15 Cara Mudah Kirim Nilai eRapor Kedalam Aplikasi Dapodik


Kherysuryawan.id – Langkah untuk melakukan syncronisasi atau kirim nilai dari aplikasi erapor SD,SMP,SMA ke dalam aplikasi dapodik.
Sahabat operator yang berbahagia, pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial yaitu berupa penjelasan mengenai bagaimana cara untuk mengirim nilai yang telah di input pada aplikasi erapor agar dapat masuk kedalam aplikasi dapodik.

Perlu anda ketahui bahwasannya aplikasi erapor sudah terhubung dengan aplikasi dapodik artinya bahwa data yang dari dapodik dapat langsung di Tarik kedalam aplikasi erapor, begitu juga sebaliknya data nilai yang telah di input dari aplikasi erapor sudah dapat langsung di kirim nilainya kedalam aplikasi dapodik dengan menggunakan system kirim nilai atau syncronisasi nilai.
Untuk melakukan pengiriman nilai dari aplikasi erapor menuju ke aplikasi dapodik dapat dilakukan secara offline tanpa menggunakan jarigan, namun data nilai yang akan masuk ke dalam aplikasi dapodik wajib untuk dilakukan syncronisasi menggunakan aplikasi dapodik secara online agar data nilai yang tadinya telah dikirim secara offline dari aplikasi erapor dapat masuk kedalam aplikasi dapodik.

Sebelum adanya aplikasi erapor dahulu masih benyak operator dapodik yang harus menginputkan nilai semester secara menual kedalam aplikasi dapodik, namun seiring berkembangnya teknologi maka dengan adanya aplikasi erapor membuat operator dapodik tidak perlu lagi melakukan penginputan nilai secara menual melainkan cukup melakukan pengiriman nilai dari aplikasi erapor menuju ke aplikasi dapodik.

Saat ini hampir semua sekolah di Indonesia telah menggunakan aplikasi erapor mulai dari jenjang SD, SMP, SMA hingga SMK. Dengan adanya erapor maka proses pemberian nilai kepada setiap peserta didik juga sudah semakin mudah untuk di lakukan, karena   proses penginputan nilai di aplikasi erapor dapat dilakukan secara bersama-sama oleh masing-masing guru mata pelajaran.
Bagi anda yang sudah menggunakan aplikasi erapor di sekolahnya namun belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan pengiriman nilai dari aplikasi erapor menuju ke aplikasi dapodik, maka pada postingan ini saya akan memberikan penjelasannya.

Adapun cara untuk melakukan kirim nilai dari aplikasi erapor ke apikasi dapodik yang akan saya jelaskan disini dapat dilakukan pada aplikasi erapor SD maupun aplikasi erapor SMP dan SMA/SMK.
Berikut ini 15 langkah cara cepat dan mudah untuk mengirim nilai dari aplikasi erapor kedalam aplikasi dapodik.
1.   Silahkan anda login kedalam aplikasi erapor SD, SMP, SMA/SMK
2.   Untuk pilihan login silahkan anda login dengan menggunakan akun admin
3.   Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan menu pada aplikasi erapor SD maupun erapor SMP
4.   Pada menu erapor SD silahkan anda klik menu “Syncron nilai dapodik” sedangkan pada menu erapor SMP silahkan anda klik menu “Kirim Nilai ke dapodik”
5.   Selanjutnya silahkan anda klik tulisan “ cek dan ambil nilai siswa yang akan dikirim”
6.   Sebelum anda melakukan pengiriman nilai maka anda harus memastikan bahwa seluruh nilai telah terisi dengan baik dan benar pada aplikasi erapor
7.   Selanjutnya Tunggu proses pengecekan nilai erapor yang akan dikirim ke dapodik sampai selesai
8.   Apabila proses pengecekan seluruh data nilai telah selesai, maka nanti akan muncul tuisan syncronisasi nilai kedapodik.
9.   Silahkan klik tulisan “ syncronisasi nilai kedapodik” yang terdapat di bagian bawah ujung sebelah kanan
10. Selanjutnya silahkan anda tunggu proses pengiriman data nilai dari erapor kedapodik
11. Apabila telah muncul pemberitahuan bahwa proses syncronisasi nilai kedapodik selesai, maka itu artinya nilai telah terkirim keaplikasi dapodik
12. Untuk bisa melihat nilai yang telah terkirim kedalam aplikasi dapodik, maka langkah selanjutnya adalah silahkan anda login ke dalam aplikasi dapodik
13. Langkah selanjutnya lakukan validasi seluruh data agar dapat melakukan proses syncronisasi
14. Silahkan anda lakukan syncronisasi dapodik dengan catatan laptop harus terhubung dengan jaringan internet
15. Apabila syncronisasi selesai, silahkan anda cek nilai yang telah terkirim.

Demikianlah tahapan langkah-langkah dalam melakukan pengiriman data nilai dari aplikasi erapor ke dalam alplikasi dapodik. Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi anda khususnya operator dapodik dan erapor yang tentunya akan sangat membutuhkan informasi ini.
Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "15 Cara Mudah Kirim Nilai eRapor Kedalam Aplikasi Dapodik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel