Instrumen Supervisi Belajar Daring/Luring Tahun 2021/2022

Kherysuryawan.id – Download instrumen supervisi dimasa pendemi dan lembar kerja instrument BDR (belajar dari rumah) Tahun 2021/2022.

Sahabat Pendidikan, kita ketahui bahwa hingga saat ini masih banyak sekolah yang melakukan aktivitas belajar mengajar dari rumah. Dimasa pendemi ini guru dan siswa harus dapat tetap beraktivitas seperti biasanya untuk bisa mendapatkan ilmu pengetahuan meskipun harus dengan cara belajar yang tidak biasanya seperti kala belajar di sekolah.

 


Adapun jenis atau model belajar selama masa pendemi ini sekolah dapat memilih model atau metode pembelajaran yang sesuai dengan keadaan di tempat masing-masing. Secara umum belajar dari rumah dapat di pilih dengan 2 model yakni belajar secara daring (dalam jaringan ) atau belajar secara luring (luar jaringan).

 

Jika tempat para guru dan peserta didik memungkinkan untuk melakukan aktivitas belajar secara daring karena jaringan internet yang memadai, maka proses pembelajaran bisa dilakukan dengan model daring, namun jika keadaan di tempat para guru dan siswa tidak memungkinkan dalam melakukan akses internet maka pembelajaran bisa dilakukan secara luring.

 

Bagi para guru yang telah melakukan aktivitas belajar daring maupun belajar luring maka dalam pelaksanaannya guru haruslah membuat laporan belajar sesuai dengan model pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemic. Laporan belajar secara daring atau luring tersebut nantinya bisa menjadi bukti fisik bagi para guru yang telah melakukan tugasnya selama masa pendemi ini.

 

Guru membuat laporan belajar daring/luring Selain sebagai bukti fisik bahwa guru melakukan tugasnya dimasa pendemi ini laporan tersebut juga sangat penting dibuat oleh para guru sebagai bahan ketika kepala sekolah atau pengawas sekolah akan melakukan supervisi begi para guru di sekolah masing-masing.

 

Salah satu aktivitas dalam melakukan supervisi bagi para guru biasanya merupakan tugas dan tanggung jawab seorang atasan sekolah yang dalam hal ini adalah kepala sekolah. Selain kepala sekolah pengawas sekolah juga memiliki tugas yang sama yakni melakukan supervisi bagi para kepala sekolah dan para guru dilingkungan kepengawasannya.

 

Dalam melakukan supervisi baik oleh kepala sekolah maupun oleh pengawas sekolah, maka yang akan melakukan supervisi harus telah memiliki panduan pelaksanaan supervisi serta telah memiliki instrument supervisi. Pada masa pendemi ini karena masih banyak sekolah yang dalam proses belajar mengajar masih menggunakan model belajar daring dan luring maka dalam hal supervisi instrument yang harus digunakan ialah instrument supervisi belajar daring/luring atau instrument supervisi belajar dari rumah.

 

Bagi bapak dan ibu kepala sekolah atau para pengawas sekolah yang akan melakukan supervisi bagi para gurunya namun belum memiliki format instrument supervisi belajar dari rumah baik belajar secara daring atau luring dimasa pendemi ini, maka melalui postingan ini kherysuryawan.id akan membagikan file format instrument supervisi dimasa pendemi.

 

Melalui blog kherysuryawan.id ini saya akan membagikan 2 jenis file yang berhubungan dengan pelaksanaan supervisi dimasa pendemi ini, yaitu  instrumen supervisi BDR (belajar dari rumah) dan lembar kerja instrument BDR (belajar dari rumah). Kedua file tersebut akan sangat di butuhkan bagi para guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dalam melakukan aktivitas supervisi di masa pendemi ini.

 

Didalam isi instrument supervisi belajar dari rumah selama belajar daring dan luring ada beberaoa item yang di muat didalamnya diantaranya yaitu :

1.      Pelaksanaan pembelajaran daring/luring

2.      Persentasi Guru yang melaksanakan Pembelajaran Daring/Online

3.      Kendala Umum yang dialami Sekolah dalam Pembelajaran Daring/Online

4.      Nama guru yang melakukan pembelajaran daring/luring

5.      Nama mata pelajaran dan kelas yang diampu guru

6.      Apakah guru melaksanakan proses pembelajaran daring/luring atau tidak melaksanakannya

7.      Berapa persesn jumlah siswa yang terjangkau selama belajar daring/luring

8.      Berapa persen jumlah siswa yang merespon selama belajar daring/luring

9.      Bepara persen ketercapaian materi yang di telah di pelajari.

 

Bagi anda yang membutuhkan file instrument dan lembar kerja supervisi Belajar daring dan luring, maka dikesempatan ini kherysuryawan.id akan membagikan filenya kepada anda yang membutuhkannya. Kedua file tersebut yakni instrumen supervisi BDR (belajar dari rumah) dan lembar kerja instrument BDR (belajar dari rumah) tersimpan dalam bentuk exel dan juga pdf sehingga anda bisa menjadikannya sebagai format dan acuan dalam melakukan aktivitas supervisi dimasa pendemi ini.

 

Baiklah berikut ini file instrumen supervisi BDR (belajar dari rumah) dan lembar kerja instrument BDR (belajar dari rumah) yang bisa anda dapatkan melalui blog kherysuryawan.id ini dan bagi anda yang ingin memiliki filenya maka silahkan anda download kedua file tersebut di bawah ini :

 

  • Instrumen Supervisi BDR (DISINI
  • Lembar Kerja Instrumen BDR (DISINI)
  • Laporan Kerja Kepala Sekolah Masa Pandemi (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai format instrumen supervisi BDR (belajar dari rumah) dan lembar kerja instrument BDR (belajar dari rumah) yang bisa kherysuryawan bagikan, semoga file tersebut bisa membantu para bapak dan ibu guru serta kepala sekolah dan pengawas sekolah yang akan melakukan kegiatan supervisi dimasa pendemi ini.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel