Contoh Soal AKM Kelas 3 & 4 SD Dilengkapi Kunci Jawaban

Kherysuryawan.id – Contoh soal AKM kelas 3 dan kelas 4 SD lengkap dengan pembahasannya yaitu pada soal jenis literasi teks fiksi dan literaksi tek informasi.

Salam Pendidikan, sahabat guru dan pelajar diamanapun anda berada pada kesempatan kali ini saya kembali akan membagikan contoh-contoh soal Asesmen kompetensi minimum (AKM) yang mana soal ini merupakan soal AKM tingkat kelas 3 dan kelas 4 SD.

 


Jika anda membutuhkan soal AKM untuk jenjang SD kelas lainnya maka anda bisa melihatnya pada postingan yang telah saya bagikan sebelumnya yang sudah membahas tentang soal AKM pada kelas lainnya untuk jenjang sekolah dasar. Tentunya dengan adanya contoh soal AKM yang akan saya bagikan ini bisa membantu para guru maupun para siswa yang akan melatih kemampuan dalam mengerjakan soal-soal AKM.

 

Perlu anda ketahui bahwa pada bentuk soal AKM ada beberapa macamnya diantaranya yaitu soal dalam bentuk uraian, soal pilihan ganda, soal menjodohkan. Meskipun demikian bagi anda yang mungkin belum mengetahui bagaimana contoh soal AKM yang memiliki model tersebut maka pada postingan ini nantinya anda bisa melihat jenis soal AKM dalam bentuk yang telah saya jelaskan diatas.

 

Contoh soal AKM kelas 3 dan kelas 4 SD yang akan saya sasmpaikan melalui postingan ini semuanya sudah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya dan juga soal tersebut hanya bisa diakses secara online jadi bagi anda yang ingin melihatnya maka anda harus memiliki paket data untuk bisa mengakses setiap soal latihan AKM kelas 3 SD dan kelas 4 SD tersebut.

 

Untuk mempersiapkan diri dalam mengahadapi asesmen nantinya maka anda harus bisa melatih kemampuan anda dalam menjawab latihan soal-soal AKM dan pada soal AKM online kelas 3 dan kelas 4 SD ini anda tak perlu ragu untuk salah menjawab sebab disetiap soal sudah disediakan pembahasannya sehingga memudahkan guru dan siswa dalam melatih mengerjakan soal-soal AKM.

 

Sebagai bahan informasi bahwa semua soal yang saya informasikan disini yaitu contoh soal asesmen yang bersumber dari laman pusmenjar kemdikbud yang mana disana telah banyak sekali membahas contoh-contoh soal AKM mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 SD, kelas 7 hingga kelas 9 SMP dan juga kelas 10 hingga kelas 12 SMA jadi semuanya jenjnag telah di siapkan dilamank tersebut.

 

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah merilis dan mempublikasikan contoh soal Asesmen Kompetensi Minimum versi online sebagai gambaran dan persiapan pelaksanaan Asesmen Nasional yang rencananya akan mulai dilaksanakan tahun 2021. Dengan adanya contoh soal latihan asesmen maka tentunya akan memudahkan guru dan siswa dalam memahami contoh-contoh soal AKM.

 

 

Kumpulan soal AKM online semua level pembelajaran dan jenjang dapat anda akses melalui laman resmi Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang beralamat di https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/.

Soal-soal yang terdapat pada setiap level terdiri dari materi pembelajaran Numerasi, Literasi Teks Fiksi, dan Literasi Teks Informasi. Dan pada postingan ini saya akan membantu para guru dan siswa yang mugkin kesusahan untuk mencari referensi contoh soal AKM kelas 3 dan kelas 4 SD.

 

Pada contoh soal AKM online kelas 3 SD dan kelas 4 SD yang akan saya informasikan disini semuanya sudah dilengkapi dengan pembahasan dan kunci jawabannya serta soal yang akan di sajikan yaitu soal yang daapt melatih kemampuan siswa dalam memahami soal literasi teks fiksi dan soal literasi teks informasi.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan contoh soal AMK online kelas 3 dan kelas 4 SD lengkap dengan pembaahsan maka silahkan anda lihat melalui setiap judul yang ada di bawah ini :

 

SOAL LITERASI TEKS FIKSI KELAS 3 & 4 SD

-     Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)

-     Mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan yang dihadapi tokoh cerita pada teks sastra sesuai jenjangnya. (2 Soal)

-     Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)

-     Menyusun inferensi (kesimpulan) terkait isi teks untuk menentukan apakah suatu komentar/ pertanyaan/ pernyataan relevan dengan isi teks pada teks sastra atau teks informasi. (6 Soal)

-     Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)

-     Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (3 Soal)

-     Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya. (1 Soal)


SOAL LITERASI TEKS INFORMASI KELAS 3 & 4 SD

-     Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

-     Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

-     Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya. (7 Soal)

-     Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

-     Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (1 Soal)

-     Mengaitkan isi teks sastra atau teks informasi dengan pengalaman pribadi sesuai jenjangnya. (2 Soal)

UNTUK SOAL DAN PEMBAHASAN AKM KELAS 4 SD KOMPETENSI NUMERASI (DISINI)


 

SILAHKAN LIHAT JUGA :

👉 Soal AKM Numerasi Kelas 11 SMA DISINI

👉 Soal AKM Numerasi Kelas 10 SMA DISINI

👉 Soal AKM Numerasi Kelas 8 SMP DISINI

👉 Soal AKM Numerasi Kelas 5 & 6 SD DISINI


Demikianlah informasi mengenai contoh soal AKM untuk kelas 3 dan kelas 4 SD yang bisa anda ketahui dan anda bisa melihatnya dengan cara mengunjungi setiap soal sesuai yang anda inginkan dan nantinya anda akan di arahkan menuju ke soal yang anda maksud.

 

Bagi anda yang mungkin membutuhkan soal latihan AKM untuk kelas dan jenjang sekolah lainnya maka anda bisa melihatnya pada postingan lainnya yang telah saya bagikan melalui blog Pendidikan ini.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan kali ini, semoga senantiasa bermanfaat bagi para pendidik dan pelajar di seluruh nusantara.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel