Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Di eRapor Menggunakan Akun Guru


Kherysuryawan.id – Tips mengatasi masalah tidak bisa login ke aplikasi erapor menggunakan akun guru.
Sahabat operator erapor dimanapun berada, pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah postingan yang merupakan hasil dari pengalaman rpibadi saya dimana kala itu saya menggunakan aplikasi erapor namun ketika akan melakukan login dengan menggunakan akun masing-masing guru al hasil login tidak berhasil.

Segala cara telah saya lakukan mulai dari melakukan generate ulang user, sincronisasi ulang dapodik,  bertanya kepada teman-teman admin erapor lainnya namun tak juga membuahkan hasil. Setelah saya menggunakan dan mencoba cara yang saya lakukan sendiri al hasil ternyata dapat membuahkan hasil yang menggembirakan sebab saya bisa melakukan login dengan baik menggunakan akun guru di erapor.

Sebenarnya cara untuk mengatasi masalah tidak bisa melakukan login kedalam aplikasi erapor dengan  menggunakan akun guru sangat mudah sekali dan sangat sederhana sekali namun jika memang tidak di pahami dengan baik maka akan mengakibatkan hal yang kecil menjadi suatu masalah yang besar. Untuk mengatasi masalah yang seperti ini memang di butuhkan suatu ketenangan dan sebuah keberanian untuk melakukan uji coba sebab tanpa ada percobaan atau sebuah tindakan nyata maka hal itu tidak akan bisa berhasil.

Sebelum masuk kepada topik utama mengenai masalah tidak bisa login menggunakan akun guru, maka izinkan saya bercerita sedikit mengenai masalah yang pernah saya alami tentang tidak bisa login kedalam aplikasi erapor menggunakan user guru.
Saya adalah seorang admin erapor, dan kala itu saya ingin melakukan login kedalam aplikasi erapor menggunakan user admin dan juga user guru, namun ketika saya melakukan login dengan menggunakan user admin saya dapat berhasil melakukan login sedangkan ketika saya ingin login dengan menggunakan akun guru saya justru tidak berhasil melakukannya.

Awalnya saya melakukan login guru dengan menggunakan nama pengguna yang saya copy dari hasil download user erapor versi 2.1 yang dalam bentuk exel. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa password default untuk guru adalah 123456, nah saya pun mencoba untuk melakukan login.Ketika saya mencoba dengan menggunakan copy nama pengguna guru pertama ternyata saya tidak berhasil login dan hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.

Kemudian saya mencoba lagi login dengan menggunakan nama pengguna guru kedua dengan cara melakukan copy nama pengguna dari user yang ada di exel dan saya pastekan di kolom nama pengguna yang ada di aplikasi erapor ternyata juga tidak bisa berhasil login. Bahkan ada beberapa nama pengguna guru lainnya yang telah saya coba dengan cara yang sama namun tidak ada satu pun yang berhasil login. Akhirnya saya berpikir ada hal yang salah yang telah saya lakukan sehingga tidak ada satu pun guru yang bisa berhasil login kedalam aplikasi erapor.

Ternyata solusi mengatasi hal tersebut sangatlah sepele, mungkin saja masalah ini terlihat biasa namun sangat membuat strees bagi saya karena jika tidak ada satu pun guru yang bisa melakukan login kedalam aplikasi erapor maka tentunya penginputan nilai erapor menjadi kacau alias siswa tidak bisa terima rapor. Namun akhirnya berkat solusi yang saya anggap sangat mudah dan sepele ternyata bisa membuat kekhawatiran itu menjadi sirna.

Apakah anda ingin mengetahui solusinya ?????
Baiklah solusinya ternyata adalah ketika kita melakukan login dengan nama pengguna atau user id guru yang kita copy dari hasil download user dalam bentuk exel maka belum tentu hasilnya akan sama ketika kita mengetikkan secara manual pada kolom nama pengguna sehingga hal yang dirasa sepele tersebut dapat mengakibatkan masalah yang besar. Jadi ketika anda pernah gagal dalam melakukan login dengan menggunakan user guru maka hendaknya anda mencoba login ke akun guru dengan cara MENGETIKKAN NAMA PENGGUNA SECARA MANUAL dan jangan menggunakan system copy paste dari data user hasil download yang ada di exel.

Sebenarnya jika anda ingin menggunakan system copy paste nama pengguna ke kolom nama pengguna yang ada di aplikasi erapor tidak ada masalah dan tetap bisa login namun dengan catatan angka ataupun huruf yang akan anda masukkan harus benar-benar  sesuai dan di depan atau di belakang huruf/angka tidak ada spasi atau celah yang kosong karena jika nama atau angka sudah benar dan sesuai dengan user guru namun di depan atau di belakang angka atau huruf tersebut masih ada spasi maka login tidak akan pernah berhasil.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk login menggunakan user guru PNS maka cukup dengan menggunakan nama pengguna yaitu NIP sedangkan bagi guru honorer yaitu menggunakan nama guru tersebut tanpa spasi. Jadi jika guru PNS akan login dengan menggunakan NIP namun di depan atau di belakang NIP nya masih ada ruang kosong pada kolom nama pengguna di erapor maka dapat menyebabkan login menjadi gagal.

Dari kesimpulan di atas maka saya menyarankan kepada anda yang ingin melakukan login kedalam aplikasi erapor dengan menggunakan akun guru maka sebaiknya untuk kolom pengisian nama pengguna lebih baik diisi dengan cara manual atau di ketik sesuai usernamenya dan jangan menggunakan system copy paste.

Bagi anda yang juga pernah mengalami masalah yang sama seperti yang telah saya alami tersebut kiranya melalui informasi pada postingan ini, dapat membantu anda untuk keluar dari masalah tersebut, perlu di ingat bahwa meskipun terlihat sangat sepele masalah ini namun jika kita tidak memahaminya dengan baik maka dapat menjadi sebuah masalah yang membuat kita menjadi strees.

Demikainlah postingan kali ini, semoga apa yang bisa saya berikan melalui artikel ini dapat membantu bapak ataupun ibu guru yang sedang mengalami kasus yang seperti ini.
Sekian dari saya, Wasalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.

0 Response to "Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Di eRapor Menggunakan Akun Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel