Contoh Soal AKM Online Kelas 9 dan Kelas 10 Level 5

Kherysuryawan.id – Soal latihan AKM lengkap dengan kunci jawaban untuk kelas 9 SMP dan kelas 10 SMA.

Mulai tahun 2021 kementerian Pendidikan dan kebudayaan akan kembali mengadakan ujian asesmen sebagai pengganti ujian nasional. Ujian asesmen yang dimaksud diberi nama dengan ujian asesmen nasional. Oleh sebab itulah mulai saat ini peserta didik maupun guru harus bisa memahami dan mengetahui jenis-jenis contoh soal-soal AKM sehingga bisa memiliki pengetahuan dasar tentang jenis soal AKM itu sendiri.

 


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal AKM yang dapat digunakan untuk latihan bagi guru dan juga bagi siswa. Contoh soal AKM disini yaitu masuk dalam kategori level pembelajaran 5 yakni untuk siswa kelas 9 SMP dan kelas 10 SMA. Soal AKM yang disajikan pada postingan ini yaitu contoh soal AKM yang dikeluarkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

 

Bagi siswa yang ingin mencoba untuk melakukan evaluasi atau latihan dalam melihat dan mengerjakan jenis soal-soal AKM maka contoh soal AKM yang akan di berikan disini tentunya bisa menjadi bahan dalam mempersiapkan diri ketika nantinya akan menghadapi AKM asesmen. Dengan semakin banyak berlatih mengerjakan soal-soal AKM maka tentunya akan semakin mempermantap diri dalam menguasai bentuk soal AKM.

 

Bagi anda yang ingin melihat jenis contoh soal AKM secara lengkap mulai dari level 1 hingga level 6 yaitu mulai dari jenjang SD hingga jenjang SMA maka anda bisa langsung mengunjungi laman puspenjar.kemdikbud.go.id/akm sebab melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan disana telah di publikasikan contoh-contoh soal AKM secara lengkap.

 

Namun jika anda hanya ingin melihat contoh soal AKM lengkap dengan kunci jawaban untuk kelas 9 SMP dan kelas 10 SMA maka melalui postingan ini saya akan mengarahkan anda untuk bisa melihat jenis contoh soal AKM yang sesuai dengan level pembelajarannya yaitu level 5. Adapun soal AKM yang akan di sajikan terdiri dari soal numerasi dan juga soal literasi.

 

Khusus pada soal literasi yaitu meliputi 2 kategori yakni soal literasi teks fiksi dan soal literasi teks informasi. Bagi anda yang ingin mengetahui bagian – bagian dari soal numerasi dan juga soal literasi maka perlu anda pahami jenis-jenisnya berikut ini :

Pada soal numerasi yaitu meliputi :

-          Bilangan

-          Geometri dan Pengukuran

-          Aljabar

-          Data dan Ketidakpastian

Pada soal literasi teks fiksi yaitu meliputi :

-          Menemukan Informasi

-          Memahami

-          Mengevaluasi dan merefleksi

Pada soal literasi teks informasi yaitu meliputi :

-          Menemukan Informasi

-          Memahami

-          Mengevaluasi dan merefleksi

 

UNTUK MELIHAT SOAL AKM KHUSUS KELAS 10 LENGKAP DENGAN JAWABAN MAKA SILAHKAN LIHAT DISINI


Dan untuk anda yang ingin mengetahui contoh soal AKM online kelas 9 dan kelas 10 level 5 kategori soal numerasi dan juga soal literasi, maka silahkan lihat sesuai judul di bawah ini :

 

SOAL NUMERASI KELAS 9 DAN KELAS 10 (DISINI)

·         Memahami dan menggunakan perbandingan trigonometri. (12 Soal) - (DISINI

·         Menghitung volume dan luas permukaan limas segi-n, kerucut, dan bola. (9 Soal) - (DISINI)

·          Menyelesaikan persamaan dan pertaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear dua atau tiga variable (5 Soal) - (DISINI)

·         Memahami barisan Aritmetika dan geometri (3 Soal) - (DISINI)

·         Memahami fungsi kuadrat dan grafiknya, serta sifat-sifatnya; (4 Soal) - (DISINI)

·          Menentukan dan menggunakan ukuran penyebaran data (jangkauan, simpangan, dan variansi). (19 Soal) - (DISINI)

·         Memahami dan menggunakan sifat-sifat peluang kejadian. (10 Soal) - (DISINI)

 

SOAL LITERASI TEKS FIKSI KELAS 9 DAN KELAS 10

·         Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal) - (DISINI)

·         Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal) - (DISINI)

·          Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal) - (DISINI)

·         Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (8 Soal) - (DISINI)

·         Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) - (DISINI)

·         Menilai tujuan penulis dalam menggunakan diksi dan kosa kata pada teks sastra sesuai jenjangnya. (1 Soal) - (DISINI)

·         Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal) - (DISINI)

·         Menilai elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar) serta autentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra sesuai jenjangnya. (1 Soal) - (DISINI)

·         Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks sastra atau teks informasi sesuai jen jangnya. (3 Soal) - (DISINI)

 

SOAL LITERASI TEKS INFORMASI KELAS 9 DAN KELAS 10

·         Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (11 Soal) - (DISINI)

·         Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal) - (DISINI)

·          Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal) - (DISINI)

·         Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (11 Soal) - (DISINI)

·         Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) - (DISINI)

·          Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (2 Soal) - (DISINI)

·         Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal) - (DISINI)

·         Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) - (DISINI)

·         Menilai dan mengidentifikasi bias pada penulisan teks informasi sesuai jenjangnya. (2 Soal) - (DISINI)

·         Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks sastra atau teks informasi sesuai jen jangnya. (3 Soal) - (DISINI)

 

Demikianlah contoh soal latihan AKM online untuk kelas 9 dan kelas 10, semoga postingan ini bisa membantu anda yang sedang mencari contoh soal-soal latihan AKM online dan bisa menjadikan contoh soal tersebut sebagai bahan latihan dalam mengahadapi asesmen nasional nantinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel