Format Kisi-Kisi,Penskoran dan Kartu Soal K13 Revisi Terbaru

Kherysuryawan.id – Contoh Format kisi-kisi soal, pedoman penskoran dan kartu soal untuk soal pilihan ganda dan soal uraian SD, SMP, SMA dan SMK.

Sahabat pendidikan yang berbahagia pada postingan kali ini kembali admin akan membagikan format kisi-kisi dalam pembuatan kartu soal yang juga telah di lengkapi dengan pedoman penskoran serta contoh format kartu soal mulai dari format kartu soal bentuk pilihan ganda maupun bentuk essay.

 


Perlu di katahui bahwa jika guru akan membuat kartu soal maka hal penting yang pertama kali harus di lakukan sebelum membuat soal dan kartu soal yaitu menyiapkan kisi-kisi soal. Hal ini penting untuk dilakukan sebab nantinya kisi-kisi soal tersebut dapat di jadikan sebagai dasar dalam pembuatan soal dan juga kisi-kisi soal tersebut nantinya bisa menjadi acuan bagi siswa yang akan mempelajari jenis materi yang akan di jadikan sebagai soal ulangan/ujian.

 

Sebagai seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran di sekolah, maka pastinya akan dihadapkan pada situasi dimana guru akan melakukan evaluasi baik itu dalam bentuk ulangan ataupun ujian. Nah dalam melakukan persiapan menghadapi ulangan atau ujian maka guru akan mulai sibuk dalam menyiapkan dan membuat soal-soal ulangan atau soal ujian.

 

Dalam membuat soal ulangan atau soal ujian maka salah satu hal penting yang harus di perhatikan ialah pembuatan kisi-kisi soal dan kartu soal. Mengapa hal ini penting untuk di lakukan, tentunya membuat kisi-kisi dan kartu soal merupakan salah satu bentuk administrasi guru yang harus di persiapkan oleh guru sebelum membuat naskah soal.

 

Pada postingan sebelumnya admin telah membagikan contoh format kartu soal dan juga bentuk kartu soal yang sudah jadi namun pada postingan ini admin akan kembali membagikan contoh format kisi-kisi untuk pembuatan kartu soal. Selain kisi-kisi admin juga telah menyiapkan format kartu soal lainnya dalam bentuk kartu soal pilihan ganda dan kartu soal essay jadi pengguna bisa memiliki semuanya sesuai kebutuhan.

 

Pada pembelajaran kurikulum 2013, maka guru dalam membuat soal dan kartu soal maka tentunya harus mengikuti jenis kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013.

Pada postingan ini admin akan membantu para guru dalam memudahkan untuk membuat kisi-kisi soal dan kartu soal dengan cara menyiapkan format kisi-kisi soal dan format kartu soal.

 

Pada format kisi-kisi soal untuk kartu soal terdapat beberapa item di dalamnya, diantaranya yaitu sebagai berikut :

-          Mata pelajaran

-          Kelas/semester

-          Alokasi waktu

-          Nomor urut soal

-          Kompetensi yang diujikan

-          Materi

-          Uraian materi

-          Indikator soal

-          Bentuk soal

 

Sebagai informasi bahwa Kartu soal digunakan sebagai sebuah sarana dalam menyajikan naskah soal dan juga kartu soal menjadi sebuah arsip dalam sebuah bank soal sekolah. Untuk di ketahui pula bahwa Berdasarkan urutannya dalam pembuatan soal , maka terbagi menjadi 3 bagian kegiatan diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Membuat Kisi-Kisi

2. Membuat Kartu Soal

3. Membuat Naskah Soal

 

Ketiga hal tersebut sangat penting untuk di ketahui oleh seorang guru sehingga nantinya ketika guru akan menghadapi supervisi maka sudah mengetahui tentang pentingnya membuat kartu soal untuk menjadi sarana dalam membuat naskah soal. Bagi anda yang mungkin baru pertama kali akan membuat kartu soal maka kiranya informasi ini akan bermanfaat buat anda.

 

Pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id akan membagikan format kisi-kisi soal plus format pedoman penskorannya serta contoh format kartu soal bentuk pilihan ganda dan essay. 

Bagi anda yang membutuhkan file tersebut, maka silahkan anda download filenya di bawah ini :


  • Kisi-Kisi Soal dan Pedoman Penskoran Soal (DISINI)
  • Format Kartu Soal & Aplikasi Pembuat Kartu Soal (DISINI)
  • Kartu Soal Pilihan Ganda dan Essay yang Sudah Jadi (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai format kisi-kisi soal lengkap dengan format kartu soal K13 yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga file tersebut bisa brmanfaat dan bisa membantu aktivitas para guru dalam membuat dan menyajikan soal-soal ulangan maupun soal ujian di sekolah masing-masing.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel