Materi PAI Kelas 9 Semester 1&2 Kurikulum 2013 Lengkap

Kherysuryawan.id – Materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Terbaru untuk pembelajaran di semester 1 dan semester 2.

Sahabat pendidikan dimanapun anda berada, postingan kali ini akan membahas mengenai rincian materi yang akan di ajarkan atau di pelajari pada mata pelajaran pendais di kelas 9 SMP untuk sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013.

 


Saat ini kurikulum 2013 sudah menjadi kurikulum nasional olehnya itu tentunya semua sekolah telah menerapkan yang Namanya kurikulum 2013. Pada kurikulum 2013 buku pelajaran menjadi salah satu sarana yang sangat penting dalam menunjang kelancaran proses pembelajaran di sekolah. Apalagi dimasa pandemic maka tentunya guru dan siswa sangat membutuhkan sarana berupa buku pelajaran yang bisa digunakan untuk membantu dalam proses belajar mengajar.

 

Dengan adanya buku paket pelajaran maka guru dan siswa bisa mengetahui jenis atau rincian materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran tersebut. Sebagai contoh pada mata pelajaran Pendidikan agama islam dan  budi pekerti maka jika siswa dan guru telah memiliki buku paket masing-masing maka siswa dan guru akan mudah dalam mengetahui apa-apa saja materi yang nantinya akan di pelajari.

 

Meskipun demikian tentunya tidak semua sekolah telah menyediakan buku pembelajaran kurikulum 2013 secara lengkap, apalagi jika sekolah yang berada di tepat terpencil. Namun tenang saja sebab melalui postingan ini saya akan membagikan uraian metari pelajaran yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas 9 SMP mulai dari materi semester 1 hingga materi semester 2.

 

Kita ketahui Bersama bahwa saat ini untuk buku paket kurikulum 2013 khususnya buku guru dan juga buku siswa Pendidikan agama islam untuk kelas 9 SMP yaitu menggunakan buku kurikulum 2013 revisi 2018. Buku PAI kelas 9 SMP revisi 2018 merupakan buku versi terbaru yang saat ini digunakan oleh semua sekolah dalam pembelajaran di kelas 9 SMP.

 

Bagi anda baik guru maupun guru dan yang saat ini sedang belajar di rumah maupun di sekolah namun belum memiliki buku guru maupun buku siswa Pendidikan agama islam kelas 9 SMP maka melalui postingan ini anda bisa mengetahui uraian lengkap isi materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PAI di kelas 9 kurikulum 2013 revisi terbaru.

 

Postingan ini sengaja dibuat untuk bisa membantu para guru dan siswa dalam memudahkan untuk melihat jenis-jenis materi yang akan di pelajari pada mapel PAI dan budi pekerti kelas 9 SMP. Jika anda merasa bahwa anda sulit untuk mendapatkan materi pada buku paket kurikulum 2013 kelas 9 revisi 2018 maka disini anda akan mudah untuk mengetahui materinya secara lengkap.

 

Pada materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 9 SMP berisikan 13 BAB yang akan di pelajari namun ke 13 BAB tersebut telah termasuk materi yang akan di pelajari pada semester 1 hingga semester 2. Untuk memudahkan anda dalam mengetahui rincian materi yang akan di pelajari pada semester 1 dan semester 2 maka khusus untuk semester 1 materi yang akan di ajarkan yaitu mulai dari BAB 1 hingga BAB 7 sedangakn pada semester 2 yaitu mulai dari BAB 8 hingga BAB 13.

 

Baiklah untuk lebih lengkapnya mengenai isi materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 9 kurikulum 2013 mulai dari semester 1 hingga semester 2, maka berikut ini rincian lengkapnya :


MATERI PAI KELAS 9 SEMESTER 1

BAB 1 MEYAKINI HARI AKHIR, MENGAKHIRI KEBIASAAN BURUK

-          Pengertian Hari Akhir dan Macam-macam Kiamat

-          Kejadian Kiamat Kubra

RANGKUMAN MATERI PAI BAB 1 LENGKAP (DISINI)


BAB 2 JUJUR DAN MENEPATI JANJI

-          Memahami Perilaku Jujur

-          Memahami Perilaku Menepati Janji

BAB 3 MENUAI KEBERKAHAN DENGAN RASA HORMAT DAN TAAT KEPADA ORANG TUA DAN GURU

-          Hormat dan Sayang kepada Kedua Orang Tua dan Guru

-          Taat Kepada Orang Tua dan Guru

BAB 4 ZAKAT FITRAH DAN ZAKAT MAL

-          Zakat Fitrah

-          Zakat Mal

BAB 5 DAHSYATNYA PERSATUAN DALAM IBADAH HAJI DAN UMRAH

-          Ibadah Haji

-          Ibadah Umrah

-          Hikmah Haji dan Umrah

BAB 6 KEHADIRAN ISLAM MENDAMAIKAN BUMI NUSANTARA

-          Alur Perjalanan Dakwah di Nusantara

-          Cara-cara Dakwah di Nusantara

-          Kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara

BAB 7 MERAIH KESUKSESAN DENGAN OPTIMIS, IKHTIAR, DAN TAWAKAL

-          Mari Membaca Q.S. Az-Zumār/39:53; AnNajm/53:39-42; dan ‘Ali ‘Imran/3:159

-          Memahami Hukum Bacaan Qalqalah

-          Mari Belajar Mengartikan Q.S. Az-Zumār/39: 53; An-Najm/53:39-42; dan ‘Ali ‘Imran/3:159

-          Memahami Kandungan Q.S. Az-Zumār/39:53; An-Najm/53:39-42; dan ‘Ali ‘Imran/3:159

 

MATERI PAI KELAS 9 SEMESTER 2

BAB 8 BERIMAN KEPADA QA«±' DAN QADAR BERBUAH KETENANGAN HATI

-          Pengertian Qada', Qadar, dan Takdir

-          Takdir Mualla dan Takdir Mubram

-          Dahsyatnya Manfaat Beriman kepada Qada' dan Qadar

BAB 9 MENGASAH PRIBADI YANG UNGGUL DENGAN TATA KRAMA, SANTUN, DAN MALU

-          Tata Krama

-          Santun

-          Malu

BAB 10 MENYAYANGI BINATANG DALAM SYARIAT PENYEMBELIHAN

-          Ketentuan Penyembelihan Hewan

-          Tata Cara Penyembelihan

BAB 11 AKIKAH DAN KURBAN MENUMBUHKAN KEPEDULIAN UMAT

-          Akikah

-          Kurban

BAB 12 MENELUSURI TRADISI ISLAM DI NUSANTARA

-          Tradisi Nusantara Sebelum Islam

-          Akulturasi Budaya Islam

-          Melestarikan Tradisi Islam Nusantara

BAB 13 MENYUBURKAN KEBERSAMAAN DENGAN TOLERANSI DAN MENGHARGAI PERBEDAAN

-          Mari Membaca Q.S. Al-Hujurat/49:13

-          Memahami Tajwid tentang Tanda Waqaf

-          Mari Belajar Mengartikan Q.S. Al-Hujurat/49: 13

-          Memahami Kandungan Q.S. Al-Hujurat/49:13


Semoga penyampaian diatas mengenai isi dari materi pelajaran pada mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 9 semester 1 dan semester 2, bisa membantu para pendidik dan siswa untuk mengetahui jenis materi yang akan di pelajari nantinya di kelas 9 SMP. Jadikanlah postingan ini untuk membantu anda dalam belajar serta jangan lupa untuk mencari referensi lainnya yang membahas tentang semua isi materi yang telah disampaikan pada postingan tersebut diatas.

 

Sekian yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga materi pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 9 semester 1 dan semester 2 kurikulum 2013 tersebut bisa membantu anda dalam belajar dan mengajar baik di sekolah maupun dirumah.

Sekian dan Terimakasih, Wasalam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel