Cara Mengisi Kuesioner EDS PMP 2020 Covid-19 Menggunakan HP

Kherysuryawan.id – Cara melakukan install aplikasi EDS offline surveys dan mengisi kuesioner PMP dengan menggunakan perangkat mobile atau HP android.

Sahabat guru dan operator dapodik dimanapun berada, seperti kita ketahui bahwa saat ini telah rilis apliakasi EDS PMP 2020 covid-19 yang akan digunakan sebagai perhitungan nilai mutu rapor tahun 2020.

 

Berbeda halnya dengan aplikasi PMP pada tahun sebelumnya dimana jika pada tahun sebelumnya yang menjadi responden dalam pengisian EDS PMP yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan komite sekolah maka untuk EDS PMP 2020 ini yang menjadi responden hanya kepala sekolah dan guru saja, hal ini di akibatnya situasi dimasa pendemi seperti sekarang ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan pengisian kuesioner seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

 

Sebagai informasi pula bahwa untuk pengisian kuesioner PMP EDS 2020 covid-19 ini, selain dapat dikerjakan dengan menggunakan perangkat laptop maka dapat pula di kerjakan dengan menggunakan perangkat mobile (HP android). Bagi anda yang baru pertama kali ingin melakukan pengisian kuesioner dengan menggunakan HP maka tentunya akan bingung cara untuk melakukannya oleh sebab itulah melalui postingan ini saya ingin memberikan informasi kepada anda para guru, kepala sekolah dan operator sekolah untuk mengetahui bagaimana cara dalam melakukan penginstalan aplikasi EDS PMP 2020 di perangkat mobile HP dan cara untuk melakukan pengisian kuesioner PMP di HP.

 

Apabila anda melakukan pengisian EDS PMP 2020 dengan menggunakan HP maka anda bisa mengerjakannya meskipun anda berada di rumah masing-masing dan tidak perlu untuk datang kesekolah sebab hal tersebut dapat dilakukan secara online.

 

Inti dari cara melakukan pengisian EDS PMP 2020 dengan menggunakan perangkat HP yaitu melakukan proses install aplikasi EDS di playstore, kemudian melakukan unduh instrument yang akan diisi nantinya kemudian mengisi instrument tersebut dan terakhir melakukan pengiriman data hasil pengisian instrument EDS PMP 2020.

 

Baiklah untuk mempersingkat waktu maka silahkan simak cara untuk melakukan install aplikasi EDS PMP OFFLINE SURVEYS dan cara melakukan pengisian EDS offline surveys dengan menggunakan perangkat mobile HP android.

1.   Silahkan anda buka aplikasi google Play

2.   Masukkan kata kunci “ offline surveys” pada menu pencarian

3.   Setelah nama aplikasi tersebut di temukan maka lakukan pilih tombol install untuk memulai proses instalasi aplikasi



4.   Setelah aplikasi offline surveys berhasil terinstal di HP anda maka silahkan buka aplikasi tersebut

5.   Lalu lakukan unduh instrument dengan mengklik “Add new survey”



6.   Selanjutnya isikan parameter pada masing-masing kolom yang telah disiapkan dan lanjutkan dengan mengklik tombol “Add Survey”

Keterangan:

- pada kolom “public survey url” isikan dengan kalimat di bawah ini :

  http://in1.pmp.kemdikbud.gp.id/658624 (untuk jenjang SD)

  http://in1.pmp.kemdikbud.gp.id/215561  (untuk jenjang SMP)

  http://in1.pmp.kemdikbud.gp.id/993378 (untuk jenjang SMA)

- pada kolom “limesurvey admin username” isikan dengan kalimat “pmp” (atau pmp01, pmp02, pmp03)

- pada kolom “limesurvey admin password” isikan dengan kalimat “pemetaan 2020”

7.   Setelah instrument berhasil terunduh maka langkah selanjutnya silahkan isi instrument tersebut dengan langkah awal yaitu terlebih dahulu mengisi identitas responden yang meliputi data NPSN sekolah, NUPTK atau NIK, dan isi email sesuai email responden ( harap melakukan pengisian data dengan benar sebab jika ada data yang salah pada saat melakukan pengisian maka dapat berakibat data nantinya akan gagal di impor pada aplikasi EDS PMP



8.   Setelah mengisi data identitas responden maka silahkan lanjutkan dengan mengisi kuesioner EDS lainnya yang meliputi data kompetensi lulusan, isi pendidikan, proses pembelajaran, penilaian pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan.

9.   Setelah semua instrument berhasil diisi maka langkah selanjutnya ialah melakukan pengiriman jawaban yang nantinya hasil jawaban tersebut dikirim ke email.

10. Langkah terakhir ialah operator PMP melakukan upload hasil pengisian EDS PMP.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap tentang cara melakukan install aplikasi EDS PMP offline surveys di perangkat HP hingga cara melakukan pengisian instrumennya maka disini saya juga akan membagikan buku panduan lengkap yang berisi langkah-langkah dalam melakukan penginstalan hingga pengisian EDS PMP offline surveys menggunakan HP.

 

Di dalam buku panduan yang akan saya bagikan tersebut di dalamnya telah dilengkapi dengan gambar yang tentunya akan memudahkan anda dalam memahami setiap alur pengerjaan mulai dari cara menginstal aplikasi offline surveys hingga cara melakukan pengisian instrimen offline surveys.

 

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki buku panduan lengkap cara melakukan penginstalan dan pengisian EDS PMP 2020 (ofline surveys) dengan menggunakan HP maka di bawah ini file yang bisa anda download :

  •  Buku Panduan Mengerjakan PMP menggunakan HP (Disini)

Bagi anda yang juga ingin menggunakan aplikasi EDS terbaru yang dikeluarkan secara resmi dari kemendikbud untuk jenjang SD, SMP, SMA yang dapat dijalankan dengan menggunakan HP Android maka silahkan simak penjelasannya (DISINI)

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk melakukan penginstalan dan pengisian EDS PMP 2020 covid-19 dengan menggunakan perangkat mobile HP android, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang akan melakukan pengisian instrument EDS PMP 2020 baik di sekolah maupun di rumah masing-masing.

Salam Belajar dan Bekerja dari rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel