-->

Cara Mengerjakan Instrumen PMP Menggunakan HP Android

Kherysuryawan.id – Cara menginput jawaban pada instrument EDS PMP covid 19 tahun 2020 dengan menggunakan aplikasi yang bisa digunakan melalui HP android atau smartphone

Sahabat pendidik yang berbahagia, sebagai seorang guru pastinya kita semua pernah mendengar tentang aplikasi PMP yang merupakan sebuah aplikasi yang dikeluarkan oleh kemendikbud yang dalam hal ini adalah pengembang aplikasi PMP pusat yang mana sekolah di wajibkan untuk melakukan pengisian instrument PMP di setiap tahunnya.

 

PMP adalah penjaminan mutu Pendidikan, dengan mengisi instrument PMP maka nantinya sekolah akan mendapatkan yang Namanya rapor mutu PMP yang kegunaannya sangat penting yaitu untuk mengetahui tingkat mutu yang dicapai oleh sekolah tersebut di setiap tahunnya. Dalam melakukan pengisian EDS PMP ada beberapa hal yang perlu untuk di pahami khususnya ialah aplikasi yang akan di gunakan apakah sudah sesuai dengan versi yang berlaku dan yang tak kalah pentingnya juga ialah mengetahui siapa saja yang akan menjadi responden dalam melakukan pengisian instrument PMP.

 

Di tahun 2020 ini khusus untuk aplikasi EDS PMP yang digunakan ialah EDS 2020 Covid19 sedangkan yang menjadi responden untuk masing-masing jenjang sekolah ialah hanya kepala sekolah, dan guru saja. Berbeda halnya dengan tahun-tahun sebelumnya yang mana pada tahun sebelumnya yang menjadi responden ialah kepala sekolah, guru, siswa dan komite sedangkan sekarang hanya difokuskan untuk guru dan kepala sekolah saja dan di sesuaikan dengan keadaan saat ini.

 

Perlu di katahui pula bahwa dengan adanya pendemi covid 19 seperti saat ini banyak sekolah yang melakukan system pembelajaran jarak jauh sehingga guru, siswa dan kepala sekolah mau tak mau harus belajar dan mengajar dari rumah masing-masing. Dengan adanya kejadian tersebut maka untuk memudahkan guru -guru dalam melakukan pengisian EDS PMP 2020 maka pihak kemendikbud telah mengeluarkan sebuah aplikasi EDS yang tujuannya adalah untuk membantu para guru maupun kepala sekolah yang tidak bisa melakukan pembelajaran tatap muka namun masih tetap bisa mengerjakan EDS PMP di tahun 2020 ini.

 

Adapun aplikasi yang dimaksud ialah aplikasi yang dapat digunakan dan dijalankan melalui HP android sehingga meskipun guru-guru dan kepala sekolah berada di rumah namun masih tetap bisa melakukan pengisian EDS PMP 2020 dengan menggunakan HP android.

 

Lantas bagaimana cara untuk melakukan pengisian EDS PMP 2020 dengan menggunakan HP android ???

Untuk mengetahui penjelasan mengenai bagaimana cara untuk melakukan pengisian EDS PMP 2020 dengan menggunakan HP android, maka berikut ini penjelasannya.

 

Langkah penting yang harus dipahami ketika akan melakukan pengisian EDS PMP dengan menggunakan HP android ialah :

·         Melakukan unduh aplikasi instrument EDS di play store



·         Mengisi instrument EDS

·         Setelah selesai melakukan pengisian EDS maka melakukan kirim data jawaban ke operator sekolah (file/data dapat dikirim melalui email atau WhatsApp)

·         Operator melakukan upload file CSV ke aplikasi EDS 2020 dengan menggunakan laptop / computer

·         Selesai.

 

Adapun cara melakukan pengisian EDS dengan menggunakan HP android yaitu sebagai berikut :

1.   MEMULAI APLIKASI

-          Dari menu icon di handphone temukan icon Instrumen EDS. Tap (klik) icon tersebut untuk memulai aplikasi



-          Aplikasi akan menampilkan splash screen dan menyiapkan instrumen. Pilih allow/izinkan jika ada notifikasi permohonan akses data

2.   MEMULAI PENGISIAN EDS

-          Aplikasi menampilkan Deskripsi Intrumen dan Responden siap untuk mulai mengisi instrumen EDS 2020

-          Pada bagian bawah aplikasi, terdapat informasi jumlah pertanyaan dan untuk memulai pengisian kuesioner terdapat tombol panah berwarna hijau Yang memiliki fungsi menuju ke halaman atau keusioner selanjutnya.

-          Klik atau Tap tombol tersebut maka tampilan akan berpindah ke halaman atau pertanyaan selanjutnya.

-          Pada halaman-halaman selanjutnya, Aplikasi menampilkan pertanyaan dan pilihan/isian yang harus dijawab oleh responden.

-          Setelah mengisi jawaban, untuk melanjutkan ke pertanyaan berikutnya, klik/tap tombol panah hijau arah kanan (icon tombol selanjutnya)

-          Jika ingin kembali ke pertanyaan sebelumnya, Klik/tap tombol panah hijau arah kiri (icon tombol kembali)

-          Jika ingin menyimpan jawaban, klik/tap tombol simpan

3.   PENGISIAN DATA IDENTITAS



Adapun data identitas yang perlu diisi adalah :

-          NPSN

-          NUPTK / NIK

-          EMAIL ( untuk guru gunakan email yang digunakan di dapodik, sedangkan untuk kepala sekolah gunakan email akun dapodik)

4.   PENGISIAN WAJIB

-          Seluruh instrumen wajib diisi oleh responden, jika terdapat butir pertanyaan yang belum diisi maka responden tidak dapat melanjutkan ke pertanyaan berikutnya. Pada Aplikasi akan diberi peringatan tanda merah terhadap jawaban wajib diisi namun belum diisi oleh responden.

-          Tanda blok merah menunjukkan instrumen yang belum diisi.

5.   MENYIMPAN JAWABAN

-          Aplikasi tidak secara otomatis menyimpan jawaban. Jawaban akan tetap ada selama aplikasi berjalan.

-          Untuk menyimpan jawaban klik/tap tombol simpan. pada saat akan menyimpan akan Tampil menu konfirmasi Pilih “Ya” untuk menyimpan

-          Dianjurkan menyimpan jawaban secara berkala untuk kepentingan melanjutkan pengisian pada waktu yang akan datang.

6.   MENGIRIM JAWABAN INSTRUMEN

-          Setelah semua isian instrumen selesai terisi maka akan tampil halaman akhir, dan akan Terdapat tombol Kembali dan Kirim.

-          Tombol kirim digunakan untuk mengirim jawaban instrumen ke operator melalui media sosial sehingga dapat di import ke Aplikasi EDS Desktop di sekolah, sedangkan Tombol Kembali digunakan untuk melihat atau memperbaiki kembali isian instrumen sebelumnya.

 

Demikianlah tahapan yang harus dilakukan oleh guru dan kepala sekolah yang akan melakukan pengisian instrument EDS PMP 2020 dengan menggunakan HP android. Apabila penjelasan diatas masih kurang jelas maka pada postingan ini saya juga akan membagikan buku panduan mengerjakan EDS PMP menggunakan HP android dalam bentuk file yang mana di dalam file buku panduan tersebut telah filengkapi dengan gambar-gambar yang tentunya akan memudahkan anda dalam memahami penjelasan yang di maksud.

 

Berikut ini file buku panduan pengisian instrument EDS PMP 2020 dengan menggunakan HP android yang bisa anda miliki di bawah ini :

  • Buku Panduan penggunaan Aplikasi EDS Android (Disini)

Demikianlah postingan kali ini, semoga apa yang telah saya sampaikan di atas dapat membantu para guru dan semua responden yang akan melakukan pengisian pada instrument PMP.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel