplikasi erapor K13 yang sesuai dengan PPA yang saat ini digunakan.

 

Jika anda telah menggunakan aplikasi erapor k13 SMP Versi terbaru yaitu versi 2023 maka sebelum anda menggunakan dan menjalankan aplikasinya maka pastinya anda membutuhkan sebuah bimbingan agar tidak salah dalam melakukan penginstalan serta dapat mengetahui alur penggunaannya secara mudah dan jelas.

 

Pada Aplikasi erapor K13 SMP Versi 2023 tahun pelajaran 2022/2023 telah di siapkan buku penduan penggunaanya yang mana dengan buku panduan tersebut maka tentunya akan memudahkan bagi pengguna dalam menjalankan dan mengoperasikan aplikasi erapor.

 

Ada 4 komponen pengguna e-Rapor kurikulum 2013 untuk jenjang SMP diantaranya yaitu :

1.       Administrator

2.       Guru

3.       Wali Kelas

4.       Siswa

 

Sebagai informasi bahwa pada Aplikasi erapor K13 SMP Versi 2023 tahun pelajaran 2022/2023 ada beberapa panduan yang telah di siapkan diantaranya yaitu :

·         Buku Penjelasan tentang Aplikasi erapor K13 SMP Versi Terbaru

·         Panduan penggunaan Aplikasi erapor K13 SMP untuk Admin

·         Panduan penggunaan Aplikasi erapor K13 SMP untuk Guru dan Wali Kelas

·         Panduan penggunaan Aplikasi erapor K13 SMP untuk Siswa

 

Sebagai pengetahuan awal tentang apa-apa saja tugas yang nantinya akan di lakukan oleh Admin, guru dan wali kelas serta siswa pada Aplikasi erapor K13 SMP Versi Terbaru maka berikut ini sedikit penjelasannya agar bisa di pahami dengan baik:

 

TUGAS ADMIN

v  Mendaftarkan Webservice

v  Mengambil data dapodik

v  Membuat data user

v  Mengecek dan menyesuaikan referensi data dari dapodik

v  Membuat referensi local (pembelajaran, maping rapor, penyesuaian logo sekolah dan Pemda, TTD Kepsek dan TTD wali kelas, dan melakukan input tanggal rapor)

v  Cetak leger

v  Backup Restore Data e-Rapor

 

TUGAS GURU

v  Input tujuan pembelajaran

v  Input nilai akhir

v  Pilih tujuan pembelajaran tercapai dan tujuan pembelajaran perlu peningkatan

v  Input nilai ekstrakurikuler (khusus guru yang di berikan tugas tambahan Pembina ekskul)

 

TUGAS WALI KELAS

v  Edit data siswa

v  Input rekap kehadiran

v  Input capaian profil pelajar pancasila (P3)

v  Input nilai ekstrakurikuler

v  Input kenaikan kelas

v  Cetak leger

 

TUGAS SISWA

v  Cek capaian nilai rapor dari semester 1-6

v  Download dan cetak rapor

v  Edit data siswa

 

Jadi itulah beberapa tugas yang nantinya akan di emban oleh setiap individu yang memegang peranan sebagai admin, guru, wali kelas maupun siswa saat akan menggunakan aplikasi erapor K13 SMP versi terbaru di tahun pelajaran 2022/2023.

 

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki buku panduan penggunaan Aplikasi erapor K13 SMP Versi 2022.1Versi Terbaru Tahun pelajaran 2022/2023 maka silahkan unduh filenya di bawah ini :


  1. Buku Penjelasan tentang Aplikasi erapor K13 SMP Versi Terbaru ( DISINI )
  2. Panduan penggunaan Aplikasi erapor K13 SMP untuk Admin ( DISINI )
  3. Panduan penggunaan Aplikasi erapor K13 SMP untuk Guru dan Wali Kelas  ( DISINI )
  4. Panduan penggunaan Aplikasi erapor K13 SMP untuk Siswa ( DISINI )
  5. Panduan penggunaan Aplikasi erapor K13 & Kurikulum Merdeka SMP Versi M.03 untuk Admin, Guru dan Siswa - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai buku panduan penggunaan Aplikasi erapor K13 SMP Versi terbaru yang dapat admin sampaikan di kesempatan kali ini, semoga apa yang telah admin bagikan melalui postingan ini bisa bermanfaat bagi seluruh warga pendidikan di sekolah SMP khususnya dalam menggunakan aplikasi erapor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel