-->

3 Cara Input Nilai Rapor, US dan USBN di Dapodik 2021

Kherysuryawan.id – langkah-langkah mengisi nilai semester atau nilai rapor, nilai ujian sekolah (US), nilai ujian sekolah berbasis nasional (USBN) di dapodik versi 2021.

Sahabat pendidik yang berbahagia selamat berjumpa kembali di blog Pendidikan ini, dan pada kesempatan kali ini saya akan kembali membagikan sebuah informasi penting bagi para guru, operator dapodik sekolah yang terlibat dalam proses penginputan nilai rapor ke dalam aplikasi dapodik.

 


Seperti kita ketahui bahwa untuk aplikasi dapodik yang digunakan saat ini yaitu aplikasi dapodik versi 2021 dan akan terus diupdate sesuai dengan pembaharuan terbaru yang akan selalu diupdate oleh tim pengembang aplikasi dapodik pusat. Perlu anda ketahui bahwa di dalam aplikasi dapodik terdapat menu input nilai yang tujuannya adalah untuk melakukan proses penginputan nilai oleh guru kedalam aplikasi dapodik.

 

Adapun jenis nilai yang harus diinputkan yaitu nilai semester yang ada di rapor mulai dari semester ganjil hingga semester genap, nilai ujian sekolah (US) dan juga nilai ujian sekolah berbasis nasional (USBN). Meskipun demikian sekolah harus menyesuaikan dengan proses penilaian yang ada di sekolahnya masing-masing jika memang tidak dilakukan US atau USBN maka penginputan untuk kedua nilai tersebut tidak perlu dilakukan namun jika di sekolahnya melakukan proses penilaian tersebut maka wajib untuk melakukan penginputan nilainya kedalam aplikasi dapodik.

 

Selain guru, wali kelas maka orang yang memegang peranan yang sangat penting dalam proses penginputan nilai ini yaitu  adalah operator dapodik sekolah. Seorang operator dapodik sekolah harus bisa memahami aturan dan alur dalam proses penginputan nilai kedalam aplikasi dapodik sebab operator dapodik menjadi inti dalam kelancaran proses penginputan nilai kedalam aplikasi dapodik.

 

Meskipun demikian bukan berarti juga bahwa yang harus melakukan penginputan nilai semuanya dilakukan oleh operator dapodik sekolah, melainkan operator dapodik sekolah hanya sebagai pemandu dan membantu dalam kelancaran proses penginputan nilai rapor kedalam aplikasi dapodik. Tugas penginputan nilai rapor kedalam aplikasi dapodik tentunya ialh tugas masing-masing guru atau wali kelas dan tentunya butuh kerjasama antara guru, wali kelas dan operator dapodik sekolah agar semuanya bisa terlaksana dengan baik dan lancar.

 

Apakah nilai rapor di setiap semester harus dan wajib untuk diisi atau diinputkan kedalam aplikasi dapodik ???

Jawabannya ialh tentu saja harus dan wajib. Jika sekolah ingin melihat data dapodiknya sempurna maka pengisian nilai rapor kedalam aplikasi dapodik harus di lakukan oleh pihak sekolah yang dalam hal ini adalah guru mata pelajaran dan di bantu oleh wali kelas serta operator dapodik sekolah tentunya yang menjadi admin dalam kelancaran proses penginputan nilai kedalam aplikasi dapodik.

 

Sering kali didapati ada sekolah yang cuek dalam memasukkan nilai rapor kedalam aplikasi dapodik padahal tugas tersebut sangat penting sekali untuk dilakukan demi menjaga keakuratan data di dalam aplikasi dapodik sekolah, sebagai operator dapodik sekolah maka perlu sekali untuk memperhatikan hal ini agar di setiap semester bisa menyampaikan kepada setiap gurunya agar bisa melakukan penginputan nilai rapor kedalam aplikasi dapodik sehingga nantinya jika di haruskan maka sudah tidak lagi menjadi beban di tahun pelajaran berikutnya.

 

Lantas bagaimana cara untuk melakukan pengisian nilai rapor, nilai US, dan nilai USBN kedalam aplikasi dapodik ???

Melalui postingan ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana mudahnya untuk melakukan proses penginputan nilai kedalam aplikasi dapodik. Proses pengisian nilai rapor kedalam aplikasi dapodik dapat dilakukan baik dengan mengisi langsung menggunakan aplikasi dapodik maupun dapat juga dilakukan tanpa harus langsung diinput kedalam aplikasi dapodik melainkan dengan bantuan aplikasi erapor.

 

Jika di sekolah anda menggunakan aplikasi erapor maka anda akan sangat mudah dalam melakukan pengisian nilai rapor kedalam aplikasi dapodik sebab anda tidak akan lagi kerja dua kali melainkan anda hanya perlu melakukan penginputan di erapor saja dan selebihnya nanti cukup operator dapodik sekolah yang menyelesaikan tahapan selanjutnya agar nilai bisa langsung terinput kedalam aplikasi dapodik.

 

Jika anda menggunakan aplikasi dapodik dalam melakukan input nilai rapor maka anda pun bisa melakukannya dengan menggunakan 2 cara, yaitu baik cara langsung kedalam aplikasi dapodik maupun dengan cara melakukan penginputan di luar aplikasi dapodik dan kemudian melakukan pengiriman data nilai keaplikasi dapodik.

 

Perlu dipahami sekali lagi yah bahwa untuk melakukan penginputan nilai rapor di dapodik bukan dilakukan oleh operator dapodik sekolah melainkan harus dilakukan oleh guru mata pelajaran masing-masing dan operator dapodik sekolah hanya bisa memberi bimbingan saja sehingga bagi guru yang akan melakukan input nilai rapor maka guru harus login ke aplikasi dapodik dengan menggunakan akun guru masing-masing.

 

Untuk lebih jelasnya mengenai bagaimana cara untuk melakukan input nilai rapor kedalam aplikasi dapodik versi 2021, maka berikut ini penjelasan lengkapnya :

 

Berikut ini 3 cara mudah untuk melakukan pengisian nilai rapor, nilai ujian sekolah (US) dan nilai ujian sekolah berbasis nasional (USBN) kedalam aplikasi dapodik versi 2021.

 

# CARA 1

Pada cara pertama ini yaitu anda dapat melakukan input nilai rapor langsung di dalam aplikasi dapodik dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1.   Silahkan login ke aplikasi dapodik menggunakan akun guru mata pelajaran

2.   Klik menu “Nilai”

3.   Pilih nilai rapor atau nilai USBN yang akan anda input

4.   Pilih tahun pelajaran

5.   Pilih rombel (rombel yang akan muncul sudah di sesuaikan dengan rombel yang di ajar oleh guru mata pelajaran)

6.   Selanjutnya akan muncul nama mata pelajaran yang di ajar oleh guru yang bersangkutan

7.   Selanjutnya untuk memunculkan menu input nilai maka silahkan klik nama mata pelajaran yang akan diinputkan nilainya

8.   Maka akan muncul kolom nilai pengetahuan dan nilai keterampilan



9.   Lakukan penginputan nilai ke setiap mata pelajaran

10. Selesai

 

# CARA 2

Pada cara kedua ini untuk melakukan penginputan nilai rapor kedalam aplikasi dapodik dapat dilakukan dengan cara melakukan download file ekspor impor yang mana nantinya nilai rapor dapat dimasukkan secara manual ke file yang telah didownload dan bahkan cara ini dapat dilakukan dirumah masing-masing tanpa harus di kerjakan di sekolah untuk mengetahui caranya ialah sebagai berikut :

1.   Login ke aplikasi dapodik

2.   Silahkan Klik menu Nilai

3.   Pilih Rapor



4.   Pilih semester dan rombel yang akan anda isikan data nilainya

5.   Kemudian akan muncul data mata pelajaran sesuai dengan rombel dan semester yang anda pilih tadi

6.   Selanjutnya silahkan lakukan Klik 2 kali pada mata pelajaran yang akan anda eksport nilainya

7.   Kemudian akan muncul data peserta didik

8.   Klik Tombol Export Import berwarna ungu yang berada di bagian atas kanan

9.   Pilih Unduh Format Excel untuk Import (seperti pada gambar di bawah ini)



10. Selanjutnya format isian nilai rapor dalam format excel akan secara otomatis terunduh dalam PC anda

11. Bukalah format excel untuk import nilai tadi

12. Isikan data KKM, nilai Pengetahuan, nilai Ketrampilan dengan cara menyalinnya dari daftar nilai yang sudah anda siapkan

13. Untuk memasukkan nilai tersebut kedalam aplikasi dapodik maka Klik Tombol Export Import 

14. Pilih Import dari Excel

15. Pilih file format excel nilai yang sudah anda isi tadi dengan cara Klik tombol Pilih Excel

16. Setelah file excel dipilih, Klik Tombol Import

17. Tunggu sampai proses import nilai berhasil dilakukan

18. Selesai.

 

#CARA 3

Untuk melakukan input nilai kedalam aplikasi dapodik dengan menggunakan cara ketiga ini yaitu anda tidak perlu lagi repot-repot melakukan penginputan nilai kedalam aplikasi dapodik secara manual seperti pada cara ke 1 dan cara ke 2 diatas, melainkan anda cukup melakukan penginputan nilai di aplikasi erapor (jika sekolah anda sudah menggunakan aplikasi erapor dari kemendikbud) dan setelah anda selesai melakukan penginputan nilai dari erapor maka tugas selanjutnya untuk bisa memasukkan nilai tersebut kedalam aplikasi erapor dapat di kerjakan oleh operator dapodik sekolah yaitu dengan cara operator dapodik melakukan syncronisasi nilai dari erapor ke dapodik maka nantinya jika telah berhasil di sinkronisasi maka nilai akan secara otomatis masuk kedalam aplikasi dapodik.

 

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai 3 cara yang dapat anda pilih untuk bisa melakukan penginputan nilai rapor kedalam aplikasi dapodik, semoga informasi yang saya berikan ini bisa menjadi bermanfaat baik bagi operator dapodik sekolah, guru, siswa dan siapapun yang terlibat dengan tugas ini.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel