Soal AKM dan Pembahasan Kelas 9 SMP

Kherysuryawan.id – Soal dan Kunci Jawaban asesmen nasional jenjang SMP.

Sahabat pendidikan, satuan pendidikan yang akan mengikuti kegiatan asesmen nasional (AN) atau asesmen kompetensi minimum (AKM) ialah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. AKM adalah bagian dari Asesmen Nasional yang akan menjadi pengganti Ujian Nasional (UN) sebagai evaluasi terkait mutu pendidikan. AKM adalah sistem yang digunakan untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

 

Salah satu satuan pendidikan yang akan mengikuti AKM ialah sekolah jenjang SMP. Dalam kegiatan AKM nantinya maka siswa yang akan menjadi peserta ialah siswa yang berada di kelas 8 SMP. Meskipun siswa kelas 8 yang akan menjadi peserta AKM atau AN namun materi yang harus di pelajari oleh para peserta asesmen nasional yaitu materi mulai dari kelas 7, kelas 8 dan kelas 9.

 

Soal asesmen nasional (AN) yang akan diujiankan nantinya ialah soal model literasi dan soal model numerasi. Kedua jenis soal tersebut sangat perlu untuk di ketahui oleh peserta didik sebagai informasi agar peserta didik bisa berlatih mengerjakan soal-soal asesmen dalam bentuk literasi maupun numerasi.

 

Soal AKM literasi lebih kepada soal bacaan yang membutuhkan pemahaman yang baik sedangkan soal numerasi lebih kepada jenis soal perhitungan yang membutuhkan penguasaan konsep dan penalaran. Bagi para siswa yang akan mempersiapkan diri dalam melaksanakan asesmen nasional nantinya maka harus banyak berlatih dan belajar.

 

Melalui kesempatan ini admin akan memberikan beberapa contoh soal asesmen nasional yang bisa digunakan sebagai bahan latihan baik bagi siswa maupun bagi guru untuk persiapan mengahadapi asesmen nasional.

 

Seperti di ketahui bahwa pada soal asesmen nasional (AN) ada beberapa jenis soal yang akan di sajikan diantaranya ialah soal bentuk pilihan ganda, soal pilihan ganda kompleks, soal uraian, soal menjodohkan. Siswa harus bisa memahami jenis-jenis soal tersebut sehingga pada saat pelaksanaan asesmen sudah tidak bingung dalam mengerjakan soal-soal asesmen.

 

Sahabat pendidikan yang berbahagia, di artikel ini admin akan memberikan contoh soal jenis asesmen yang merupakan soal model literasi khusus untuk jenjang SMP. Disini admin akan menyajikan soal bentuk uraian, soal pilihan ganda dan soal pilihan ganda komplek.

 

Selain admin menyajikan contoh soal AKM jenjang SMP maka admin juga akan membagikan file soal asesmen lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya. Tujuannya ialah untuk bisa digunakan baik oleh siswa maupun guru yang akan menggunakan sebagai bahan latihan ataupun referensi dalam persiapan mengahadapi asesmen nasional yang sudah tidak lama lagi akan di laksanakan.

 

Baiklah berikut ini beberapa contoh soal asesmen nasional lengkap dengan kunci jawaban/pembahasannya untuk jenjang SMP.

 

1. SOAL URAIAN :


Peran Usaha Mikro  Kecil dan Menengah  (UMKM) sangat  besar bagi  perekomian  Indonesia.   Pada saat usaha  besar sedang dalam  tren melambat,  pertumbuhan   produk domestik bruto (PDB)  UMKM  cukup  stabil.  Tidak memandang  latar  belakang   dan pendidikan  seseorang,  setiap  orang  memiliki kesempatan  yang sama dalam  memulai  bisnis   usaha   UMKM.  Agar masyarakat tertarik dalam  usaha UMKM,  pemerintah  menurunkan  Pph final  dari  1°/o  menjadi  0,5°/o sehingga   pelaku  usaha  UMKM  tidak merasa terlalu dibebani  pajak.

Nah,  Sobat,  bagi kamu yang berencana  untuk memiliki  UMKM sendiri,  kamu bisa  memulainya   dengan  modal  kecil,  lho. Terdapat banyak jenis  UMKM yang bisa  kamu jadikan   referensi  untuk merintis  usaha.  Bidang   kuliner merupakan   salah  satu jenis  UMKM  yang menguntungkan  dan selalu  laris.  Bisnis   kuliner  juga  memiliki   banyak  kategori,  seperti makanan  ringan, minuman, sampai dengan makanan   pokok. Semua  usaha  kullner  memiliki  potensi  yang  bagus  karena  kuliner banyak dicari  oleh masyarakat,  terlebih yang tinggal di  kota besar. Walaupun  demikian,   keberhasilan  menjalankan UMKM  tetap tergantung pada bagaimana  kamu memasarkan  produk dan berinovasi.

Mengapa UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang sesuai ? Jelaskan alasanmu !

JAWABAN :

karena pengusaha  UMKM  perlu  Menqernbanqkan  kreativitas dan  berinovasi  sehingga bisnis  dapat bertahan  dan berkembang

 

2. SOAL PILIHAN GANDA KOMPLEKS


Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah   (UMKM) sangat  besar bagi  perekomian  Indonesia.   Pada saat usaha  besar sedang dalam  tren melambat,  pertumbuhan   produk  domestik bruto (PDB)  UMKM cukup stabil. Tidak memandang    latar  belakang   dan pendidikan  seseorang,  setiap orang  memiliki kesempatan  yang sama dalam  memulai   bisnis   usaha   UMKM.  Agar masyarakat tertarik dalam  usaha UMKM,  pemerintah  menurunkan   Pph final  dari  1°/o menjadi  0,5°/o sehingga pelaku  usaha  UMKM tidak merasa terlalu dibebani pajak.

Nah,  Sobat,  bagi kamu yang berencana   untuk memiliki  UMKM sendiri,  kamu bisa  memulainya   dengan  modal  kecil,  lho. Terdapat banyak jenis  UMKM yang bisa  kamu jadikan   referensi  untuk merintis  usaha.  Bidang   kuliner merupakan   salah   satu jenis  UMKM  yang menguntungkan   dan selalu  laris.  Bisnis  kuliner  juga memiliki   banyak  kategori,  seperti makanan  ringan,

minuman,  sampai dengan makanan   pokok. Semua  usaha  kuliner  memiliki potensi  yang  bagus  karena  kuliner  banyak  dicari  oleh

masyarakat,  terlebih  yang tinggal di  kota besar. Walaupun  demikian,   keberhasilan menjalankan UMKM  tetap tergantung pada bagaimana  kamu memasarkan produk dan berinovasi.

 

Setelah  mencermati infografik  dan teks tersebut,  kalian  mendapatkan   pemahaman   bahwa  UMKM perlu dilindungi   dan didukung oleh pemerintah  dengan alasan  berikut.

Pilihlah alasan yang sesuai dengan pemahamanmu!

A. UMKM dapat menyerap tenaga kerja sangat  banyak.

B. Untuk merintis  UMKM diperlukan modal yang besar.

C. Bisnis  UMKM mendominasi perekonomian di Indonesia.

D. Pelaku  UMKM harus memiliki keterampilan profesional.

KUNCI JAWABAN :

A, C, dan D

 

3. SOAL PILIHAN GANDA KOMPLEKS

Baca teks berikut  dengan cermat!

Voluntourism dan Sektor Pariwisata  yang  Menyerap  Banyak Tenaga Kerja

Kementerian  Pariwisata  RI  menetapkan  2019  sebagai  tahun  sumber daya manusia   (SDM). Karena itu,  penguatan   SDM pelaku pariwisata  terus diperkuat.  Langkah   ini  dilakukan  seiring  dengan  makin  berkembangnya   sektor pariwisata  di  Indonesia.

Pariwisata  memberikan kontribusi  penting   bagi  pendapatan  negara,  yaitu  sebagai  penyumbang   devisa  kedua  terbesar setefah sektor minyak  dan gas (migas).  Dengan kata lain,   pariwisata  tidak sekadar membantu menciptakan   peluang   kerja,  tetapi juga berperan dalam  menekan angka  pengangguran   di  tanah  air dan meningkatkan   kesejahteraan   masyarakat.

Meningkatnya  jumlah  wisatawan  asing  dan lokal  di  Indonesia,   ternyata,  membawa dampak lain  selain  ekonomi.   Selain menikmati kegiatan  berwisata dan membefi  oleh-oleh,    wisatawan  dapat memberikan  manfaat bagi  destinasi  yang dikunjungi.  Apakah kamu pernah mendengar istilah  voluntorism?  Voluntourism merupakan gabungan dari dua kata,yaitu  volunteerdan tourism, yang  mengandung   makna  rnelakukan   kegiatan   pariwisata  sambil menjadi  sukarelawan.   Menurut pengamatan sebuah  biro  perjalanan,    rata-rata  turis  asing  membawa keluarga  dan sahabatnya  untuk menikmati  voluntourism untuk waktu yang  lama,  yaitu  dua  minggu  hingga  sebulan.   Pemilik biro  tersebut  mengatakan bahwa beberapa kliennya  dari  luar  negeri  jadi  ketagihan  dan selalu  datang  kembali  hampir tiap  tahun.

Selama  berwisata,  para turis dapat melakukan   kegiatan  sukarela  yang  bermacam-macam,   seperti  mengajar  bahasa lnggris  atau bahasa asing,   mengajar baca-tulls-hitunq,    dan  mengajak   anak-anak   penduduk   lokal  membuat karya seni  lewat beragam cara. Para turis tersebut juga  diajak  menginap   di  rumah-rumah   penduduk.   Sebagian  besar turis  sangat  senang berkegiatan  layaknya  penduduk   lokal.  Mereka belajar  untuk berempati,  menerima  keberagaman,  menghormati   alam,  dan menghargai budaya lokal.

 

Berdasarkan  wacana tersebut, manakah pernyataan yang menunjukkan bahwa sektor pariwisata  dapat berdampak positif bagi sektor ekonomi? Kamu dapat memilih  lebih  dari satu jawaban.

 

A. Pariwsata menciptakan  peluang  kerja.

B. Pariwisata  menekan angka pengangguran.

C. Pariwisata  meningkatkan kesejahteraan  masyarakat.

D. Pariwisata  memberikan kepuasan bagi  penggemar media  sosial.

KUNCI JAWABAN :

A, B DAN C.

 

4. SOAL PILIHAN GANDA

Perhatikan  gambar dan baca wacana berikut dengan seksama!


Bioplastik, Plastik Ramah Lingkungan dari Singkong

Sampah plastik  menjadi  masalah  besar di  seluruh  dunia,   termasuk di Indonesia.    Berdasarkan data badan  Pusat Statistik  (BPS},  sampah plastik  di Indonesia  mencapai  64 juta ton per tahun dan 24 persennya masih  tidak  terkelola.   Berbagai alternatif  ditawarkan,   salah satunya biodegradable plastic atau  bioplastik.   Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia  (LIPI)   melalui Loka Penelitian Teknologi  Bersih (LPTB)  menawarkan inovasi  teknologi  untuk  mengatasi  permasalahan limbah plastik  tersebut.

lnovasi  LIPI   tersebut adalah  bioplastik  yang dikembangkan    dengan menggunakan bahan  dari tapioka  atau  singkong.   Peneliti  LPTB LIPI, Hanif Dawam Abdullah,  mengungkapkan   bahwa  pihaknya   telah mengembangkan bioplastik   sebagai alternatif  untuk  menggantikan plastik  biasa.  Bioplastik  tersebut berbasis  pati  yang  mudah  diurai mikroba  alami dengan cepat dan berpeluang   menjadi  solusi  limbah plastik  saat ini.  Material  dasar yang berasal  dari singkong   mudah didapatkan  dan relatif  murah.   Bioplastik   ini  sudah  dijual   bebas baik secara daring maupun  luring (online dan offline) oleh  berbagai produsen.

 

Sejauh  ini, penggunaan  plastik  paling  banyak  adalah  untuk kemasan makanan,  yaitu  sekitar  60 persen.  Plastik  sendiri  tersusun dari polimer-polimer yang memiliki berat lebih  ringan daripada  air sehingga   benda tersebut  sangat  mudah  mengambang  di air. Ketika menjadi  sampah, plastik  tidak  mudah  terurai.   Dibutuhkan  waktu lebih  dari 3000 tahun  sampai sampah  plastik  dapat terurai.  Hal tersebut tentu saja dapat mencemari  lingkungan.   Bahaya  lain  dari sampah plastik  adalah  ketika  terpecah  menjadi butiran-butiran   kecil. Pecahan  plastik  ini  tidak  dapat secara langsung  terurai  oleh  bakteri  dan dapat masuk ke dalam  tubuh hewan. Oleh karena itu,  dibutuhkan   bahan  pengganti   plastik  yang  lebih  ramah terhadap lingkungan,   salah  satunya  bioplastik.

 

Berdasarkan bacaan tersebut, pernyataan manakah yang menyebutkan bahwa bioplastik bersifat sangat ramah lingkungan?

A. bahan-bahan pembuatnya dapat di perbaharui

B. Material dasar dari singkong sangat mudah didapat

C. Plastic dapat diurai secara alami dengan waktu yang lebih cepat

D. Plastic berbahan dasar petroleum sangat sulit untuk di perbaharui

KUNCI JAWABAN : C

 

Bagi anda yang ingin membutuhkan soal asesmen nasional yang lebih lengkap dalam bentuk file maka disini admin telah menyiapkannya untuk anda. File soal asesmen nasional jenjang SMP yang akan di bagikan ini disajikan dalam format PDF sehingga bisa dengan mudah digunakan sebagai bahan latihan.

Berikut ini filenya :

 

  • Soal + Jawaban AKM Literasi Informasi (DISINI)
  • Soal + Jawaban AKM Literasi Teks Fiksi (DISINI)


Demikianlah soal-soal asesmen nasional khususnya untuk jenjang SMP yang bisa admin bagikan di kesempatan ini, kiranya file soal asesmen yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban tersebut dapat membantu siswa yang akan mempersiapkan diri mengahadapi ujian asesmen di tahun ini.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel