CARA LOGIN SISPENA TERBARU TAHUN 2024

Kherysuryawan.id - Cara login aplikasi sispena untuk akreditasi sekolah Tahun 2024/2025.
Artikel kali ini akan membahas mengenai cara untuk dapat menggunakan Aplikasi Sispena dalam rangka melakukan pendataan sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan akreditasi sekolah.
Akreditasi dalam dunia pendidikan meliputi akreditasi sekolah dan akreditasi perguruan tinggi.

Akreditasi merupakan suatu pengakuan dari pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan baik pendidikan negeri maupun pendidikan swasta. Akreditasi harus selalu di perbaharui selama 5 tahun sekali dengan tujuan untuk melihat hasil yang akan di capai selama periode tersebut.

Berbicara mengenai Akreditasi tentunya kita harus terlebih dahulu mengetahui aplikasi dasar yang di gunakan untuk melakukan penginputan data dan dokumen sekolah yang menjadi persyaratan utama sebelum melakukan akreditasi sekolah atau perguruan tinggi, aplikasi tersebut namanya adalah SISPENA.

Sispena merupakan sistem informasi penilaian akreditasi sekolah berbasis web yang dapat digunakan dengan syarat harus terhubung menggunakan jaringan internet. Aplikasi sispena ini dibuat dan dikelola oleh Badan Akrediasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Aplikasi sispena BAN – BAP SM dapat di akses baik menggunakan computer, ataupun android yang telah terhubung dengan jaringan internet.

Aplikasi Sispena merupakan sebuah aplikasi yang dapat di gunakan dengan banyak user. Dimana dalam penggunaanya setiap user akan dibedakan menjadi 4 Level, diantaranya adalah :

 1) Level Sekolah : yaitu digunakan oleh user yang mewakili masing-masing sekolah, dimana pada level ini di gunakan untuk menginput data dari pihak sekolah/madrasah serta untuk melakukan simulasi penilaian evaluasi dan lain sebagainya.

2) Level Asesor : yaitu akun yang dimiliki oleh seorang assessor, untuk mengetahui sekolah mna saja yang telah melakukan pengisian data di aplikasi sispena yang menggunakan user sekolah.

3) Level BAP : yaitu akun / hak akses yang dimiliki oleh admin BAP.

 4) Level Admin : yaitu level tertinggi pada hak akses di situs sispena, pada tataran level ini seorang admin mampu mengakses seluruh isi / konten website, termasuk melakukan control web dan maintance web.

Dalam menggunakan aplikasi sispena terdapat beberapa manfaat yang dapat di peroleh yaitu antara lain :
1) Aplikasi Sispena BAN S/M dan BAP digunakan untuk melakukan pendataan sekolah/madrasah yang hendak diakreditasi.

2) Aplikasi sispena BAN SM dan BAP digunakan untuk melakukan pengiriman berkas-berkas / dokumen persyaratan akreditasi dengan cara online. Persyaratan berkas akreditasi tidak perlu dikirim dalam bentuk hardcopy. anda cukup mendownload format yang sudah disediakan lalu mengupload melalui akun sekolah masing-masing di aplikasi sispena.

 3) Aplikasi sispena BAN S/M dan BAP digunakan untuk melakukan penilaian terhadap sekolah yang diakreditasi. Semua instrumen penilian akreditasi akan di muat didalam aplikasi sispena tersebut.

4) Aplikasi sispena BAN SM atau BAP mampu melakukan penilaian otomatis kepada sekolah/madrasah yang di akreditasi melalui analisa hasil dari pengumpulan data berupa jawaban atas pertanyaan berupa instrumen-instrumen serta dokumen-dokumen yang sudah diupload pihak sekolah/madrasah.

Beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk melakukan akreditasi pada lembaga pendidikan yaitu sebagai berikut :
1) Sosialisasi dan pengisian data isisan akreditasi (DIA) dalam aplikasi Sispena.

2) Penetapan sekolah / Madrasah yang akan divisitasi dan penugasan Asesor

3) mengecek kelayakan Visitasi, apabila sekolah dikatakan layak maka akan masuk pada tahapan selanjutnya namun jika ternyata sekolah dinyatakan tidak layak maka aka nada pemberitahuan kepada sekolah atau madrasah yang bersangkutan.

4) visitasi ke sekolah / Madrasah.

5) validasi proses dan hasil visitasi

6) verifikasi hasil validasi dan penyusunan rekomendasi

7) Penetapan hasil dan rekomendasi Akreditasi

8) Pengumuman hasil akreditasi

9) Penerbitan sertifikat akreditasi dan rekomendasi.

Dalam rangka mengumpulkan informasi dan data tentang sekolah yang akan di akreditasi maka pihak BAN-S/M telah mengeluarkan suatu aplikasi online yang di sebut dengan SISPENA. Dengan Aplikasi ini maka sekolah dapat melakukan pengisian data sesuai dengan jumlah isian dan pertanyaan yang telah di suguhkan dalam aplikasi tersebut.

Bagi anda yang memiliki sekolah dan baru akan melakukan akreditasi maka dapat melakukan pengisian data melalui aplikasi sispena tersebut, namun apabila anda belum mengetahui cara untuk login ke aplikasi sispena tersebut, maka pada artikel ini saya akan memberikan tutorial lengkap mengenai cara login ke aplikasi sispena untuk melakukan akreditasi sekolah.

Berikut ini penjelasan mengenai cara login sispena BAN SM atau BAP terbaru :

1. Silahkan Buka url: https://bansm.kemdikbud.go.id/sispena2020/login di halaman browser.

2. Akan muncul halaman login seperti terlihat di bawah ini.



3. Selanjutnya  masukkan  user  (NPSN)  dan  password  yang  dimiliki.
Untuk password default adalah NPSN juga

4. Setelah mengisi username dan password maka silahkan klik “Sign In”

5. Apabila berhasil masuk maka, anda akan melihat tampilan beranda seperti tampak pada gambar di bawah ini.


6. Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi.

7. Dalam pengisian nantinya maka sekolah wajib untuk melakukan upload dokumen sesuai permintaan yang ada pada instumen isian yang ditampilkan.

8. Berikut ini adalah Tahapan yang akan dilalui agar bisa mendapatkan sertifikat akreditasi
  • Pengisian DIA
  • Asesmen kecukupan dan Maping Visitasi
  • Visitasi
  • Validasi
  • Verifikasi
  • Pleno



Demikianlah tutorial mengenai cara untuk bisa login ke aplikasi sispena versi terbaru, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi sekolah yang akan melakukan pengisian data sekolah menggunakan aplikasi sispena sehingga bisa melakukan pengisian untuk akreditasi sekolah, semoga tutorial ini dapat bermanfaat buat anda yang sedang melakukan kegiatan akreditasi sekolah.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel