Contoh Soal AKM Online Kelas 11 dan Kelas 12 SMA [Level 6]

Kherysuryawan.id - Soal dan kunci jawaban AKM Online Level Pembelajaran 6, kelas 11 dan kelas 12 Jenjang SMA.

Bagi anda yang sedang mencari contoh-contoh soal AKM online untuk kelas 11 dan kelas 12 SMA maka kiranya postingan ini bisa membantu anda untuk melakukan latihan dalam mengerjakan soal-soal AKM sebab melalui postingan ini anda akan memperoleh informasi tentang contoh soal AKM untuk level pembelajaran ke 6 yakni untuk siswa kelas 11 SMA dan siswa kelas 12 SMA.

 


Melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah merilis dan mempublikasikan contoh soal AKM online untuk kelas 11 dan 12 SMA level 6, yang mana soal yang telah di sajikan memuat 2 kompetensi yang sangat penting untuk di ketahui yaitu kompetensi numerasi dan literasi.

 

Literasi dan numerasi merupakan kompetensi yang sifatnya general dan mendasar. Kemampuan berpikir, memahami, membaca, serta melakukan perhitungan dalam hubungannya dengan matematika diperlukan dalam berbagai konteks, baik personal, sosial, maupun profesional.

Perlu di ketahui pula bahwa Literasi tidak hanya berpusat pada kemampuan membaca saja, melainkan literasi juga merupakan kemampuan menganalisis suatu bacaan, dan memahami konsep di balik tulisan tersebut, Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka. Oleh sebeb itu siswa di harapkan dapat menguasai kedua kompetensi tersebut dengan baik.

 

Asesmen kompetensi minimum (AKM) merupakan pengganti dari ujian nasional namun bukan berarti bahwa asesmen menjadi salah satu tolak ukur kelulusan peserta didik melainkan Asesmen dirancang untuk memberi dorongan lebih kuat ke arah pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan penalaran, bukan sekadar hapalan, selain itu asesmen di lakukan untuk memberikan mutu Pendidikan dan kualitas pembelajaran yang lebih baik bagi setiap satuan Pendidikan.

 

Jika anda membutuhkan contoh soal latihan AKM online secara lengkap mulai dari soal AKM sd, Soal AKM SMP hingga soal AKM SMA maka anda bisa langsung mengunjungi laman puspenjar.kemdikbud.go.id/akm karena pada laman tersebut kementerian Pendidikan dan kebudayaan telah memberikan contoh-contoh soal AKM yang bisa dijadikan sebagai bahan latihan baik bagi guru maupun bagi peserta didik.

 

Bagi anda yang mungkin ingin melihat dan mengetahui jenis atau contoh soal latihan AKM untuk jenjang SMA khususnya untuk level pembelajaran 6 yaitu kelas 11 dan kelas 12 SMA maka pada postingan ini anda bisa melihat contoh soal AKM yang juga telah di lengkapi dengan kunci jawabannya. Postingan ini dapat membantu anda untuk memudahkan dalam melihat contoh soal AKM online untuk kelas 11 dan kelas 12 SMA namun perlu diingat bahwa soal latihan AKM yang akan di tampilkan hanya bisa di lihat secara online yang artinya harus melalui jaringan internet.

 

Dengan mempelajari dan melakukan latihan dalam mengerjakan soal-soal AKM maka tentunya akan dapat memberikan pengalaman dan penguasaan materi yang baik dalam mempersiapkan diri ketika akan mengahadapi asesmen nasional nantinya yang akan di mulai pada tahun 2021. Selain siswa, guru juga dapat menjadikan contoh soal AKM ini sebagai referensi dalam mengajarkan materi yang termuat di dalam contoh soal AKM yang telah di sediakan untuk menjadi bahan bimbingan dan penguatan bagi siswa.

 

Baiklah untuk anda baik guru maupun siswa yang ingin melakukan latihan dalam mengerjakan soal-soal AKM online kelas 11 dan kelas 12 SMA atau hanya sekedar ingin mengetahui jenis-jenis soal AKM jenjang SMA, maka silahkan anda lihat contoh soal AKM online level 6 kelas 11 dan kelas 12 SMA di bawah ini :

 

SOAL LITERASI TEKS FIKSI KELAS 11 DAN KELAS 12 SMA

·         Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) – (LINK)

·         Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) – (LINK)

·          Menyusun generalisasi (kesimpulan umum) dari hasil inferensi terhadap ide-ide yang terkandung di dalam teks sastra atau teks informasi. (5 Soal) – (LINK)

·         Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal) – (LINK)

·         Merefleksi asumsi, ideologi, atau nilai yang terkandung dari teks sastra atau teks informasi untuk memahami cara pandang penulis sesuai jenjangnya. (1 Soal) – (LINK)

 

SOAL LITERASI TEKS INFORMASI KELAS 11 DAN KELAS 12 SMA

·         Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (10 Soal) – (LINK)

·         Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal) – (LINK)

·          Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal) – (LINK)

·         Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal) – (LINK)

·          Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (3 Soal) – (LINK)

·         Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal) – (LINK)

·         Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal) – (LINK)

·         Menilai dan mengidentifikasi bias pada penulisan teks informasi sesuai jenjangnya. (2 Soal) – (LINK)

                          

Demikianlah informasi tentang contoh soal latihan AKM untuk kelas 11 dan kelas 12 SMA secara online yang bisa saya bagikan kepada pembaca melalui postingan ini, kiranya informasi ini bisa bermanfaat baik bagi guru, siswa maupun masyarakat umum yang sedang mencari contoh soal AKM online untuk jenjang SMA.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel