10 Langkah Cara Mengganti Semester Pada Aplikasi eRapor


Kherysuryawan.id – Panduan cara mengganti semester pada aplikasi eRapor jenjang SMA.
Sahabat operator dimanapun berada, pada kesempatan kali ini melalui artikel ini saya akan memberikan tutorial atau penjelasan mengenai bagaimana cara untuk bisa mengganti semester pada aplikasi erapor khusnya di aplikasi erapor jenjang SMA.

Sebenarnya cara untuk mengganti atau merubah semester pada aplikasi erapor pada jenjang SMA pengerjaannya hampir sama dengan cara untuk mengganti semester pada aplikasi erapor jenjang SMP. Di postingan saya sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai bagaimana cara untuk bisa mengganti atau merubah semester di aplikasi erapor SMP apabila anda juga membutuhkan informasi tersebut maka anda bisa membaca penjelasan lengkapnya (DISINI).

Pada kesempatan kali ini pembahasan mengenai cara melakukan perubahan semester pada aplikasi erapor hanya saya khususkan untuk erapor jenjang SMA, adapun perubahan atau pergantian semester yang saya maksudkan disini ialah merubah pilihan semester dari semester ganjil menjadi semester genap.
Pada dasarnya ketika seorang admin erapor akan melakukan login kedalam aplikasi erapor maka sebelum login tentunya harus terlebih dahulu memilih jenis semester yang akan di gunakan.

Ketika admin erapor akan melakukan login untuk pertama kalinya kedalam erapor pada semester yang sedang berjalan maka masalah yang sering di hadapi ialah admin tidak melihat pilihan semester terbaru ketika akan melakukan login kedalam aplikasi erapor.
Sebagai contoh pada aplikasi erapor SMA pilihan semester yang terlihat hanya semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 sedangkan sekarang sudah memasuki semester genap tahun pelajaran 2020/2021, nah bagaimana caranya agar pilihan semester untuk semester genap tahun 2020/2021 tersebut dapat muncul di aplikasi erapor ???

Sebenarnya cara untuk memunculkan semester terbaru pada aplikasi erapor khususnya pada erapor jenjang SMA sangatlah mudah dan simple, namun anda harus bisa memahaminya dengan baik agar anda bisa melakukannya dengan mudah. Melalui postingan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan hal tersebut sehingga ketika admin erapor akan melakukan login kedalam aplikasi erapor maka pilihan semester yang di harapkan muncul dapat terlihat di menu pilihan semester.

Sebelum saya memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah dalam melakukan pergantian atau merubah semester pada aplikasi erapor SMA, maka perlu anda ketahui bahwa saat ini untuk aplikasi erapor jenjang SMA yang telah menggunakan kurikulum 2013 paket maka aplikasi erapor versi terbaru yang harus digunakan ialah aplikasi erapor versi 2018.E sedangkan bagi sekolah SMA yang menerapkan kurikulum 2013 SKS maka aplikasi erapor versi terbaru yang digunakan saat ini ialah aplikasi erapor versi 2018.F, jadi sebelum anda mengerjakan erapor maka alangkah baiknya anda harus melakukan proses pembaharuan aplikasi erapor sesuai dengan versi yang terbaru yang di gunakan saat ini.

Baiklah saatnya bagi saya untuk memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melakukan perubahan atau pergantian semester pada aplikasi erapor jenjang SMA. Postingan ini memberi penjelasan cara merubah semester pada aplikasi erapor dengan menggunakan erapor versi 2018.E
Penjelasan di bawah ini yaitu mengenai proses memunculkan semester genap tahun pelajaran 2019/2020.
Berikut ini langkah cara mengganti semester di aplikasi erapor SMA
1.   Silahkan buka aplikasi erapor SMA
2.   Selanjutnya pada tahapan melakukan login silahkan anda login dengan menggunakan akun “ADMIN”, caranya :
-          Pada kolom user ketikkan “admin”
-          Masukkan password, yaitu “admin123456”
-          Pilih penyelenggara “system paket” (atau sesuaikan dengan pilihan pada sekolah anda masing-masing)
-          Pilih tahun pelajaran “2019/2020 ganjil”
-          Selanjutnya klik “login’
3.   Tahapan selanjutnya yaitu akan muncul beranda admin, di dalam beranda admin inilah anda harus melakukan sesuatu yang dapat merubah semester atau lebih tepatnya memunculkan semester genap. Caranya yaitu silahkan anda klik menu “sincron semua data “ yang terletak pada bagian paling ujung sebelah kanan, seperti pada gambar di bawah ini.
Tujuan dilakukan hal ini ialah untuk menarik seluruh data terbaru dari dalam aplikasi dapodik sehingga nantinya semester baru (Semester genap) dapat muncul di aplikasi erapor ketika admin erapor melakukan login kedalam aplikasi erapor tersebut.

4.   Tahapan selanjutnya silahkan anda klik menu “Data user” dan silahkan klik tulisan “Generate ulang user” tujuannya ialah untuk memperbaharui data pengguna yaitu data login untuk guru mapel yang nantinya akan melakukan login kedalam aplikasi erapor

5.   Apabila seluruh tahapan tersebut telah anda lakukan maka silahkan anda keluar dari aplikasi erapor atau klik menu “LOGOUT”
6.   Setelah anda berhasil logout langkah selanjutnya ialah silahkan anda lakukan login kembali dengan menggunakan akun admin
7.   Pada kolom pilihan semester perhatikan dengan jelas, karena secara otomatis semester genap tahun pelajaran 2019/2020 akan muncul dan anda dapat memilih semester baru tersebut.
8.   Silahkan anda login menggunakan semester baru dan selamat mengerjakan erapor
9.   Khusus untuk login guru mata pelajaran maka admin bisa mmeberikan akun pengguna sesuai dengan akun guru masing-masing yang dapat di download pada menu “Download Data user”

10. Sekian dan selamat mengerjakan erapor.


Demikianlah penjelasan mengenai langkah-langkah atau tahapan dalam melakukan perubahan semester pada aplikasi erapor, semoga melalui penjelasan di atas bagi anda yang mengalami kesulitan dalam menampilkan semester terbaru pada aplikasi erapor dapat memperoleh solusinya.
Sekian dan Terimakasih, semoga postingan ini bermanfaat.
Salam Operator Erapor

0 Response to "10 Langkah Cara Mengganti Semester Pada Aplikasi eRapor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->