Laporan Kerja Kepala Sekolah Masa Pandemi Jenjang SD,SMP,SMA,SMK Tahun 2021/2022

Kherysuryawan.id – Laporan kerja kepala sekolah dan panduan kerja kepala sekolah dimasa pendemi untuk kepala sekolah jenjanng SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2021/2022.

Sahabat Pendidikan, selamat berjumpa kembali di blog Pendidikan yaitu blog kherysuryawan.id. pada pembahasan kali ini kherysuryawan akan kembali memberikan informasi terbaru untuk dunia Pendidikan yang mana informasi ini ada kaitannya dengan tugas dan tanggung jawab dari seorang kepala sekolah.

 


Kepala sekolah merupakan pimpinan di satuan Pendidikan sekaligus sebagai penanggung jawab di sekolah. Untuk bisa menjadikan sekolah menjadi maju maka harus ada kerjasama yang baik antara guru, kepala sekolah , siswa dan semua warga sekolah. Setiap kepal sekolah, dan juga guru sudah memiliki tugas masing-masing yang harus di kerjakan.

 

Adapun tugas kepala sekolah dan guru yang akan di lakukan maka tentunya harus di sampaikan atau di muat kedalam sebuah laporan yang nantinya dapat menjadi sebuah bukti fisik dan pelaporan bagi setiap guru dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya masing-masing. Sebagai seorang kepala sekolah maka dalam melaksanakan tugasnya juga harus banyak berliterasi atau membaca dan mencari panduan kerja sebagai seorang kepala sekolah sehingga dalam melakukan tugas dapat menjalankannya sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku serta tidak menyalahi aturan kerja.

 

Di masa pendemi seperti sekarang ini tentunya proses pembelajaran agak sedikit berbeda dengan hari biasanya. Jika dihari biasa sebelum pandemi guru dan siswa masih bisa belajar secara tatap muka di sekolah maka di masa pandemi ini banyak sekolah yang harus melakukan proses belajar mengajar dirumah dengan menggunakan model pembelajaran daring (dalam jaringan) maupun pembelajaran luring (luar jaringan).

 

Selain guru dan siswa yang terkena dampak proses pembelajaran yang harus dilakukan di rumah selama masa pendemi ini tentunya kepala sekolah juga memiliki hal yang sama yang mana proses kerja kepala sekolah juga tidak dapat dilakukan seperti biasanya ketika masa pandemi ini. Banyak kepala sekolah yang dalam melakukan tugasnya harus menyesuaikan dengan keadaan yang terjadi akibat dampak dari masa pendemi seperti sekarang ini.

 

Berbicara mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai seorang kepala sekolah khususnya tugas yang harus di kerjakan di masa pendemi seperti sekarang ini mungkin banyak kepala sekolah yang tidak mengetahui apa-apa saja yang harus dilakukan dalam melaksanakan tugas di masa pendemi ini sehingga tidak bisa membuat laporan kerja kepala sekolah khususnya pada pembelajaran di masa pendemi.

 

Nelalui postingan ini maka kherysuryawan.id akan membantu para kepala sekolah untuk bisa mendapatkan panduan kerja kepala sekolah dimasa pendemi covid-19 dan juga selain akan membantu untuk memberikan panduan kerja kepala sekolah dimasa pendemi, kherysuryawan.id juga akan berbagi sebuah file yaitu file tentang laporan kerja kepala sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Sebagai Bagian Dari Kegiatan Work From Home (Wfh).

 

Sebagai kepala sekolah maka Tentunya dengan membaca panduan kerja kepala sekolah dimasa pendemi maka dapat memudahkan para kepala sekolah untuk bisa mengetahui aturan dan tahapan yang harus di kerkajakan pada masa pandemi ini. Selain itu jika kepala sekolah telah dapat melakukan tuganya dengan baik maka dalam membuat dan menyiapkan laporan kerja kepala sekolah juga akan mudah untuk menyiapkannya.

 

Bagi bapak dan ibu kepala sekolah yang sekiranya hingga saat ini masih membutuhkan panduan kerja kepala sekolah dimasa pendemi serta membutuhkan contoh laporan kerja kepala sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Sebagai Bagian Dari Kegiatan Work From Home (Wfh), maka melalui postingan ini dan melalui blog kherysuryawan.id ini maka saya akan membagikan file panduan kerja kepala sekolah dimasa pendemi lengkap dengan contoh pembuatan laporan kerja kepala sekolah di masa pandemi.

 

Pada panduan kerja kepala sekolah dimasa pandemi ada beberapa point penting yang harus di pahami oleh seorang kepala sekolah, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.      SIKAP AMONG DARI KEPALA SEKOLAH

Among, yakni guru sebagai pamong pembelajaran daring yang bersikap saling mengasah, saling mengasuh, saling mengasihi, saling mengajari, saling melatih, saling membimbing, dan saling meng- coach/ mentor.

 

2.      MENJAMIN KUALITAS BELAJAR MURID DI RUMAH

Kinerja kepala sekolah untuk memenuhi tugas dan fungsinya mengelola penyelenggaraan pembelajaran daring di saat Pandemik Covid 19 adalah menjamin bahwa pembelajaran berlangsung dengan terukur kualitasnya dan memberi dukungan kepada guru dalam pelaksanaan mengajar dari rumah.

 

3.      MELAKSANAKAN FUNGSI MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN

Membuat perencanaan secara terprogram, melaksanakan semua perencanaan yang telah dibuat, dan melakukan evaluasi secara kontinyu dalam program pembelajaran secara daring di rumah.

 

4.      MONITORING PEMBELAJARAN

Melakukan analisis kebutuhan monitoring, menyusun instrumen pemantauan pembelajaran, mensosialisasikan instrumen monitoring, melaksanakan monitoring, menganalisis data hasil monitoring, menindaklanjuti hasil monitoring.

 

5.      PEMBELAJARAN DARING

Mengidentifikasi masalah pembelajaran daring, menentukan strategi pembelajaran daring, menganalisis modalitas/gaya belajar murid, menentukan jenis pembelajaran daring sesuai kebutuhan.

 

6.      SUPERVISI PEMBELAJARAN

Membuat perencanaan supervisi, melaksanakan supervisi dimulai dengan pra observasi, pengamatan pembelajaran, dan pasca observasi, dan melakukan evaluasi pelaksanaan supervisi.

 

Selain itu dalam melakukan tugas maka kepala sekolah juga harus memiliki sebuah perencanaan kerja, dan ari perencanaan tersebut maka barulah di lakukan pelaksanaan kerja dan terakhir melakukan evaluasi dari hasil kerja yang telah dilakukan oleh masing-masing kepala sekolah. 

Untuk bapak dan ibu kepala sekolah yang ingin mengetahui langkah-langkah perencanaan kerja di masa pendemi, langkah-langkah pelaksanaan kerja dimasa pendemi serta mengetahui langkah-langkah evalusai kerja dimasa pendemi maka bapak dan ibu kepala sekolah bisa melihat lebih jelasnya pada panduan kerja kepala sekolah dimasa pendemi yang akan saya tampilkan di bawah ini.

 

Berikut ini Tampilan dari panduan kerja kepala sekolah dimasa pandemi :

  

Bagi bapak dan ibu kepala sekolah yang membutuhkan file panduan kerja kepala sekolah seperti yang tampak pada tampilan diatas, maka melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memnagikan filenya secara gratis dan tentunya mudah untuk di download sehingga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi bapaj dan ibu kepala sekolah yang akan melihat panduan kerja kepsek dimasa pendemi.

 

Selain panduan kerja kepala sekolah dimasa pandemi yang akan saya bagikan pada postingan ini maka bagi bapak dan ibu kepala sekolah yang juga membutuhkan contoh laporan kerja kepala sekolah dimasa pendemi dapat memiliki filenya yang akan saya bagikan pada postingan ini. Tujuan kherysuryawan.id membagikan semua ini ialah untuk membantu para kepala sekolah dalam memahami aturan kerja kepala sekolah dimasa pendemi dan bisa membuat laporan kerja kepala sekolah dimasa pendemi.

 

Sebagai gambaran awal bagi para kepala sekolah yang akan membuat laporan kerja kepala sekolah dimasa covid-19 maka pada file contoh laporan kerja kepala sekolah masa pendemi yang akan saya bagikan ini terdiri atas beberapa item penting didalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

 

BAB I PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang

B.       Tujuan

C.       Sasaran

 

BAB II PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN EVALUASI

A.      Perencanaan

B.       Pelaksaaan

C.       Evaluasi

 

BAB III MONITORING

A.      Tahap Persiapan

B.       Tahap Monitoring/Pengawasan

C.       Tahap Analisis Hasil

 

BAB IV LAPORAN KEGIATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING GURU

PENUTUP

LAMPIRAN-LAMPIRAN LAPORAN KEGIATAN

Meliputi

A.    Lampiran Instrumen Pembelajaran Daring

B.     Lampiran Instrumen Pembelajaran Daring Media WhatsApp

C.     Lampiran Instrumen Kegiatan Home Visit

D.    Lampiran Laporan Kegiatan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Guru

 

Baiklah setelah memahami penjelasan diatas seputar panduan kerja kepala sekolah dimasa pandemi serta laporan kerja kepala sekolah masa pendemi, maka bagi bapak dan ibu kepala sekolah yang membutuhkan file panduan kerja kepala sekolah dan juga contoh laporan kerja kepala sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Sebagai Bagian Dari Kegiatan Work From Home (Wfh), maka silahkan miliki filenya dengan cara mendownload kedua file tersebut pada judul file yang telah kherysuryawan.id sediakan di bawah ini :

 

  • Panduan Kerja Kepala Sekolah Masa Pandemi (DISINI)

  • Laporan Kerja Kepala Sekolah Masa Pandemi (DISINI)

  • Instrumen Supervisi Belajar Dari Rumah (BDR)- (DISINI)


Khusus untuk file panduan kerja kepala sekolah dimasa pandemi yang telah saya bagikan diatas filenya tersimpan dalam bentuk pdf, sedangkan khusus untuk file contoh laporan kerja kepala sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Sebagai Bagian Dari Kegiatan Work From Home (Wfh), filenya tersimpan dalam format MS WORD sehingga bagi anda yang akan menggunakannya maka bisa melakukan edit data dengan mudah dan bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

 

Demikianlah informasi mengenai panduan kerja kepala sekolah dimasa pandemi dan juga contoh laporan kerja kepala sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Sebagai Bagian Dari Kegiatan Work From Home (Wfh), yang bisa kherysuryawan.id bagikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para kepala sekolah yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel