Download Aplikasi EDS PMP 2020 Covid-19

Kherysuryawan.id – Rilis Aplikasi EDS 2020 Covid-19 dan Panduan Penggunaan aplikasi PMP/EDS versi 2020 covid-19 Terbaru.

Mendengar tentang aplikasi PMP maka sebagai seorang operator sekolah, guru, kepala sekolah dan siswa maka tentunya aplikasi ini sudah bukan lagi sebagai barang baru melainkan sudah menjadi langganan tahunan untuk di kerjakan oleh pihak sekolah yang dalam hal ini sebagai responden dalam pengisian aplikasi PMP.

 

Seperti kita ketahui bahwa di setiap tahun sekolah di haruskan untuk bisa melakukan pengisian kuesioner pada aplikasi penjaminan mutu Pendidikan (PMP) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemajuan pendidikan yang ada di setiap masing- masing sekolah. Nantinya bagi sekolah yang telah berhasil melakukan pengisian kuesioner PMP dan juga telah mengikuti semua prosedur atau tahapan dalam mengerjakan aplikasi PMP maka akan mendapatkan nilai rapor PMP yang bisa menjadi acuan dalam mengetahui mutu Pendidikan di sekolah tersebut.

 


Di tahun 2019 banyak sekali masalah yang di keluhkan oleh para operator PMP sekolah ketika akan melakukan proses pengisian kuesioner hingga proses sinkronisasi PMP. Hal tersebut bukan hanya di rasakan oleh operator saja melainkan semua yang terlibat di dalamnya juga harus berjuang untuk bisa membantu keberhasilan dalam mengerjakan aplikasi PMP di sekolahnya. Dengan adanya kendala dan juga masalah yang di alami oleh sekolah dalam melakukan pengisian pada aplikasi PMP menyebabkan banyak sekali sekolah yang masih belum memiliki nilai rapor PMP tahun 2019.

 

Ditahun 2020 ini direktorat jenderal pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah kembali merilis aplikasi EDS 2020 Covid-19. Aplikasi EDS Covid-19 ini yaitu apikasi yang berbasis computer dan juga perangkat mobile yang mana responden nantinya bisa melakukan akses dengan menggunakan perangkat laptop maupun perangkat mobile dalam mengerjakan kuesioner atau EDS 2020. EDS versi 2020 ini mengikuti perkembangan yang terjadi saat ini dimana Indonesia saat ini sedang mengalami wabah pendemi covid 19 sehingga aplikasi PMP versi 2020 ini juga di beri nama aplikasi EDS 2020 covid-19.

 

Khusus untuk pengisian pada aplikasi PMP 2020 ini yaitu bertujuan untuk :

·         Melalukan pemetaan kondisi mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19

·         Memberikan rekomendasi dan tindak lanjut bagi satuan pendidikan di masa pandemi

Sasaran pengumpulan data mutu menggunakan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 adalah satuan pendidikan SD, SMP, SMA, SPK, dan SLB. Adapun untuk pengumpulan data mutu satuan pendidikan SMK dikelola oleh Ditjen Vokasi. Untuk kesempatan rilis saat ini Aplikasi EDS 2020 Covid-19 sudah dapat digunakan oleh satuan pendidikan SD, SMP, dan SMA. Untuk satuan pendidikan SPK dan SLB akan diakomodasi pada kesempatan rilis tahap selanjutnya

 

Untuk responden yang akan melakukan pengisian kuesioner pada aplikasi PMP versi 2020 terbaru ini berbeda dengan pengisian pada aplikasi PMP versi sebelumnya. Jika pada aplikasi PMP versi sebelumnya yang menjadi responden adalah kepala sekolah, guru, siswa dan komite maka khusus untuk aplikasi EDS 2020 covid 19 yang akan menjadi responden hanya kepala sekolah dan guru saja sedangkan siswa dan komite sudah tidak lagi menjadi responden. Adapun jumlah responden yang harus mengisi di aplikasi PMP versi 2020 terbaru ini yaitu :

·         1 Responden untuk kepala sekolah jenjang SD,SMP/SMA/SLB

·         8 Responden untuk guru jenjang SD/SLB , meliputi : (Guru kelas, guru agama dan Guru penjas)

·         8 Responden untuk guru jenjang SMP dan SMA , meliputi : (Guru mata pelajaran)

 

Dalam pengisian aplikasi EDS 2020 covid-19 ini responden dapat mengerjakan menggunakan laptop maupun dengan perangkat mobile. Adapun fungsi dari kedua perangkat tersebut dalam menjalankan dan melakukan pengisian aplikasi PMP yaitu sebagai berikut :

Fungsi Aplikasi Mobile

Mobile (OFFLINE SURVEYS)

1.   Instalasi aplikasi via Google Play Store

2.   Pengambilan instrument dari Server

3.   Pengisian instrumen EDS 2020 Covid19 oleh masing-masing Responden

4.   Submit pengisian selesai melalui Smartphone masing-masing

5.   Ekspor hasil pengisian menjadi CSV

6.   Kirim file CSV kepada Operator Sekolah

 

Fungsi Aplikasi Desktop

Desktop (EDS 2020 OFFLINE)

1.   Instalasi Aplikasi

2.   Regitsrasi (Tarik Data Dapodik atau Prefill)

3.   Import File Pengisian EDS via Android

4.   Pilih Kandidat Responden

5.   Pengisian Instrumen EDS 2020*(alternatif)

6.   Cek Progres Pengisian

7.   Hitung Rapor Mutu

8.   Sinkronisasi

Untuk responden yang akan melakukan pengisian pada aplikasi PMP 2020 covid -19 ini dapat memilih menggunakan perangkat laptop ataupun dengan menggunakan perangkat mobile selain itu jumlah responden yang akan mengisi juga akan semakin berkurang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.


Aplikasi EDS 2020 Covid-19 dirilis dalam 2 tahap. Tahap-1 akan dirilis installer dengan fokus tujuan pada pengumpulan data EDS. Tahap-2 akan dirilis patch untuk penghitungan rapor mutu. Berikut daftar pembaruan Aplikasi EDS 2020 Covid-19 pada tahap-1:

·         Pembaruan instrumen tahun 2020

·         Perubahan jenis dan jumlah responden

·         Mekanisme registrasi menggunakan tarik data dari Aplikasi Dapodik Sekolah

·         Import file pengisian instrumen dari Aplikasi Offline Surveys

·         Konfigurasi akses aplikasi EDS menggunakan jaringan lokal/internet


Aplikasi EDS 2020 Covid-19 dirilis dalam bentuk installer. Sekolah wajib melakukan uninstall aplikasi EDS versi sebelumnya terlebih dahulu. Untuk kelancaran installasi dan penggunaan Aplikasi EDS Covid 19 sekolah diharapkan memperhatikan panduan teknis sebagai berikut:

  1. Pastikan Aplikasi Dapodik versi terbaru sudah terinstal.
  2. Hapus/uninstall Aplikasi EDS versi sebelumnya (Aplikasi EDS versi 2020.08.17)
  3. Diharuskan untuk melakukan restart komputer untuk melengkapi proses hapus/uninstall Aplikasi EDS versi sebelumnya.
  4. Instal aplikasi EDS 2020 Covid-19 sampai selesai.
  5. Lakukan registrasi dengan memilih salah satu cara registrasi
    1. Registrasi dengan Dapodik lokal. Proses registrasi ini menarik data dari Aplikasi Dapodik yang terinstal di komputer milik sekolah. Proses registrasi tidak memerlukan koneksi internet (Offline)
    2. Registrasi dengan prefill EDS. Proses registrasi ini mengambil data dari server EDS menggunakan mekanisme prefill. Prefill dapat diunduh pada menu unduhan di laman PMP. Registrasi menggunakan prefill disarankan bagi sekolah yang sudah melakukan sinkronisasi data EDS
  6. Pilih kandidat responden di manajemen pengguna
    1. SD/SLB : 9 responden ( 1 kepala sekolah dan 8 guru)
    2. SMP/SMA : 11 responden (1 kepala sekolah dan 10 guru)
  7. Pengisian instrumen oleh responden dilakukan melalui Aplikasi Offline surveys di ponsel android. Hasil pengisian berupa file DBResult.csv dikirimkan kepada operator sekolah.
  8. Operator sekolah mengunggah/import file DBResult.csv ke Aplikasi EDS 2020 Covid-19. Disarankan setelah proses import selesai melakukan hitung ulang total kemajuan yang ada di beranda.
  9. Operator sekolah memastikan progres data sudah 100% melalui menu hitung kemajuan, kemudian melakukan sinkronisasi data EDS. Sinkronisasi hanya dapat dilakukan setelah hitung kemajuan mencapai 100%.

 

Tahapan rilis aplikasi EDS 2020 ini akan di bagi dalam 2 tahap, yaitu pada tahap 1 dikhususkan untuk aplikasi dalam bentuk installer dan pada tahap ke 2 dikhususkan untuk patch aplikasi atau pengembangan aplikasi).

Bagi anda yang ingin mengetahui tahapan rilis aplikasi EDS 2020 covid-19, maka berikut ini penjelasannya :

TAHAP 1 (INSTALLER: OKTOBER)

·         [Pembaruan] Penambahan Instrumen EDS 2020 kondisi Covid-19 (SD, SMP, SMA)

·         [Pembaruan] Penambahan Registrasi atau Tarik Data dari Dapodik

·         [Pembaruan] menu Upload / Import File Pengisian dari EDS versi Mobile

·         [Perbaikan] Perubahan Jenis dan Jumlah Responden Pengisi Kuisioner

·         [Perbaikan] Pengecekan Progress Pengisian

·         [Perbaikan] Sinkronisasi menyesuaikan perubahan registrasi dan integrasi data dapodik

TAHAP 2 (PATCH: NOVEMBER)

·         [Pembaruan] Penambahan Instrumen EDS 2020 (SLB)

·         [Pembaruan] Menghitung Rapor Mutu menggunakan data Dapodik Lokal

·         [Perbaikan] Sinkronisasi menyesuaikan perubahan/pembaruan

 

Untuk anda operator PMP sekolah, kepala sekolah, dan juga guru maka sebelum mengerjakan EDS 2020 Covid-19, maka anda perlu mengetahui beberapa informasi penting di bawah ini agar nantinya ketika aplikasi EDS 2020 ini rilis maka anda dapat melaksanakan tugas dengan baik khususnya dalam melakukan penginstalan aplikasi PMP hingga pengisian kuesioner PMP versi 2020.

Untuk informasi yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut :

A.   Aplikasi EDS dapat diinstal hanya pada Komputer/Laptop yang sudah terinstal Aplikasi Dapodik dan menyesuaikan dengan kondisi pandemi

B.   Registrasi dilakukan secara Offline dapat menggunakan Data Dapodik Lokal Sekolah maupun dari Server menggunakan Prefill

C.   Pengisian instrumen oleh respoden dianjurkan menggunakan Ponsel Pintar berbasis Android oleh masing-masing responden.

D.  Pengisian dapat dilakukan pada Aplikasi EDS 2020 Offline jika responden tidak memiliki Ponsel/Gawai dengan tetap mengisi sendiri.

E.   Rilis aplikasi akan dilakukan dua tahap, yaitu :

·         Oktober: Tahap I fokus pada pengisian instrumen

·         November: Tahap II fitur penghitungan Rapor Mutu bersumber dari Dapodik Sekolah, Instrumen SLB*

F.   Instrumen disusun untuk jenjang : SD, SMP, dan SMA. Untuk SLB menyusul jika sudah final*.

 

Selanjutnya untuk mekanisme yang harus dilakukan pada tahap 1 dan juga tahap 2, adalah sebagai berikut :

PANDUAN EDS 2020 TAHAP 1

1.   Instalasi EDS 2020 Covid-19 (harus terinstal Dapodik terbaru)

2.   Registrasi/ Tarik Data dari Dapodik

3.   Pilih Kandidat Respoden

4.   Pengisian Instrumen Responden (via Mobile: Offline Surveys)

5.   Pengisian Instrumen Responden (via Desktop: EDS Offline)

6.   Upload/ Impor File Respoden

7.   Cek Progres Pengisian

8.   Sinkronisasi

PANDUAN EDS 2020 TAHAP 2

1.   Update Patch EDS

2.   Cek Isian Responden

3.   Hitung Rapor Mutu

4.   Pakta Integritas Kepsek (Submit)

5.   Sinkronisasi

6.   Hasil Rapor Mutu (Lokal dan Server)

Pada postingan kali ini saya akan membagikan 3 jenis file yang ada hubungannya dengan aplikasi EDS PMP 2020 Covid-19 diantaranya yaitu : Installer Aplikasi EDS 2020 Covid-19, Panduan penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19, dan Panduan aplikasi E-supervisi mutu, Bagi anda yang membutuhkan ke 3 file tersebut, maka silahkan anda dapatkan filenya di bawah ini:

  1. Installer Aplikasi EDS 2020 Covid-19 ( DISINI )
  2. Panduan penggunaan aplikasi EDS 2020 covid-19 ( DISINI )
  3. Panduan aplikasi E-supervisi mutu ( DISINI )

Demikianlah informasi penting yang perlu untuk di ketahui oleh seluruh responden yang akan melakukan pengisian pada aplikasi EDS 2020 covid-19 versi terbaru dan khususnya untuk operator PMP sekolah semoga file aplikasi EDS PMP 2020 dan panduan penggunaannya yang telah saya bagikan di atas dapat membantu dalam memahami informasi penting ini sehingga nantinya OPS dapat menjadi tutor dalam pelaksanaan pengisian dan penginstalan aplikasi baik dengan menggunakan perangkat laptop maupun dengan menggunakan perangkat mobile.

 

Sekian informasi mengenai rilis aplikasi PMP/EDS 2020 Covid-19, semoga nantinya dalam pelaksanaan pengisian aplikasi PMP semuanya bisa berjalan dengan baik dan sukses sehingga semua sekolah dapat memiliki nilai rapor mutu tahun 2020.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel