Soal Asesmen/AKM Tingkat SMP Lengkap Dengan Pembahasan

Kherysuryawan.id – Contoh Soal AKM jenjang SMP kelas 7, kelas 8, dan kelas 9 versi soal numerasi dan soal literasi.

Mendekati pelaksanaan asesmen nasional maka guru dan siswa mulai disibukkan dengan persiapan untuk menghadapi asesmen nasional. Selain persiapan administrasi maka persiapan materi dan soal-soal latihan AKM juga sangat di perlukan oleh para siswa dan guru.

 


Melalui kesempatan ini, kherysuryawan.id akan memberikan informasi mengenai contoh soal AKM untuk jenjang SMP. Adapun soal yang akan di ujiankan pada pelaksanaan asesmen nasional nantinya yaitu soal literasi dan soal numerasi. Kedua bentuk soal tersebut harus bisa di pahami oleh guru dan siswa sehingga guru bisa memberikan informasi tentang bentuk soal literasi dan numerasi serta siswa pun bisa mengetahui jenis soal-soal literasi dan numerasi.

 

Sebenarnya untuk bisa mendapatkan contoh soal literasi dan numerasi mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK kementerian Pendidikan telah banyak membagikannya melalui laman pusmenjar disana nantinya siswa dapat belajar mengerjakan contoh soal latihan AKM yang telah di sediakan. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara mangaksesnya maka mellaui postingan ini nantinya kherysuryawan akan membantu anda untuk bisa mendapatkan jenis-jenis soal AKM khususnya untuk jenjang SMP.

 

Dengan banyak berlatih mengerjakan soal latihan asesmen maka nantinya siswa akan mudah dalam memahami jenis soal AKM sehingga pada saat pelaksanaan asesmen nantinya siswa sudah tidak kaget lagi melihat jenis soal asesmen yang akan mereka kerjakan sebab sudah memiliki bekal dalam pemahaman tentang jenis soal AKM/asesmen.

 

Sebagai informasi bahwa bentuk soal pada pelaksanaan asesmen nasional berbasis computer (ANBK) nantinya tidak sama dengan jenis soal saat siswa mengikuti ujian nasional berbasis computer (UNBK) seperti yang terdahulu pernah dilakukan. Dalam bentuk soal yang ada pada asesmen nantinya ada 5 jenis atau ragam soal yang akan di sajikan.

 

Bagi anda yang belum mengetahui jenis soal asesmen yang akan muncul nantinya, maka berikut ini 5 jenis atau ragam soal yang akan di sajikan pada pelaksanaan asesmen nasional nantinya baik untuk jenjang sekolah SD, sekolah SMP maupun sekolah SMA/SMK.

Berikut ini 5 jenis atau bentuk soal asesmen :

1.      soal pilihan ganda

pada soal pilihan ganda ini maka peserta didik dapat menjawab dengan cara memilih salah satu jawaban yang dianggap paling benar

2.      soal pilihan ganda kompleks

pada soal pilihan ganda kompleks ini maka peserta didik dapat menjawab soal dengan cara dapat memilih lebih dari satu jawaban dalam satu soal

3.      soal menjodohkan

pada soal menjodohkan ini maka peserta didik dapat menjawab soal dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya

4.      soal isian singkat

pada soal isian singkat ini maka peserta didik dapat menjawab soal dengan cara mengetikkan jawaban berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya

 

5.      soal uraian

pada soal uraian ini maka peserta didik dapat menjawab soal dengan cara mengetikkan jawaban dalam bentuk kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

 

Nah setelah memahami tentang penjelasan bentuk soal yang ada pada ujian asesmen nantinya baik itu pada soal literasi maupun soal numerasi, maka bagi anda yang membutuhkan contoh soal asesmen bentuk litarasi dan numerasi khususnya untuk jenjang SMP mulai dari kelas 7, 8 dan 9 SMP maka berikut ini contoh soalnya sesuai judul yang ada di bawah ini :

 



Bagi anda yang ingin melihat contoh soal AKM/asesmen untuk jenjang SMP mulai dari kelas 7 hingga kelas 9 SMP maka anda bisa mengklik judul soal diatas sesuai tingkatan kelasnya dan nantinya anda akan di bawa ke halaman yang dapat anda lihat soal AKM nya.

 

Demikianlah informasi ini kherysuryawan.id bagikan, semoga bisa membantu para guru maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan latihan untuk persiapan menghadapi asesmen nantinya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel