-->

9 Tahapan Cara Memberi Warna Otomatis Pada Teks Tertentu Di Exel

kherysuryawan.id - cara mewarnai teks yang sama pada jadwal pelajaran yang dibuat menggunakan microsoft office exel secara otomatis.
Apakah anda pernah membuat sebuah data di dalam sebuah Microsoft office exel ???
Data yang di buat di dalam exel biasanya di sajikan dalam bentuk angka ataupun huruf, dan biasanya di tampilkan di dalam sebuah tabel. Sebagai contoh jika anda adalah seorang guru di sebuah sekolah dan anda di beri tugas untuk membuat roster atau jadwal pelajaran, maka cara termudah untuk dapat membuat jadwal pelajaran tentunya anda harus menngunakan bantuan Microsoft office exel untuk mengerjakannya.
Mengapa exel diperlukan dalam mengerjakan tugas pembuatan jadwal pelajaran, sebab exel dapat memasukkan rumus yang bisa membaca jika terdapat kode yang sama sehingga jika pada proses pembuatan jadwal pelajaran terdapat nama atau kode guru yang tabrakan maka akan terlihat dan dapat dengan mudah di perbaiki.
Pada kesempatan kali ini admin tidak akan membahas tentang bagaimana cara membuat jadwal pelajaran otomatis yang anti bentrok pada Microsoft exel sebab pada postingan sebelumnya admin telah membahas masalah tersebut sehingga pada kesempatan kali ini yang akan admin bahas yakni bagaimana cara untuk memberikan warna pada beberapa teks yang sama secara otomatis yang terdapat pada jadwal pelajaran yang telah di buat.

Jika pada pembuatan jadwal pelajaran biasanya akan banyak kode mata pelajaran ataupun kode nama guru yang sama maka untuk memberi warna pada masing-masing kode yang sama dengan tujuan untuk memudahkan dalam melihat kode yang sama maka anda dapat memberikan warna tertentu pada setiap kode yang memiliki teks yang sama. Hal tersebut biasanya banyak dilakukan untuk mengetahui dengan mudah cara membedakan antara kode yang satu dengan kode yang lainnya.

Apabila anda ingin memberi warna pada teks tertentu yang terdapat di Microsoft exel, maka anda dapat melakukannya dengan mudah yaitu dengan mengikuti beberapa tahapan yang akan admin jelaskan pada postingan kali ini.
Berikut ini 9 tahapan cara dalam memberi warna pada teks tertentu pada Microsoft exel.
1.   Silahkan anda buka data yang akan anda berikan warna pada teks tertentu di exel
Sebagai contoh seperti pada gambar di bawah ini
2.   Selanjutnya jika anda akan memberikan warna pada teks tertentu yang ada pada tabel di atas, maka silahkan anda blog seluruh tabel tersebut terlebih dahulu
3.   Setelah itu cari tulisan “conditional formatting” pada menu HOME
4.   Klik “conditional formatting” pilih “New Rule
5.   Pada “select a rule type” pilih “format only cells that contains
6.   Pada menu “format only cells with” di kolom pertama pilih “specific teks” pada kolom kedua pilih “containing” dan pada kolom ketiga ketikkan teks yang akan anda warnai.(sebagai contoh admin ketikkan huruf “KK” agar seluruh huruf KK yang ada pada tabel tersebut memiliki warna yang sama
7.   Selanjutnya untuk memberi warna silahkan pilih “format” kemudian pilih “FILL” dan pilih warna yang sesuai dengan keinginan. ( sebagai contoh admin beri warna merah pada huruf KK"
8.   Apabila sudah klik OK”
9.   Selesai.
Demikianlah tahapan-tahapan cara untuk memberikan warna pada teks tertentu yang ada di dalam exel. Apabila anda ingin mengulangi untuk memberi warna pada teks yang lainnya yang terdapat pada tabel contoh di atas maka anda dapat mengulangi cara tersebut dengan catatan jangan lupa untuk memblok terlebih dahulu tabel yang akan anda warnai teksnya agar seluruh teks atau angka yang sama seluruhnya akan muncul warna dengan jenis warna yang sama sesuai dengan warna yang anda pilih.
Sekian semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel