Soal Asesmen Jenjang SMA Lengkap Dengan Pembahasan

Kherysuryawan.id – Kumpulan soal asesmen/AKM literasi dan numerasi untuk jenjang SMA/SMK mulai dari soal asesmen kelas 10, kelas 11 dan kelas 12.

Sahabat Pendidikan, jika pada postingan kherysuryawan.id sebelumnya telah banyak sekali membahas dan membagikan contoh soal latihan AKM mulai dari jenjang SD dan SMP maka pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id akan kembali membagikan soal-soal AKM untuk jenjang SMA/SMK adapun jenis soal yang akan di bagikan disini ialah soal bentuk literasi dan soal bentuk numerasi.

 


Untuk persiapan menghadapi Asesmen nantinya maka siswa dan guru harus bisa mengetahui jenis-jenis soal AKM yang bisa menjadi dasar dalam pelaksanaan asesmen di tahun ini. Untuk jenis atau kelompok soal asesmen yaitu ada 5 bentuk soal yakni soal pilihan ganda, soal pilihan ganda kompleks, soal menjodohkan, soal isian singkat dan juga soal uraian.

 

Pada laman pusmenjar sebenarnya sudah banyak contoh-contoh soal asesmen yang di berikan mulai dari soal untuk jenjang SD, SMP hingga soal untuk jenjang SMA/SMK. Adapun jenis soal yang di sajikan juga sudah di sesuaikan dengan level pembelajaran sesuai dengan tingkat kelas dan jenjang Pendidikan. dengan adanya contoh soal AKM maka akan menjadi bahan referensi bagi para pembelajar khususnya bagi yang akan mengikuti ujian asesmen nasional nanti.

 

Meskipun dalam pelaksanaan asesmen nanti nilai yang akan di peroleh bagi setiap sekolah bukan menjadi acuan kelulusan ataupun kenaikan kelas namun untuk mengetahui tingkat dan kualitas sekolah maka nantinya nilai asesmen akan menjadi dasar pemetaan sekolah sehingga masing-masing sekolah yang akan mengikuti asesmen tetap harus berjuang untuk bisa mensukseskan pelaksanaan asesmen dengan prioritas mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai harapan.

 

Pada soal asesmen nantinya ada beberapa jenis soal yang akan di ujiankan diantaranya ialah soal bentuk literasi dan juga soal bentuk numerasi. Untuk soal literasi maka siswa akan di berikan pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan atau wacana sehingga siswa harus membaca soal dengan baik sebelum menjawabnya agar jawaban yang akan di pilih atau diisi bisa sesuai dengan hasil yang sebenarnya sedangkan untuk bentuk soal numerasi maka lebih kepada soal bentuk perhitungan seperti soal matematika atau IPA.

 

Untuk memudahkan siswa dalam mengerjakan soal-soal asesmen maka siswa sedini mungkin harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal asesmen dengan cara mencari contoh-contoh soal AKM yang sesuai dengan jenjang sekolah masing-masing. Seperti pada sekolah jenjang SMA/SMK yang akan mengikuti asesmen maka soal yang harus di pelajari ialah soal kelas 10, 11 dan kelas 12 SMA/SMK.

 

Pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini maka kherysuryawan.id akan memberikan beberapa jenis contoh soal asesmen untuk jenjang SMA/SMK. Adapun soal asesmen yang dimaksuda disini ialah soal asesmen untuk kelas 10, soal asesmen untuk kelas 11 dan soal asesmen untuk kelas 12. Di setiap soal juga telah di lengkapi dengan kunci jawaban sehingga akan memudahkan bagi apra guru ayaupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran untuk persiapan menghadapi asesmen nasional.

 

Soal asesmen atau soal AKM yang ada disini ialah soal bentuk literasi dan soal bentuk numerasi. Jadi bagi pada pendidik dan peserta didik yang sekiranya sedang mencari referensi soal-soal AKM untuk jenjang SMA/SMK maka melalui postingan ini anda bisa mendapatkan informasinya sehingga bisa menjadikannya sebagai bahan pembelajaran.

 

Baiklah berikut ini kumpulan soal-soal asesmen untuk jenjang SMA/SMK di bawah ini :

 

  • Soal Asesmen kelas 10 Literasi (DISINI)
  • Soal Asesmen Kelas 10 Numerasi (DISINI
  • Soal Asesmen Kelas 11 & 12 Literasi (DISINI
  • Soal Asesmen Kelas 11 Numerasi (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai kumpulan soal asesmen/AKM untuk jenjang SMA yang kherysuryawan.id bisa bagikan pada kesempatan kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi alternative bagi para sahabat Pendidikan yang akan mencari informasi seputar soal-soal latihan asesmen.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel