Cara Cek Rapor Asesmen Nasional Sekolah Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Cara Cek Rapor Pendidikan Sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2022.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, telah lama sekolah menanti-nantikan hasil rapor dari pelaksanaan asesmen yang telah di lakukan di tahun sebelumnya dan akhirnya saat ini sekolah sudah bisa mengecek hasil rapor pendidikan sesuai dengan sekolah masing-masing.

 

Kita ketahui Bersama visi pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

 

Jika pada tahun-tahun sebelumnya rapor sekolah di sajikan dalam bentuk rapor mutu maka di tahun ini rapor sekolah di sajikan dalam bentuk/model rapor pendidikan. lantas apa sih perbedaan antara rapor pendidikan dengan rapor mutu ? berikut ini penjelasannya :

 

PERBEDAAN ANTARA RAPOR PENDIDIKAN DENGAN RAPOR MUTU

Rapor mutu adalah instrument penjaminan mutu internal berupa evaluasi diri sekolah, dimana indikatornya mengukur delapan (8) capaian standar nasional. Data rapor mutu bersumber dari dapodik dan juga hasil pengisian (input) langsung oleh satuan pendidikan melalui aplikasi rapor mutu.

 

Rapor pendidikan adalah pengganti rapor mutu, dimana indikatornya disusun berdasarkan indikator input, proses, dan output pendidikan. satuan pendidikan tidak melakukan pengisian data langsung kedalam instrument rapor pendidikan, melainkan data diambil dari sistem yang sudah ada, termasuk dari DAPODIK, SIMPKB, AN (Asesmen Nasional), BPS dan sumber lain yang relevan. Satuan pendidikan hanya di persyaratkan memasukkan data di dapodik dan mengikuti Asesmen Nasional.

 

Berbeda dengan rapor mutu, rapor pendidikan akan digunakan sebagai acuan untuk seluruh bentuk evaluasi sistem pendidikan termasuk refleksi diri sekolah, refleksi diri daerah, akreditasi, dan standar pelayanan minimum.

 

Bagi sekolah yang telah melakukan Asesmen Nasional maka bisa mengecek hasil rapor pendidikannya yang mana nantinya sekolah bisa mengetahui ringkasan kualitas pendidikan satuan pendidikan dalam bentuk mutu hasil belajar peserta didik yang meliputi kemampuan literasi, kemampuan numerasi, serta indeks karakter.

 

Platform Rapor Pendidikan menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan (Profil Pendidikan) sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya, yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1.       Sumber data tunggal sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan

2.       Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output)

3.       Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal

4.       Profil pendidikan menjadi sumber data untuk perencanaan di tingkat satuan pendidikan dan perencanaan di tingkat pemerintah daerah

5.       Instrumen yang meringankan beban administrasi satuan pendidikan dengan mengurangi aplikasi beragam dalam proses evaluasi internal dan eksternal

 

Asesmen nasional dirancang untuk memotret mutu input, proses, dan hasil belajar yang mencerminkan kinerja sekolah, sebagai umpan balik berkala yang objektif dan komprehensif bagi manajemen sekolah, dinas pendidikan, dan Kemendikbud.

 

Evaluasi dilakukan berdasar kerangka penilaian yang dikembangkan dari model input, proses, dan output tentang kinerja atau efektivitas sekolah.

Model ini mencakup 8 standar yang ada dalam Standar Nasional Pendidikan, yaitu :

1.       Standar Kompetensi Lulusan

-          Mutu dan relevansi hasil belajar murid

-          Pemerataan pendidikan yang bermutu

2.       Standar Isi

3.       Standar Proses

4.       Standar Penilaian

5.       Standar Pengelolaan

-          Mutu dan relevansi pembelajaran

6.       Standar GTK

7.       Standar Pembiayaan

8.       Standar Sarpras

-          Kompetensi dan kinerja GTK

-          Pengelolaan sekolah yang partisipatif, transparan, dan akuntabel

 

 

ATRIBUT PLATFORM RAPOR PENDIDIKAN

Tampilan data dari indikator Profil Pendidikan di Platform Rapor Pendidikan dilengkapi dengan atribut-atribut, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.       Nama Indikator

2.       Definisi Operasional

3.       Nilai dan Label Capaian

4.       Definisi Label

5.       Cut-off

Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pada gambar di bawah ini :


 

Atribut Platform Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan, meliputi :

1.       Tingkat capaian per indikator dibagi kedalam tiga kategori warna, yaitu merah, kuning, dan hijau dengan label yang berbeda-beda.

2.       Nilai capaian juga disandingkan dengan nilai dari daerah lain yang serupa, rata-rata Provinsi, dan Nasional.

3.       Jika nilai belum tersedia pada peluncuran Maret 2022, indikator akan berlabel “Data Terbaru Belum Tersedia”.

 

Atribut Platform Rapor Pendidikan Daerah

1.       Tingkat capaian per indikator dibagi kedalam tiga kategori warna, yaitu merah, kuning, dan hijau dengan label yang berbeda-beda.

2.       Nilai capaian juga disandingkan dengan nilai dari daerah lain yang serupa, rata-rata Provinsi, dan Nasional.

3.       Jika nilai belum tersedia pada peluncuran Maret 2022, indikator akan berlabel “Data Terbaru Belum Tersedia”.

 

Selain platform Rapor Pendidikan, user juga dapat mengunduh dokumen laporan berbentuk Excel. Untuk Rapor Pendidikan Satuan Pendidikan, dokumen berisi capaian berupa angka dan label sampai ke level 2 sehingga menghasilkan informasi yang lebih mendetil. Setiap indikator juga diberikan perbandingan dengan satuan serupa di Nasional, dan nilai rata-rata indikator tersebut di Kab/Kota, Provinsi, dan Nasional.

 

Lantas bagaimana cara melihat hasil rapor pendidikan untuk setiap satuan pendidikan (Sekolah).

Berikut ini cara untuk mengecek rapor pendidikan sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, SMK.

 

1.       Silahkan kunjungi alamat berikut : https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app

2.       Klik tombol “Masuk dengan akun belajar.id”



3.       Selanjutnya Pilih akun Google dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.belajar.id (khusus untuk sekolah gunakan akun belajar.id kepala sekolah)

4.       Jika berhasil login, maka anda akan melihat hasil rapor pendidikan sekolah anda (sebagai contoh lihat tampilan gambar di bawah ini )



5.       Selesai.

 

==>> CARA DOWNLOAD HASIL RAPOR PENDIDIKAN TAHUN 2022


Demikianlah informasi mengenai rapor pendidikan yang dapat di akses oleh setiap satuan pendidikan untuk bisa mengetahui hasil rapor pendidikan setiap sekolah. Semoga informasi diatas serta cara yang telah admin jelaskan untuk mengakses rapor pendidikan sekolah dapat bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel