-->

Soal dan Pembahasan Prakarya Kelas 10 SMA

Kherysuryawan.id – Soal PAS, PTS/UTS prakarya untuk kelas X SMA yang sudah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya.

Sahabat Pendidikan, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa jenis contoh soal prakarya kelas 10 SMA yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi untuk belajar dan mengajar bagi guru maupun siswa.

 


Sesuai dengan model blog ini yakni blog yang memberikan informasi seputar dunia Pendidikan, maka postingan yang akan di sasmpaikan juga tentunya aka nada hubungannya dengan dunia Pendidikan seperti yang saat ini saya bagikan melalui artikel ini yaitu tentang contoh-contoh soal prakarya untuk siswa dan juga guru yang belajar dan mengajar di kelas 10 SMA maka bisa melihat referensi contoh soal yang saya tampilkan disini untuk pembelajaran.

 

Selain soal latihan yang akan saya sampaikan disini juga semua soal telah di berikan kunci jawaban dan pembahasannya. Namun demikian sebagai manusia biasa yang tak luput dari kesalahan maka mungkin saja ada soal yang menurut anda masih kurang sesuai dengan opsi dan pembahasannya maka anda pun bisa melakukan koreksi agar dapat menghasilkan jawaban yang lebih sesuai.

 

Postingan ini sengaja saya buat untuk bisa membantu para pelajar dalam memahami materi yang ada di mata pelajaran prakarya pada kelas 10 SMA sehingga bisa menjadi bahan evaluasi diri untuk melihat kemampuan masing-masing dalam memahami soal yang di berikan. Selain itu soal I dan kunci jawaban prakarya kelas 10 SMA ini juga daapt menjadi sebuah referensi bagi para guru prakarya untuk dijadikan sebagai bahan ketika akan membuat soal pada penilaian akhir semester (PAS), penilaian tengah semester (PTS) ataupun untuk kegiatan evaluasi lainnya.

 

Dengan semakin banyak soal-soal yang anda kerjakan dan anda pelajari maka pastinya akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan anda. Dama halnya pada materi prakarya dimana jika anda sering melatih diri untuk mengerjakan soal-soal prakarya maka anda akan mahir dalam menjawab soal-soal yang sesuai dengan materi yang akan anda pelajari nantinya.

 

Sebagai informasi bahwa pada postingan ini saya akan membagikan dan menyajikan soal-soal prakarya untuk kelas 10 SMA lengkap dengan jawabannya dalam 2 jenis soal, yakni soal dalam bentuk pilihan ganda dan juga soal dalam bentuk essay atau uraian. Untuk anda yang ingin melihatnya maka anda bisa melihatnya pada bagian di bawah ini.

 

Berikut ini kumpulan soal dan jawaban prakarya kelas 10 SMA dalam bentuk soal pilihan ganda dan soal essay :

 

Soal pilihan ganda prakarya kelas 10 lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasannya

 

1. penetapan desain akhir pada pembuatan Produk teknologi transportasi dan logistic dilakukan dengan cara ……

a. hitung untung-rugi

b. diskusi atau evaluasi

c. mencari barang yang rusak

d. mencari ide

e. melakukan promosi

Jawaban  : b. diskusi atau evaluasi (Penetapan desain akhir dapat dilakukan melalui diskusi atau evaluasi. Proses evaluasi menghasilkan umpan balik yang bermanfaat dalam menentukan desain akhir yang terpilih)

 

2. langkah awal yang harus dilakukan saat kegiatan produksi ialah …..

a. coba-coba

b. melihat harga pasaran terlebih dahulu

c. persiapan produksi

d. langsung produksi tanpa persiapan

e. melakukan promosi

Jawaban  : c. persiapan produksi (Kegiatan produksi diawali dengan persiapan produksi. Persiapan produksi dapat berupa pembuatan gambar teknik (gambar kerja), atau gambar pola)

 

3. pada tahapan produksi, mempersiapkan bahan atau material agar siap dibentuk masuk pada tahap ….

a. pembahanan

b. pembentukan

c. perakitan

d. pengadaan

e. finishing

Jawaban  : a. pembahanan (Tahap pembahanan adalah mempersiapkan bahan atau material agar siap dibentuk)

 

4. tahap terakhir sebelum produk dimasukan ke dalam kemasan, di sebut dengan .......

a. perakitan

b. persiapan

c. penjualan

d. finishing

e. perhitungan

Jawaban  : d. finishing (Finishing dilakukan sebagai tahap terakhir sebelum produk tersebut dimasukan ke dalam kemasan. Finishing dapat berupa penghalusan dan/atau pelapisan permukaan)

 

5. untuk melindungi produk dari kerusakan serta memberikan kemudahan membawa dari lokasi produksi hingga sampai ke konsumen, maka di butuhkan sebuah ….

a. barang

b. tali

c. kemasan

d. harga

e. label

Jawaban  : c. kemasan (Kemasan untuk produk teknologi berfungsi untuk melindungi produk kerusakan serta memberikan kemudahan membawa dari lokasi produksi hingga sampai ke konsumen)

 

6. Jenis tanaman yang mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber energi manusia disebut tanaman ….

a. pangan

b. budidaya

c. produktif

d. pertanian

e. perkebunan

Jawaban: a. pangan (Tanaman pangan merupakan segala jenis tanaman yang di dalamnya terdapat karbohidrat dan protein sebagai sumber energi manusia)

 

7. Kerajinan yang hanya mengutamakan kegunaan benda dan memiliki keindahan sebagai tambahan agar menjadi menarik merupakan kerajinan yang mengutamakan fungsi …

a. pakai

b. hias

c. produksi

d. kelestarian

e. pengembangan kebudayaan

Jawaban: a. pakai (Fungsi pakai merupakan kerajinan yang hanya mengutamakan kegunaan dari benda kerajinan tersebut dan memiliki keindahan sebagai tambahan menjadi menarik)

 

8. Jenis Seni tradisional Indonesia yang sangat berkembang di jawa dan disebelah timur semenanjung Malaysia adalah….

a. patung

b. wayang kulit

c. batik

d. miniature

e. blangkon

Jawaban: b. wayang kulit (Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia, yang sangat berkembang di jawa dan di sebelah timur semenanjung Malaysia seperti di Kelantan dan Terengganu)

 

9. Benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni yaitu …

a. wayang kulit

b. patung

c. batik

d. miniature

e. kerajinan kulit

Jawaban: b. patung (Patung adalah benda tiga dimensi karya manusia yang diakui secara khusus sebagai suatu karya seni)

 

10. Proses pengelolaan strategi dalam hal pembelian, pergerakan dan penempatan material, inventori barang jadi melalui organisasi serta saluran marketing disebut ….

a. transportasi

b. logistik

c. manajemen transportasi

d. manajemen logistik

e. transportasi logistik

Jawaban: d. manajemen logistic (Manajemen logistik adalah proses pengolahan strategi  dalam hal pembelian, pergerakan dan penempatan material, inventori barang jadi melalui organisasi serta saluran marketing untuk mendapatkan keuntungan dimasa sekarang dan yang akan datang melalui pemaksimalkan biaya yang efektif pada pemenuhan ordet)

 

11.  Berikut penyebab adanya biaya transportasi, kecuali ….

a. konsumsi bahan bakar minyak (fuel)

b. penggunaan tenaga sopir (driver labor)

c. pemeliharaan kendaraan

d. kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh driver labor

e. model yang diinvestasikan dalam kendaraan dan peralatan

Jawaban: d. kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh driver labor (Biaya transportasi terjadi karena penggunaan tenaga sopir (driver labor), konsumsi bahan bakar minyak (fuel) pemeliharaan kendaraan, modal yang diinvestasikan dalam kendaraan dan peralatan, dan kegiatan administrasi)

 

12. Broker dan freight forwarder merupakan agen transportasi yang memfasilitasi ….

a. publik

b. pengirim

c. carrier

d. penerima

e. pemerintah

Jawaban: c. carrier (Broker dan freight forwarder merupakan agen transportasi yang memfasilitasi carrier dengan kebutuhan pengirim)

 

13. Proses logistik pada dasarnya diarahkan untuk mengoptimalkan faktor produksi, yaitu untuk melakukan optimasi terhadap ….

a. biaya dan waktu

b. waktu dan kuantitas

c. kuantitas dan kualitas

d. biaya, waktu dan kuantitas

e. biaya, waktu dan kualitas

Jawaban: e. biaya, waktu dan kualitas (Proses logistik pada dasarnya diarahkan untuk mengoptimalkan faktor produksi, yaitu untuk melakukan optimasi terhadap biaya, waktu dan kualitas)

 

14. Kepemilikan dalam bidang transportasi logistik, berupa persetujuan harga dan persyaratan lain dapat dipindahkan melalui ….

a. negosiasi

b. kontak

c. penyesuaian

d. promosi

e. informasi

Jawaban: a. negosiasi (Negosiasi yaitu mencapai persetujuan pada harga dan persyaratan lain dari tawaran, jadi kepemilikan dapat dipindahkan)

 

15. Dongeng, cerita rakyat dan lagu atau tarian tradisional merupakan contoh dari …

a. kerajinan tangan

b. kebudayaan material

c. kebudayaan nonbenda

d. kerajinan local

e. kebudayaan tradisional

Jawaban: c. kebudayaan nonbenda (Kebudayaan nonbenda atau nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, cerita rakyat dan lagu atau tarian tradisional)

 

16. Dalam budidaya tanaman pangan, agar tanah tetap lembab maka perlu dilakukan …….

a. penyiangan

b. pemupukan

c. penyiraman

d. kondensasi

e. bordir

Jawaban: c. penyiraman (Penyiraman dilakukan untuk menjaga lembab tanah)

 

17. Hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mempersiapkan lahan hingga siap ditanami yaitu…

a. pembibitan

b. persiapan

c. budidaya tanah

d. kondensasi

e. pemupukan

Jawaban: c. Budidaya Tanah (lahan dilakukan untuk menyiapkan lahan sampai siap ditanami. Pengolahan lahan dilakukan dengan cara membajak atau mencangkul kemudian dihaluskan hingga gembur)

 

18. Tanaman yang ditanam untuk dipanen dan dimanfaatkan bijinya atau sebagai sumber karbohidrat disebut….

a. biji-bijian

b. umbi-umbian

c. sereal

d. buah-buahan

e. sayur-sayuran

Jawaban: c.sereal (Sereal adalah sekelompok tumbuhan yang ditanam untuk dipanen dan dimanfaatkan bijinya atau sebagai sumber karbohidrat)

 

19. Langkah terakhir untuk mengetahui usaha untung atau rugi, diteruskan atau berhenti setelah dilakukan….

a. sasaran

b. strategi

c. evaluasi

d. draf usaha

e. tujuan

Jawaban: c. evaluasi (evaluasi adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi)

 

20. Dalam pengelolaan sumber daya usaha kerajinan, faktor yang paling menentukan ialah….

a. manusia

b. materi

c. metode

d. uang

e. mesin

Jawaban: a.manusia (manusia adalah pemain utama dalam pembuatan dan pengembangan usaha kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, tanpa adanya manusia yang kompeten mustahil usaha akan maju)

 

21. Menetapkan dan menentukan urut-urutan produksi dan bahan mentah sampai menjadi produk akhir dalam usaha kerajinan disebut….

a. routing

b. ispatching

c. follop up

d. scheduling

e. patching

Jawaban: e. Patching (patching adalah kegiatan penetapan proses produksi sampai menjadi produk akhir dalam wirausaha kerajinan tangan)

 

22. Berikut yang tidak termasuk dalam kerajinan yang inspirasinya dari artefak/budaya lokal yaitu….

a. ingke

b. keris

c. golok

d. bakul nasi

e. lampion

Jawaban: e. Lampion (lampion merupakan kerajinan inspirasinya dari budaya Tiongkok atau Cina)

 

23. Salah satu tujuan kewirausahawan kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal, yaitu….

a. sebagai generator pembangunan ekonomi

b. menciptakan tenaga kerja baru

c. mendidik masyarakat agar hidup sederhana

d. menumbuhkan wirausaha yang berkualitas dan melestarikan budaya

e. melestarikan budaya Indonesia

Jawaban: e. melestarikan budaya Indonesia (kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal dibuat untuk melestarikan budaya nasional Indonesia)

 

24. Wadah pembungkus produk kerajinan inspirasi artefak/budaya lokal disebut….

a. tas

b. kemasan

c. label

d. merk

e. iklan

Jawaban: b. kemasan (kemasan dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya)

 

25. Berikut merupakan prinsip nilai keindahan dalam pembuatan kerajinan, kecuali….

a. kesatuan

b. keseimbangan

c. kesenangan

d. keselarasan

e. proporsional

Jawaban: c. kesenangan (nilai-nilai keindahan (estetik) atau keunikan karya seni memiliki prinsip: kesatuan (unity), keselarasan (harmoni), keseimbangan (balance), dan kontras (contrast))

 

 

SOAL ESSAY :

1. Apa yang dimaksud dengan wirausaha ?

Pembahasan : Wirausaha, menurut asal katanya, terdiri atas kata wira dan usaha. Wira, berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani dan berwatak agung. Usaha, berarti perbuatan amal, bekerja, berbuat sesuatu. Pengertian wirausaha, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun kegiatan untuk mengadakan produk baru, mengatur permodalan operasinya serta memasarkannya.

 

2. sebutkan sifat-sifat seorang wirausahawan !

Pembahasan : Ada 6 sifat seorang wirausahawan, diantaranya yaitu :

-          Percaya diri

-          Berorientasikan tugas dan hasil

-          Berani mengambil risiko

-          Kepemimpinan

-          Keorisinalitas/Keaslian

-          Berorientasi ke masa depan

 

3. sebutkan sebuah contoh sarana transportasi yang dapat membantu perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya dalam kehidupan sehari-hari !

Pembahasan : Sebuah contoh sederhana adalah membawa beberapa buah gelas berisi air minum dari dapur ke ruang tamu dengan menggunakan baki. Baki merupakan sarana transportasi yang digunakan untuk perpindahan gelas dari dapur ke ruang tamu.

 

4. Perpindahan objek pada prinsipnya melibatkan beberapa unsur, sebutkan !

Pembahasan : Perpindahan objek pada prinsipnya melibatkan beberapa unsur diantaranya : objek yang akan dipindahkan, wadah atau tempat objek berada, medan yang dilalui, sistem, sumber tenaga yang menggerakkan perpindahan serta pengendali perpindahan.

 

5. langkah awal apa saja yang harus dilakukan pada Perancangan dan Produksi Produk Teknologi Transportasi dan Logistik ?

Pembahasan : Proses perancangan produk diawali dengan identifikasi masalah, pencarian ide solusi, dilanjutkan dengan pembuatan gambar atau sketsa ide. Ide terbaik kemudian dikembangkan menjadi produk rekayasa yang akan dibuat, dilanjutkan dengan persiapan produksi dan proses produksi.

 

6. Apa yang dimaksud dengan Pembahanan pada tahapan produksi ?

Pembahasan : pembahanan adalah menggambarkan pola pada karton dan memotongnya berdasarkan pola.

 

7. Tahapan produksi secara umum terbagi atas 4, sebutkan !

Pembahasan : Tahapan produksi secara umum terbagi atas 4, yaitu : pembahanan, pembentukan, perakitan, dan finishing

 

8. fungsi dari Kemasan untuk produk teknologi, adalah ……

Pembahasan : Kemasan untuk produk teknologi berfungsi untuk melindungi produk kerusakan serta memberikan kemudahan membawa dari lokasi produksi hingga sampai ke konsumen. Kemasan juga berfungsi untuk menambah daya tarik, dan sebagai identitas atau brand dari produk tersebut.

 

9. Apa fungsi dari kemasan produk rekayasa ?

Pembahasan : Kemasan produk rekayasa berfungsi melindungi produk dari debu dan kotoran serta memberikan kemudahan distribusi.

 

10. Apa yang dimaksuda dengan Pemasaran Langsung pada Produk Teknologi Transportasi dan Logistik ?

Pembahasan : Pemasaran langsung adalah promosi dan penjualan yang dilakukan langsung kepada konsumen tanpa melalui toko.


Demikianlah beberapa contoh soal pilihan ganda dan soal uraian mata pelajaran prakarya untuk kelas 10 SMA yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban dan juga pembahasannya. Semoga postingan tersebut senantiasa bisa bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel