-->

2 Cara Menghilangkan Watermark : Tulisan Yang Menempel Di Word

Kherysuryawan.id - Cara menghapus dan menghilangkan watermark di microsoft word.
Selamat berjumpa kembali kembali di blog milik KHERYSURYAWAN
Pada postingan kali ini kherysuryawan.id akan memberikan tutorial yang ada hubungannya dengan masalah yang sering dihadapi oleh orang-orang ketika mendapatkan file dalam bentuk word dimana di dalam file word tersebut terdapat sebuah tulisan atau logo dalam bentuk gambar yang Nampak terlihat sebagai sebuah tanda yang susah untuk di hilangkan.

Tulisan atau gambar yang menempel pada sebuah dokumen word tersebut dinamakan dengan watermark. Hal seperti ini sering kali di jumpai oleh sebagian orang yang sering mengambil file dalam bentuk dokumen di media internet dan ternyata setelah mereka membuka dokumen yang telah mereka ambil tersebut mereka menemukan sebuah tulisan transparan yang melekat atau menempel pada dokumen word tersebut.

Bagi mereka yang masih awam dalam mengetahui pengaturan yang terdapat pada program Microsoft word maka tentunya akan merasa kesulitan untuk mengatasi hal tersebut sehingga terkadang mereka membuang dokumen yang telah mereka download sebab tanda dalam bentuk tulisan ataupun gambar yang melekat pada dokumen yang mereka ambil tidak dapat di hilangkan.

Sebenarnya tulisan ataupun gambar logo yang menempel pada sebuah dokumen word dapat dihilangkan dengan mudah dan tulisan serta gambar yang menempel di word tersebut di namakan dengan watermark. Walaupun cara menghilangkan watermark terbilang sangat mudah, namun karena fitur ini jarang sekali disentuh terkadang kita lupa bagaimana langkah-langkahnya, oleh karena itu di artikel kali ini saya akan coba uraikan secara singkat bagaimana cara menghilangkan watermark (background transfaran) yang terdapat pada dokumen di ms word.


Watermark merupakan sebuah tulisan atau gambar atau pola yang muncul pada sebuah kertas atau dokumen yang terlihat seperti bayangan dan biasanya terlihat pada sebuah dokumen word. Tulisan atau gambar yang di masukkan tersebut biasanya di jadikan sebagai sebuah penanda bagi sebuah dokumen agar dapat di ketahui siapa pemilik dari dokumen tersebut.

Anda mungkin pernah menemukan sebuah dokumen atau file dalam microsoft word, dan setelah anda buka setiap lembar dokumen tersebut terdapat gambar latar belakang atau background transfaran di belakang teks yang ada, baik itu berupa tulisan maupun gambar logo, biasanya sedikit transfaran. Jika anda menemukan gambar transfaran semacam itu baik itu berupa teks maupun logo atau gambar, maka itu artinya dokumen tersebut sudah di beri watermark oleh si pembuatnya.


Banyak pula orang yang membuat watermark dalam bentuk tulisan link alamat dari sebuah website atau blog yang tujuannya agar para pembaca ataupun mereka yang akan mengambil dokumen tersebut dapat mengetahui asal muasal terciptanya dokumen tersebut. Watermark biasanya dibuat untuk memberikan penekanan terhadap suatu dokomen biasanya menyangkut barand perusahaan, nama perusahaan atau hak cipta, agar siapapun yang kebetulan membuka dokumen tersebut tau sumber dokumen tersebut atau tau bahwa dokumen tersebut memiliki hak cipta, selain itu watermark terkadang digunakan untuk hal-hal lainnya agar dokumen memiliki gambar latar belakang.

Untuk membuat sebuah tulisan atau gambar atau logo pada sebuah word sangat mudah untuk dilakukan namun pada kesempatan kali ini saya hanya ingin membahas tentang bagaimana cara untuk melakukan hapus tanda watermark tersebut dari sebuah dokumen di word sehingga tulisan di word tidak lagi di halangi oleh sebuah gambar atau tulisan dari watermark.

Bagi anda yang belum memahami bagaimana cara untuk menghapus sebuah tulisan ataupun gambar dalam bentuk watermark pada sebuah dokumen word, maka melalui postingan ini anda akan mengetahui bagaimana cara menghilangkan watermark di word.
Setiap Microsoft word memiliki pengaturan yang berbeda-beda dalam menghilangkan watermark atau menghapus watermark oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan 2 cara menghilangkan tulisan atau gambar watermark pada Microsoft word yang dapat dilakukan di word 2007, dan word 2016.

Apapun tujuan watermak, jika anda kebetulan sedang mengedit dokumen dari hasil download, dan kebetulan pada dokumen tersebut terdapat watermark kemudian anda berniat ingin menghilangkan watermark tersebut, maka langkahnya sangat lah mudah, di artikel berikut saya akan uraikan bagaimana langkah-langkah cara menghilangkan watermark pada dokumen micrisft word.

Baiklah untuk mengetahuinya berikut ini penjelasannya :

Untuk word 2007

1.   Silahkan anda buka dokumen yang memilikii sebuah watermark yang akan di hapus watermarknya (sebagai contoh berikut ini gambar word yang ada watermarknya)

2.   Kemudian pilih menu “Page layout”, kemudian klik “Watermark” dan selanjutnya pilih “Remove Watermark"



3.   Maka lihatlah dokumen yang tadinya ada watermarknya kini telah hilang.(contoh word yang telah hilang watermarknya)


Untuk word 2013, word 2016 dan word 2019


1.   Silahkan anda buka dokumen yang memilikii sebuah watermark yang akan di hapus watermarknya



2.   Kemudian pilih menu “Design”, kemudian klik “Watermark” dan selanjutnya pilih “Remove Watermark"



3.   Maka lihatlah dokumen yang tadinya ada watermarknya kini telah hilang.



Bagaimana mudah bukan untuk menghilangkan tanda tulisan ataupun gambar yang menempel pada sebuah word, semoga dengan tutorial ini anda yang telah susah payah dalam mencari cara untuk bisa menghapus tulisan ataupun gambar (watermark) pada sebuah word kini dapat melakukannya dengan mudah.

Setelah mengetahui cara untuk menghilangkan watermark di MS Word, maka bagi anda yang mungkin juga membutuhkan informasi tentang bagaimana cara membuat watermark di word maka silahkan anda lihat penjelasannya (DISINI)

Demikianlah postingan kali ini semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke blog kherysuryawan.id untuk bisa mendapatkan tutorial penting lainnya seputar dunia komputer dan Microsoft word.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel