-->

20 Cara Membuat Absen Online Menggunakan Google Form

Kherysuryawan.id – Langkah-langkah dalam membuat daftar hadir online dengan menggunakan google formulir.
Saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi maka menuntut para guru untuk bisa aktif dan kreatif dalam menggunakan teknologi sehingga dapat membantu aktifitas pembelajaran di sekolah. Saat ini banyak kegiatan sekolah yang sudah dilakukan secara online mulai dari mencari bahan pelajaran secara online mencari perangkat pembelajaran secara online dan juga membuat absen sekolah secara online.

Sudah banyak pekerjaan yang hingga saat ini dikerjakan secara online, sehingga mau tak mau sebagai seorang guru maka di tuntut untuk bisa mahir dan kreatif dalam menggunakan computer sebagai bahan media untuk membuat pembelajaran secara online.
Pada pembelajaran yang dilakukan secara online seperti banyak sekolah yang telah menerapkannya di saat sekarang ini, maka untuk bisa melakukan pembelajaran online tentunya guru harus mempersiapkan daftar hadir yang juga di buat secara online.

Daftar hadir sangat penting untuk dibuat demi mengetahui keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran secara online.
Untuk bisa membuat sebuah daftar hadir dalam bentuk online, maka anda tentunya membutuhkan sebuah panduan tentang bagaimana cara untuk bisa membuat daftar hadir secara online.
Pada postingan kali ini, saya akan memberikan sebuah tahapan dalam membuat absen online yang mungkin dapat membantu anda yang belum memahami tentang cara dalam emmbuat absen online.

Hal-hal yang harus anda persiapkan dalam membuat absen online yaitu sebuah email aktif sebab nantinya kita akan membuat absen online dengan menggunakan bantuan google drive.
Di dalam google drive nantinya kita akan membuat daftar hadir online dengan bantuan google formulir. Selain anda harus menyiapkan sebuah email aktif yang paling terpenting tentunya adalah anda harus memiliki paket data internet yang nantinya akan digunakan untuk bisa mengakses internet
Baiklah untuk lebih jelasnya mengenai tahapan dalam membuat daftar hadir siswa secara online, berikut ini langkah-langkahnya.

Berikut ini ada 20 langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa membuat absensi online dengan menggunakan google form diantaranya yaitu sebagai berikut:
1.   Siapkan akun gmail anda, dan jika sudah memiliki akun gmail maka lanjutkan ke tahapan nomor 2.
2.   Buka browser, misalnya google chrome kemudian login ke akun google drive dengan cara ketik drive.google.com pada kolom alamat. (seperti pada gambar di bawah ini)


3.   Kemudian akan muncul halaman "Sign in"
Jika anda belum pernah melakukan sign in maka silahkan anda masukkan akun gmail yang telah anda siapkan ke kolom yang di sediakan lalu klik “Next”
Namun jika anda sudah pernah melakukan sign in sebelumnya maka anda cukup memilih akun yang pernah anda gunakan.

4.   Selanjutnya untuk bisa masuk ke google drive maka silahkan anda masukkan sandi anda dan klik “berikutnya”

5.   Setelah itu, kita akan masuk ke akun drive. Jika belum membuat folder sebelumnya, yang akan kita jadikan tempat  menyimpan file absensi online kita, maka kita harus membuat folder terlebih dahulu.
Folder ini untuk memudahkan kita mencari file absensinya yang telah kita buat.
Caranya ialah Klik kanan di sela-sela kumpulan folder yang ada, kemudian akan muncul beberapa pilihan seperti pada gambar bawah ini, lalu klik "Folder Baru"


6.   Setelah itu beri nama folder, misalnya dengan nama "Absensi Online." Kemudian klik "Buat". Maka folder berhasil dibuat.

7.   Setelah foldernya berhasil dibuat, cari folder tersebut, lalu klik 2 kali untuk masuk ke dalam foldernya.


8.   Setelah itu, klik kanan pada halaman kosong lalu klik "Lainnya" dan pilih "Google Formulir" (seperti pada gambar di bawah ini)


9.    Berikut adalah tampilan awal saat google formulir dibuka.


10.Isi kolom "Formulir tanpa judul" dengan judul absensi yang akan kita buat. Lalu isi Deskripsi formulir' dengan keterangan. Sebagai contoh judul formulir saya beri nama “ABSEN KELAS VII” dan deskripsinya saya tuliskan “ Silahkan Anda Isi Absen Berikut”
Contohnya seperti pada gambar di bawah ini


11.Selanjutnya pada Pertanyaan tanpa judul kita ubah dengan “Nama lengkap”, selanjutnya sesuaikan bagian kanan dengan jawaban singkat dan geser ikon bagian “wajib diisi”.


12.Selanjutnya, untuk menambahkan pertanyaan berikutnya, maka lakukan dengan klik “+” yang terletak di bagian kanan (seperti pada gambar di bawah


13.Selanjutnya buat form kelas, yang disesuaikan dengan “kotak centang”. Sehingga memungkinkan siswa untuk memilih salah satu kelas yang sesuai dan Di bagian samping ikon titik tiga klik “validasi respon” untuk mengatur jawaban yang diinginkan.

14.Karena kita menginginkan siswa hanya memilih satu kelas saja, maka validasi responnya di ubah ke “pilih persis” , kemudian masukkan angka 1 dan pada keterangan di tulis  “Maaf, Anda Hanya Bisa Memilih Satu Kelas Saja !”


15.Selanjutnya, untuk menambah form pertanyaan berikutnya, maka kembali klik ikon “+”, selanjutnya isi dengan NISN. Validasi respon yang diinginkan adalah berupa “panjang” – “jumlah karakter minimum” – 10 – Dengan keterangan “Maaf, NISN yang anda masukkan Tidak Sesuai”.


16.Untuk membuat pertanyaan lainnya, maka anda bisa melenjutkan dengan mengikuti langkah-langkah sebelumnya
17.Selanjutnya jika anda telah selesai membuat semua jenis pertanyaan maka anda dapat melakukan pengaturan tampilan dengan cara mengklik icon “pengaturan tema” dan silahkan  Pilihlah tema yang kalian inginkan, seperti header, warna tema, warna latar belakang, dan gaya font tulisan sesuai selera anda.


18.Apabila semua pengaturan telah dilakukan, maka tahapan selanjutnya adalah mengirimkan link absen yang telah di buat dengan cara klik “KIRIM” yang terletak di bagian atas sebelah kanan (seperti pada gambar di bawah)


19.Setelah diklik "Kirim" maka akan tampil gambar seperti di bawah ini. Lalu klik tombol link yang dilingkari warna merah tersebut dan salin tautan link yang telah di sediakan kemuadian link tersebut siap untuk di bagikan.

20.   Selesai.


Demikianlah tahapan penjelasan cara membuat absensi online dengan menggunakan bantuan google formulir, apabila anda melakukan seluruh tahapan diatas dengan baik dan benar, maka anda bisa mendapatkan hasil yang baik pula sesuai dengan harapan anda masing-masing.
Sekian dari saya dan selamat mencoba dalam membuat daftar hadir online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel