Cara Login Sebagai Wali Kelas di eRapor SMP Versi Terbaru


Kherysuryawan.id – langkah-langkah login sebagai wali kelas dan sebagai guru bimbingan konseling pada aplikasi erapor jenjang SMP versi terbaru.
Pada kurikulum 2013 revisi saat ini sudah hampir seluruh sekolah di Indonesia telah menggunakan aplikasi erapor. Mulai jenjang SD, jenjang SMP hingga jenjang SMA/SMK dan hampir semuanya telah menggunakan aplikasi eapor dalam melakukan proses penginputan nilai dan pencetakan rapor.

Dengan menggunakan aplikasi erapor sekolah sangat terbantu untuk melakukan proses penginputan hingga proses pencetakan rapor sebab semuanya dapat dilakukan dengan mudah apalagi jika telah terbiasa dalam menggunakannya. Memang aplikasi erapor akan terasa agak sulit dan rumit jika sekolah baru pertama kali melakukan proses penginputan nilai menggunakan aplikasi erapor namun jika sekolah telah berhasil menggunakannya maka hal itu di tahun berikutnya pasti akan terasa mudah.

Di dalam aplikasi erapor banyak fitur yang bisa di manfaatkan dan dengan adanya aplikasi erapor maka sekolah pun tidak perlu lagi harus membeli format rapor sebab di dalam aplikasi tersebut rapor yang akan di bagikan ke siswa dapat langsung di print out atau di cetak sehingga sekolah hanya tinggal membagikannya kepada masing-masing peserta didik.
Adapun tahapan untuk bisa melakukan pencetakan rapor maka pihak guru dan wali kelas harus telah menyelesaikan tugasnya dengan baik mulai dari memasukkan atau melakukan penginputan nilai hingga pemberian deskripsi atau catatan kepada setiap peserta didik.

Pada pembahasan kali ini saya hanya ingin membahas mengenai cara untuk bisa login atau masuk sebagai wali kelas atau lebih tepatnya login dengan menggunakan akun wali kelas pada aplikasi erapor. Jika pada tahun – tahun sebelumnya untuk bisa login atau masuk kedalam akun wali kelas maka guru yang memegang jabatan sebagai wali kelas harus login dengan menggunakan akun tersendiri yaitu akun sebagai wali kelas . berbeda halnya dengan saat ini di mana pada erapor versi terbaru saat ini bagi guru yang akan melakukan login kedalam aplikasi erapor sebagai wali kelas maka sudah tidak perlu lagi login atau masuk dengan menggunakan akun tersendiri melainkan hanya cukup dengan login menggunakan akun guru dan kemudian di dalam akun guru tersebut maka guru yang memegang tugas sebagai wali kelas dan ingin masuk kedalam akun wali kelasnya maka cukup dengan mengganti status login dari guru menjadi wali kelas.

Untuk mengetahui cara lengkapnya bagaimana masuk sebagai wali kelas pada aplikasi erapor SMP di versi terbaru ini, maka anda dapat melihat penjelasan dan langkah-langkahnya di bawah ini :
1.   Silahkan login kedalam aplikasi erapor menggunakan akun guru
2.   Setelah berhasil login sebagai guru maka untuk masuk kedalam akun wali kelas anda cukup mengklik nama guru yang tampil pada bagian ujung sebelah kanan kemudian maka nantinya akan muncul beberapa pilihan seperti terlihat pada gambar di bawah ini

3.   Selanjutnya untuk bisa login sebagai wali kelas maka silahkan anda pilih “Akses Sebagai Wali Kelas”
4.   Selanjutnya akan muncul notifikasi “Anda akan mengubah akses dari guru mapel ke wali kelas, “Apakah anda yakin ?” dan silahkan anda klik “OK”
5.   Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa user anda telah di ubah dari guru mapel ke akses wali kelas dan jangan lupa klik “OK”
6.   Apabila nama pada status login telah bertanda sebagai wali kelas seperti pada gambar di bawah ini, maka itu artinya login sebagai wali kelas telah berhasil
7.   Selesai.

Hal tersebut di atas dapat juga di gunakan untuk bisa melakukan login sebagai guru BK bagi anda yang mengampu mata pelajaran BK di sekolah.
Bagaimana mudah bukan untuk melakukan login kedalam akun wali kelas dan tidak perlu lagi harus login menggunakan akun khusus yang terpenting adalah anda bisa login kedalam akun wali kelas apabila anda adalah seorang guru dan juga di berikan tugas sebagai seorang wali kelas.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara dan langkah-langkah untuk bisa melakukan login kedalam akun wali kelas, semoga melalui postingan ini anda yang sedang mencari informasi ini dapat memperoleh manfaatnya.
Sekian dan Semoga bermanfaat bagi siapapun yang membaca postingan ini.

0 Response to "Cara Login Sebagai Wali Kelas di eRapor SMP Versi Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel