-->

Rincian Besaran Kuota Internet Kemendikbud Tahun 2021

Kherysuryawan.id – informasi lengkap seputar bantuan kuota dari kemendikbud Tahun 2021 untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia baru-baru ini kementerian Pendidikan dan kebudayaan telah mengeluarkan informasi bahwa akan kembali membagikan paket kuota gratis dari kemendikbud di tahun 2021 ini. Adapun jenis paket yang akan di berikan memiliki beberapa perbedaan dengan jenis paket yang telah di berikan di tahun sebelumnya.

 


Untuk penerima bantuan kuota internet gratis dari kemendikbud tahun 2021 ini masih sama dengan penerima tahun sebelumnya yakni di berikan bagi pelajar, mahasiswa, guru dan juga dosen sedangkan untuk rincian besaran paket kuota yang akan di berikan juga sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya dimana pada pemberian paket kuota internet kemendikbud tahun 2021 ini semua paket yang akan di berikan dapat digunakan untuk mengakses seluruh jaringan termasuk youtube dan lainnya.

 

Perlu di ketahui bahwa ada yang Berbeda dari sebelumnya, yang mana pada kebijakan bantuan subsidi kuota internet kali ini lebih luwes atau fleksibel di bandingkan dengan peberian pada tahun sebelumnya. Di mana kuota bantuan internet dari kemendikbud diperkenankan untuk mengakses seluruh situs, kecuali situs-situs yang diblokir.

 

Bagi anda yang ingin mengetahui berapa besaran rincian bantuan paket kuota yang akan di berikan ke masing-masing penerima yang dalam hal ini pelajar, mahasiswa, guru dan dosen maka melalui postingan ini saya akan memberikan informasinya kepada anda agar anda bisa memahami tentang jumlah besaran bantuan internet yang akan di terima nantinya di tahun 2021 ini.

 

Berikut ini rincian jumlah kuota internet dari kemendikbud tahun 2021 :

1.   Untuk peserta didik jenjang PAUD besaran paket kuota dari kemendikbud yang akan di terima adalah sebesar 7 GB per bulan

2.   Untuk peserta didik jenjang Pendidikan dasar dan menengah besaran paket kuota dari kemendikbud yang akan di terima adalah sebesar 10 GB per bulan

3.   Untuk pendidik (GURU)  jenjang PAUD, dan Pendidikan dasar serta menengah besaran paket kuota dari kemendikbud yang akan di terima adalah sebesar 12 GB per bulan

4.   Untuk dosen dan mahasiswa besaran paket kuota dari kemendikbud yang akan di terima adalah sebesar 15 GB per bulan

 

Seluruh Paket Kuota Data Internet yang telah saya jelaskan di atas merupakan data paket yang dapat digunakan untuk melakukan akses kesemua network(jaringan) dengan pembatasan akses kepada:

-          situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta

-          Twitter

-          Instagram

-          Facebook, dan

-          Tiktok

Daftar situs dan aplikasi yang dikecualikan di atas dapat bertambah sewaktu-waktu.

 

Jika dibandingkan dengan jumlah besaran paket kuota internet yang di terima pada tahun lalu dengan yang sekarang memang ada sedikit perbedaan yang mana jumlah yang akan di terima saat ini lebih kecil jika dibandingkan dengan jumlah paket yang di terima pada tahun sebelumnya namun perlu anda pahami bahwa seluruh paket internet yang akan di terima saat ini memiliki perluasan penggunaannya jika di bandingkan dengan paket yang di berikan sebelumnya artinya bahwa paket kuota internet bantuan kemendikbud tahun 2021 ini dapat digunakan untuk mengakses semua situs dan juga dapat di gunakan untuk mengakses youtube terkecuali pada situs -situs yang telah di blokir oleh kementerian komunikasi dan informarmatika seperti yang sudah di jelaskan diatas.

 

Lantas kapan paket kuota internet tahun 2021 tersebut bisa di salurkan untuk digunakan oleh siswa, guru, mahasiswa dan dosen ???

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk memberikan bantuan subsidi kuota internet bagi pelajar, mahasiswa, guru dan dosen selama tiga bulan ke depan terhitung sejak Maret 2021.

Subsidi kuota belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan dikirim 11-15 Maret.

 

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim bahwa Bantuan kuota gratis tersebut akan berjalan mulai dari bulan maret sampai Mei 2021, Bantuan ini disalurkan setiap bulan (tanggal) 11-15. Jadi untuk pertama akan di berikan sekitar tanggal 11 (Maret). Tentunya dengan adanya bantuan internet dari kemendikbud tahun 2021 ini maka akan dapat membantu para pelajar dan juga pendidik dalam mencari referensi pembelajaran melalui internet dan bisa digunakan dalam melakukan pembelajaran bagi sekolah yang masih menggunakan sistem belajar daring.

 

Syarat bagi Siswa, mahasiswa, dan pendidik yang akan menerima bantuan kuota internet tahun 2021 adalah semua yang menerima bantuan kuota pada bulan November hingga Desember 2020 dan nomornya aktif maka akan secara otomatis menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021.

Dalam hal ini Kepala sekolah tidak perlu lagi harus mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) bagi yang sudah menerima bantuan pada November dan Desember tahun 2020 kemarin. Selain itu Peserta didik, guru, pelajar dan dosen yang akan menerima bantuan internet dari kemendikbud tentunya adalah peserta didik yang telah terdaftar di aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PPDikti).

 

Semoga nantinya paket kuota internet yang akan di terima tahun 2021 ini bisa membantu para pelajar dan pendidik dalam melakukan aktivitas belajar mengajar baik di sekolah maupun di rumah masing-masing.

Sekian informasi ini saya sampaikan, semoga bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi para pelajar dan pendidik dimanapun berada. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel