Format Kisi-Kisi Soal Ulangan Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Contoh Format Pembuatan Kisi-Kisi Ulangan Harian, Kisi-Kisi Ulangan Tengah Semester, Kisi-Kisi Ulangan Semester dalam Bentuk Ms Word.

Sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali pada artikel yang membahas tentang hal penting yang harus di ketahui oleh seorang guru ketika akan menghadapi ulangan.

 


Kita ketahui Bersama bahwa dalam proses pembelajaran di sekolah guru pastinya akan memberikan sebuah evaluasi atau penilaian diri kepada setiap peserta didiknya. Nah dalam pemberian evaluasi guru dapat melakukan proses penilaian dengan berbagai cara. Salah satu bentuk evaluasi yang sering di lakukan oleh seorang guru yaitu dengan memberikan soal dalam bentuk ulangan.

 

Ada beberapa jenis ulangan yang dapat di berikan kepada siswa di sekolah, diantaranya yaitu ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Bagi guru yang akan memberikan evaluasi dalam bentuk ulangan maka pastinya guru telah menyiapkan soal-soal yang akan di berikan kepada masing-masing siswa untuk bisa menjadi alat pengukur keberhasilan siswa selama belajar.

 

Berbicara mengenai ulangan baik itu ulangan harian/ulangan tengah semester/ulangan akhir semester maka guru tentunya pernah membuat kisi-kisi soal yang mana kisi-kisi soal biasanya akan dibuat terlebih dahulu sebelum guru menyajikan soal yang sudah di patenkan. Kisi-kisi soal akan membantu guru dalam menganalisa tingkat kemampuan siswa dan tingkat kesulitan soal yang akan di berikan sehingga kisi-kisi soal dapat menjadi sebuah pedoman bagi guru dalam menyajikan soal ulangan.

 

Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan.id melalui postingan ini akan membahas sedikit tentang apa-apa saja yang di perlukan atau yang harus ada dalam proses pembuatan kisi-kisi soal sekaligus pada artikel ini admin akan membagikan format kisi-kisi soal yang dapat digunakan oleh guru sebagai dasar dalam membuat kisi-kisi soal ulangan.

 

Berikut ini beberapa kriteria yang harus di perhatikan dalam pembuatan kisi-kisi soal ulangan, diantanya yaitu sebagai berikut:

A.   Mengacu pada materi pelajaran sesuai kurikulum yang ditetapkan .

B.   Memiliki sejumlah komponen dengan informasi yang jelas dan mudah dipahami

C.   Indikator soal harus jelas dan dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan.

 

Selain guru memahami tentang kriteria dalam pembuatan kisi-kisi soal, maka guru juga harus mengetahui tentang komponen yang ada pada kisi-kisi soal. Ada 2 jenis komponen dalam pembuatan kisi-kisi soal yaitu komponen identitas dan komponen matriks.

 

Komponen identitas meliputi:

1. Jenis/jenjang sekolah

2. Program studi/jurusan

3. Mata pelajaran

4. Tahun ajaran

5. Kurikulum yang berlaku

6. Alokasi waktu

7. Jumlah soal

8. Bentuk soal


Komponen matriks meliputi  :

1. Kompetensi dasar

2. Materi

3. Indikator

4. Level kognitif

5. Nomor soal

 

Setelah memahami tentang kriteria dan komponen pada pembuatan kisi-kisi soal, maka berikut ini tahapan atau langkah-langkah yang harus di pahami oleh seorang guru dalam membuat kisi-kisi soal.

Berikut ini gambar alur kerja dalam pembuatan kisi-kisi soal:

 



Adapun Langkah-langkah dalam penyusunan kisi-kisi soal, yaitu sebagai berikut :

1. Menentukan Kompetensi Dasar yang akan diukur

Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan minimal yang harus dikuasai peserta didik setelah mempelajari materi pelajaran tertentu. Kompetensi ini diambil dari kurikulum yang berlaku.

 

2. Memilih materi yang esensial

Bahan ajar yang harus dikuasai peserta didik berdasarkan kompetensi yang akan diukur. Penentuan materi (bahan ajar) yang akan diambil disesuaikan dengan indikator yang akan disusun.

 

3. Merumuskan indikator yang mengacu pada KD

Indikator berisi ciri-ciri perilaku yang dapat diukur sebagai petunjuk untuk membuat soal. Perumusan indikator dengan memperhatikan materi dan level kognitif.

Kriteria pemilihan materi yang esensial adalah sebagai berikut.

1. Pendalaman dari satu materi yang sudah dipelajari sebelumnya

2. Merupakan materi penting untuk dikuasai peserta didik

3. Materi sering diperlukan untuk mempelajari mata pelajaran lain

4. Materi berkesinambungan pada semua jenjang kelas

5. Materi memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

 

Ranah Pengetahuan Pada Kemampuan Berpikir (Level Kognitif)

pada intinya level kognitif itu merupakan tingkatan kecakapan atau kemampuan kognitif peserta didik.

Terdapat 3 level Kognitif, diantaranya yaitu:

1.   Level 1 dibedakan menjadi C1 (mengingat) dan C2 (memahami)

2.   Level 2 sama dengan C3 (menerapkan/mengaplikasikan)

3.   Level 3 dibedakan menjadi C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta).

 

Berikut ini penjelasan dari ketiga level kognitif tersebut :

1. Mengingat (C1)

Mengemukakan kembali apa yang sudah dipelajari dari guru, buku, sumber lainnya, tanpa

melakukan perubahan.

 

2. Memahami (C2)

Sudah ada proses pengolahan dari bentuk aslinya tetapi arti kata, istilah, tulisan, grafik, tabel,

gambar, foto, tidak berubah.

 

3. Menerapkan (C3)

Menggunakan informasi, konsep, prosedur, prinsip, hukum, teori yang sudah dipelajari untuk

sesuatu yang baru atau belum dipelajari.

 

4. Menganalisis (C4)

Menggunakan keterampilan yang telah dipelajarinya terhadap suatu informasi yang belum diketahuinya dalam mengelompokkan informasi, menentukan keterhubungan antara satu kelompok atau informasi lainnya, antara fakta dengan konsep, antara argumentasi dengan kesimpulan, benang merah pemikiran antara satu karya dengan karya lainnya.

 

5. Mengevaluasi (C5)

Menentukan nilai suatu benda atau informasi berdasarkan suatu kriteria.

 

6. Mencipta (C6)

Membuat sesuatu yang baru dari apa yang sudah ada sehingga hasil tersebut merupakan satu kesatuan utuh dan berbeda dari komponen yang digunakan untuk membentuknya.

 

Jika semua penjelasan diatas sudah dipahami oleh seorang guru khusnya dalam pembuatan kisi-kisi soal maka pada saat akan membuat kisi-kisi soal guru akan mudah melakukannya.

Untuk memudahkan guru dalam melihat contoh kisi-kisi soal maka melalui postingan ini admin akan membagikan contoh format kisi-kisi soal yang bisa di jadikan sebagai referensi bagi guru dalam membuat kisi-kisi soal di sekolah masing-masing.

 

Berikut ini format kisi-kisi soal dalam bentuk Ms WORD :

 

  • Format Kisi-Kisi Soal Ulangan (DISINI)

 

Format kisi-kisi soal diatas sudah di sesuaikan dengan jenis atau model kurikulum yang berlaku saat ini yaitu dengan menggunakan kurikulum 2013. Selain itu dengan menggunakan format word pada contoh format kisi-kisi soal diatas maka dapat memudahkan guru yang akan melakukan pengeditan sesuai kebutuhan.

 

Demikianlah informasi mengenai penjelasan dan contoh format kisi-kisi soal ulangan yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini senantiasa dapat membantu para guru dalam membuat kisi-kisi soal sesuai kebutuhan masing-masing.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel