Materi PPKN Kelas 11 SMA Semester 1&2 Kurikulum 2013

Kherysuryawan.id – Materi pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 11 kurikulum 2013 semester 1 dan semester 2 Revisi Terbaru.

Sahabat Pendidikan, pada postingan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai uraian materi pelajaran yang terdapat pada mata pelajaran PKN untuk jenjang Sekolah menengah atas (SMA) khususnya kelas 11 kurikulum 2013.

 


Pada sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 maka pastinya pembelajarannya pun akan menggunakan buku paket kurikulum 2013. Dalam pembelajaran kurikulum 2013 sekolah pastinya mengenal 2 jenis buku yang sangat penting baik untuk guru maupun untuk peserta didik. Yang pertama untuk guru dan di sebut dengan buku guru sedangkan yang kedua yaitu buku untuk siswa yang di beri nama buku siswa kurikulum 2013.

 

Setiap mata pelajaran yang telah menggunakan kurikulum 2013 maka semuanya telah memiliki buku paket kurikulum 2013 secara lengkap mulai dari buku guru hingga buku siswa. Hanya saja yang menjadi persoalan terkasang masih banyak sekolah yang belum menyiapkan buku dan sarana yang lengkap yang bisa menunjang proses pembelajaran menjadi lancar.

 

Buku paket menjadi sebuah sarana pembelajaran yang sangat penting dan sebagai contoh salah satunya ialah dalam pembelajaran PKN dimana jika siwa dan guru tidak memiliki buku paket maka mereka tidak akan bisa memahami materi apa yang akan di pelajari pada mata pelajaran tersebut. Oleh sebab itu buku sangat penting untuk dimiliki oleh siswa dan guru baik di sekolah maupun di rumah.

 

Pada pembelajaran PPKN maka bagi anda yang mungkin belum memiliki buku paket PKN kurikulum 2013 khusus untuk kelas 11 SMA maka anda pastinya tidak bisa mengetahui urutan materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran tersebut, oleh sebab itu maka disini saya akan membagikan urutan lengkap materi pelajaran yang ada pada mata pelajaran PKN di kelas 11 SMA.

 

Adapun materi PKN kelas 11 SMA yang akan saya sampaikan disini ialah materi PPKN untuk kelas 11 semester 1 dan juga materi PPKN kelas 11 untuk semester 2 kurikulum 2013. Untuk materi yang akan saya sampaikan disini yaitu materi yang bersumber dari buku guru dan juga buku siswa PPKN kelas 11 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang mana buku revisi tersebut merupakan buku revisi terbaru yang saat ini digunakan oleh semua sekolah jenjang SMA yang telah menerapkan pembelajaran kurikulum 2013.

 

Mengapa belajar PPKN itu sangat penting bagi peserta didik ???

Ada beberapa hal yang menjadi dasar bahwa belajar PPKN itu sangat penting bagi peserta didik yaitu dengan belajar PKN maka dapat mengembangkan kemampuan peserta didik dalam :

1.   Berpikir kritis, rasional dan kreatif dalam menghadapi berbagai masalah kewarganegaraan

2.   Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, serta bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

3.   Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan pada karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup secara berdampingan dengan sesama

4.   Berinteraksi dengan bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi

Jadi setelah anda mengetahui uraian diatas maka tentunya anda sudah tau bahwa betapa pentingnya untuk belajar PPKN di sekolah untuk bisa di terapkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Kembali lagi pada pokok pembahasan mengenai materi pelajaran PPKN yang ada di kelas 11 maka bagi anda yang membutuhkan uraian materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 11 untuk semester 1 hingga semester 2 kurikulum 2013 maka anda bisa melihat rincian materinya berikut ini :

 

MATERI PPKN KELAS 11 SMA SEMESTER 1

BAB 1 : HARMONISASI HAK DAN KEWAJIBAN ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF PANCASILA

A. Konsep Hak dan Kewajiban Asasi Manusia

B. Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Pancasila

C. Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia

D. Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia (HAM)

BAB 2 : SISTEM DAN DINAMIKA DEMOKRASI PANCASILA

A. Hakikat Demokrasi

B. Dinamika Penerapan Demokrasi Pancasila

C. Membangun Kehidupan yang Demokratis di Indonesia

BAB 3: SISTEM HUKUM DAN PERADILAN DI INDONESIA

A. Sistem Hukum di Indonesia

B. Mencermati Sistem Peradilan di Indonesia

C. Menampilkan Sikap yang Sesuai dengan Hukum

 

MATERI PPKN KELAS 11 SMA SEMESTER 2

BAB 4: DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA

A. Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui Hubungan Internasional

B. Peran Indonesia dalam Menciptakan Perdamaian Dunia melalui Organisasi Internasional

BAB 5: MEWASPADAI ANCAMAN TERHADAP KEDUDUKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIKINDONESIA

A. Menelaah Ancaman terhadap Integrasi Nasional

B. Strategi Mengatasi Berbagai Ancaman terhadap Ipoleksosbudhankam dalam Membangun Integrasi Nasional

BAB 6: MEMPERKUKUH PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA DALAM KONTEKS NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA (NKRI)

A. Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa

B. Kehidupan Bernegara dalam Konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

C. Faktor Pendorong dan Penghambat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

D. Perilaku yang Menunjukkan Sikap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

  • Materi PPKN Kelas 10 Semester 1&2 (DISINI)
  • Materi PPKN Kelas 12 Semester 1&2 (DISINI)

Demikianlah uraian tentang materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran PPKN di kelas 11 SMA semester 1 hingga semester 2 kurikulum 2013 revisi terbaru, semoga postingan ini bisa membantu para guru dan juga siswa yang sedang mencari informasi mengenai materi PPKN untuk kelas 11 SMA khsusnya yang telah menggunakan kurikulum 2013.

 

Apabila anda juga masih membutuhkan informasi lainnya seputar materi pelajaran untuk jenjang SMA pada mata pelajaran lainnya maka jangan sungkan untuk mencari informasinya melalui blog Pendidikan kherysuryawan.id ini sebab di dalam blog tersebut saya telah banyak membagikannya untuk membantu para siswa dan pendidik dalam memperoleh informasi Pendidikan.

Sekian informasi kali ini, dan Terimakasih telah berkenan berkunjung.

Salam Pendidikan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel