Contoh Soal AKM Online Kelas 7 dan 8 [Level 4]

 kherysuryawan.id - Soal dan Kunci Jawaban AKM Online Kelas 7 dan kelas 8 SMP Terbaru.

Apakah anda sedang mencari contoh soal latihan asesmen kompetensi minimum (AKM) khusus untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP ???

Pada postingan kali ini saya akan membahas seputar contoh soal AKM yang mana pada tahun 2021 pemerintah dalam hal ini kementerian Pendidikan dan kebudayaan akan mengadakan asesmen nasional sebagai pengganti ujian nasional.

 


Sebelum asesmen nasional mulai di berlakukan maka perlu bagi siswa untuk melakukan latihan dalam melihat dan mengetahui jenis-jenis soal AKM sehingga ketika waktunya tiba maka siswa sudah memiliki persiapan yang baik dalam mengahadapi asesmen nasional. Dalam soal AKM ada beberapa tipe atau jenis soal yang akan di tampilkan mulai dari soal pilihan ganda, soal memilih jawaban benar salah, soal uraian dan masih banyak jenis soal lainnya.

 

Bagi anda yang membutuhkan soal-soal AKM perlu di ketahui bahwa kementerian Pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia melalui badan penelitian dan pengembangan dan perbukuan telah menyediakan beberapa jenis soal latihan AKM untuk semua jenjang Pendidikan yaitu mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA.

 

Di dalam soal-soal latihan AKM tersebut terdapat 3 kompetensi yang akan di berikan contoh soal latihannya yaitu soal numerasi, soal literasi teks fiksi dan juga soal literasi teks informasi. Dengan adanya website kementerian yang memberikan akses untuk melihat dan mencoba mempelajari soal-soal AKM maka tentunya akan sangat membantu para guru dan juga siswa dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian asesmen nantinya.

 

Guru dapat menjadikan soal AKM sebagai bahan untuk memberikan jenis-jenis materi yang sesuai dengan tipe soal sedangkan siswa dapat menjadikan soal AKM sebagai latihan dalam mempersiapkan diri dan mengasah kemampuan yang telah dimiliki. Intinya bahwa soal-soal latihan AKM akan sangat bermanfaat buat guru dan siswa dalam mengahadapi asesmen nantinya.

 

Bapak dan ibu guru serta adik-adik siswa sekalian, perlu di ketahui bahwa soal-soal AKM yang di terbitkan oleh badan penelitian dan pengembangan dan perbukuan merupakan jenis soal AKM yang sudah di lengkapi dengan kunci jawaban sehingga akan sangat memudahkan bagi guru dan juga siswa untuk mempelajari dan menjadikannya sebagai bahan latihan.

 

Apabila anda ingin melihat jenis-jenis soal AKM online secara lengkap, maka anda bisa langsung menggunjungi laman website dengan alamat https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm/ dan disana telah disediakan berbagai bentuk soal latihan AKM yang bisa anda akses secara online dan juga anda bisa memilih sesuai dengan jenis level soal AKM sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing.

 

Melalui postingan ini saya juga akan memberikan beberapa link yang bisa mengarahkan anda untuk bisa melihat jenis-jenis soal AKM khusus untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP. Khusus untuk soal AKM kelas 7 dan 8 SMP yaitu digolongkan dalam kategori level pembelajaran 4. Melalui link soal AKM Online kelas 7 dan kelas 8 ini ,  anda bisa melihat jenis-jenis soal AKM yang bisa anda pelajari dan bisa anda gunakan sebagai bahan latihan atau bahan evaluasi.

 

Baiklah berikut ini contoh-contoh soal AKM online lengkap dengan kunci jawaban untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP yang masuk dalam kategori level 4 yang meliputi soal numerasi dan soal literasi.


UNTUK MELIHAT SOAL + PEMBAHASAN AKM KHUSUS KELAS 8 SMP LIHAT DISINI


SOAL NUMERASI

·         Memahami sifat-sifat bangun datar dan hubungan antara bangun datar serta serta dapat  menggunakan  Teorema Pythagoras (11 Soal) - (DISINI)

·         Menghitung volume bangun ruang dan luas permukaan(balok, kubus, prisma segitiga, tabung, dan bentuk kompositnya). (10 Soal) -(DISINI)

·         Menyelesaikan pertaksamaan linier 1 variabel atau sistem persamaan linear 2 variabel. (5 Soal)  -(DISINI)

·         Memahami pola pada barisan bilangan dan konfigurasi obyek (5 Soal)  -(DISINI)

·         Memahami fungsi linier dan grafiknya, serta sifat-sifatnya. (6 Soal)  -(DISINI)

·         Memecahkan masalah aritmetika sosial yang terkait dengan rasio/persentase. (12 Soal)  -(DISINI)

·          Menentukan dan menggunakan mean, median, dan modus. (11 Soal)  -(DISINI)

·         Menghitung peluang kejadian sederhana. (7 Soal)  -(DISINI)


SOAL LITERAKSI FIKSI

·         Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)  -(DISINI)

·         Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)  -(DISINI)

·          Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)  -(DISINI)

·         Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)  -(DISINI)

·         Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)  -(DISINI)


SOAL LITERASI TEKS INFORMASI

·         Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)  -(DISINI)

·         Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)  -(DISINI)

·          Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)  -(DISINI)

·         Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal)  -(DISINI)

·         Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)  -(DISINI)

·          Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (5 Soal)  -(DISINI)

·         Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)  -(DISINI)

·         Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)  -(DISINI)

·         Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)  -(DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh soal AKM online kelas 7 dan kelas 8 (Level 4) yang bisa saya bagikan kepada pembaca setia blog kherysuryawan.id semoga melalui postingan ini maka anda bisa mendapatkan tambahan pengetahuan tentang soal-soal AKM khususnya untuk jenjang SMP.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel