-->

CARA TERBARU CEK NIP, PANGKAT DAN DATA KEPEGAWAIAN PNS DIPROFIL PNS BKN

Seluruh PNS yang ada diindonesia pastinya memiliki biodata yang tercatat secara resmi di BKN. Biodata tersebut berupa identitas pribadi pegawai masing-masing yang diambil dari penginputan data dari pihak yang di beri wewenang dalam proses penginputan data pegawai.
BKN dlm hal ini berfungsi dalam merencanakan pembinaan kepegawaian serta merencanakan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian dan masih banyak lagi fungsi yang lainnya dalam hal menangani perihal yang berhubungan dengan kepegawaian.

Setiap pegawai memiliki hak untuk menyerahkan data informasi  identitas diri yang sesuai dengan data yang dimiliki untuk dijadikan sumber dalam penginputan data agar biodata tersebut dapat di akui kebenarannya sesuai dengan bukti fisik yang telah di serahkan. Meskipun terkadang kita sebagai seorang pegawai telah menyerahkan data yang berupa dokumen identitas diri,riwayat hidup dan riwayat kepangkatan untuk di entri oleh operator di bidang kepegawaian namun sering kali ada saja salah satu atau beberapa pegawai yang memiliki data yang salah atau tidak sesuai dengan data yang sebenarnya yang telah di serahkan.

Hal tersebut sangatlah wajar terjadi karena sebagai manusia pastilah seorang operator memiliki keterbatasan dan kesalahan dalam melakukan penginputan data karena penginputan tersebut bukan hanya dilakukan untuk satu dua orang melainkan banyak pegawai dan jumlah data yang harus diinput juga banyak. Oleh sebab itu sebagai seorang pegawai haruslah kita aktif dalam memonitor status biodata kepegawaian kita dengan cara mengecek kebenaran data pribadi pegawai meliputi nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, NIP, pangkat dan golongan serta data-data lainnya.

Bagaimana cara agar kita bisa mengetahui data yang kita miliki sudah benar atau masih ada kesalahan di BKN ???
Pada postingan kali ini saya akan berbagi mengenai cara terbaru untuk bisa melihat atau mengecek data kepegawaian kita melalui profil PNS BKN.
Cara tersebut sangat penting untuk melihat kebenaran data pribadi pegawai serta untuk mengetahui data update kepangkatan yang kita ajukan apakah sudah berubah atau belum.
Seringkali kita melakukan pengusulan kenaikan pangkat yang mana seluruh persyaratan kenaikan pangkat tersebut telah kita setor malalui pihak badan kepegawaian daerah yang kemudian di teruskan kepada pihak BKN untuk di setujui, nah cara agar kita mengetahui dengan cepat apakah data kenaikan pangkat tersebut telah disetujui maka kita bisa melihatnya melalui cara yang akan saya share pada kesempatan kali ini.

Berikut ini cara untuk mengecek data kepegawaian di profil PNS BKN
* Langkah pertama silahkan buka alamat berikut :

* kemudian akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, selanjutnya silahkan ketikkan NIP anda pada kolom yang telah di sediakan dan dilanjutkan dengan mengklik “NEXT”


* Setelah itu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, yang mana kita di suruh untuk memasukkan kode captcha yang telah di sediakan.
Caranya ketikkan ulang kode captcha yang muncul tersebut pada kolom yang telah di sediakan dan lanjutkan dengan mengklik “OK”


Jika semua tahapan di atas telah dilakukan maka kini anda akan melihat data kepegawaian anda yang sesuai dengan data di BKN.
Jika ada data yang menurut anda salah dan tidak sesuai maka silahkan lakukan pelaporan dan ajukan perubahan ke bagian kepegawaian agar segera di lakukan perubahan data.

Sebagai contoh berikut ini tampilan data pegawai yang akan di tampilkan pada profil PNS BKN.
Data berikut sengaja saya samarkan agar dapat menjaga kerahasiaan data pegawai.



Sekian tutorial cara untuk melihat atau mengecek data kepegawaian di profil PNS BKN, semoga postingan ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel