Cara Download Rapor Pendidikan Sekolah Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Cara Unduh Rapor Nilai Hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sekolah SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2022.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, Saat ini untuk sekolah yang telah melakukan asesmen nasional maka bisa melihat atau mengetahui hasil penilaian yang di peroleh bagi masing-masing sekolah muali dari sekolah jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA dan jenjang SMK.

 

Adapun rapor penilaian ANBK untuk sekolah yaitu meliputi penilaian pada aspek kompetensi literasi, penilaian pada aspek kompetensi numerasi dan penilaian pada indeks karakter. Nantinya pada dashboard hasil penilaian peserta didik akan tampil beberapa daftar penilaian yang meliputi :

1.   Indikator-indikator utama berdasarkan dari hasil belajar peserta didik

2.   Merupakan daftar indikator yang lebih rinci daripada indikator utama

3.   Menggambarkan sebaran capaian hasil belajar peserta didik.

4.   Menggambarkan perbandingan Satuan Pendidikan di daerah maupun nasional.

 

Rapor pendidikan ini tentunya akan sangat di perlukan oleh sekolah khususnya sebagai bahan refleksi kedepannya sehingga aspek yang dianggap masih kurang atau belum mencapai kompetensi minimum maka dapat ditingkatkan sehingga di tahun-tahun selanjutnya dapat mengalami perubahan kearah yang leboh baik lagi.

 

Sahabat kherysuryawan.id, pada postingan saya sebelumnya telah saya jelaskan tentang apa itu rapor pendidikan dan bagaimana cara untuk bisa melihat atau mengecek rapor pendidikan hasil asesmen yang telah di lakukan di tahun 2021. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih rinci tentang apa itu rapor pendidikan dan apa bedanya antara rapor pendidikan dengan rapor mutu sekolah maka berikut ini penjelasannya :


PERBEDAAN ANTARA RAPOR PENDIDIKAN DENGAN RAPOR MUTU

Rapor mutu adalah instrument penjaminan mutu internal berupa evaluasi diri sekolah, dimana indikatornya mengukur delapan (8) capaian standar nasional. Data rapor mutu bersumber dari dapodik dan juga hasil pengisian (input) langsung oleh satuan pendidikan melalui aplikasi rapor mutu.

 

Rapor pendidikan adalah pengganti rapor mutu, dimana indikatornya disusun berdasarkan indikator input, proses, dan output pendidikan. satuan pendidikan tidak melakukan pengisian data langsung kedalam instrument rapor pendidikan, melainkan data diambil dari sistem yang sudah ada, termasuk dari DAPODIK, SIMPKB, AN (Asesmen Nasional), BPS dan sumber lain yang relevan. Satuan pendidikan hanya di persyaratkan memasukkan data di dapodik dan mengikuti Asesmen Nasional.

 

Berbeda dengan rapor mutu, rapor pendidikan akan digunakan sebagai acuan untuk seluruh bentuk evaluasi sistem pendidikan termasuk refleksi diri sekolah, refleksi diri daerah, akreditasi, dan standar pelayanan minimum.

 

Perlu di ketahui pula bahwa sekolah yang telah memiliki rapor pendidikan tahun 2022 atau hasil dari rapor pengisian asesmen nasional (AN) maka sekolah dapat mendownload atau mengunduh hasil rapor pendidikan tersebut. Nantinya hasil unduhan rapor pendidikan sekolah akan di tampilkan dalam format exel.

 

Bagi anda yang belum mengetahui cara untuk mengunduh rapor pendidikan sekolah tahun 2022, maka melalui postingan ini admin kherysuryawan.id akan memberikan penjelasannya sehingga dapat di jadikan sebagai pegangan dalam melakukan unduh hasil rapor pendidikan sekolah.

 

Baiklah berikut ini cara mendownload atau mengunduh rapor pendidikan hasil asesmen nasional tahun 2022.


CARA UNDUH RAPOR PENDIDIKAN TAHUN 2022

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut : https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app

2.   Klik tombol “Masuk dengan akun belajar.id”



3.   Selanjutnya Pilih akun Google dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.belajar.id (khusus untuk sekolah gunakan akun belajar.id kepala sekolah)

4.   Jika berhasil login, maka anda akan melihat hasil rapor pendidikan sekolah anda (sebagai contoh lihat tampilan gambar di bawah ini )


5.  Untuk mendownload hasil rapor pendidikan sekolah, silahkan klik menu "UNDUH" yang terletak diatas dashboard (seperti tampak pada gambar di bawah ini)



6. Selanjutnya silahkan pilih tahun 2022 dan klik "UNDUH"



7. File akan tersimpan di komputer dalam format exel

8. Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk mendownload atau mengunduh rapor pendidikan tahun 2022 hasil dari pengisian asesmen sekolah. semoga informasi yang admin sampaikan ini senantiasa dapat membantu para pendidik dalam memperoleh rapor pendidikan sekolah masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel