Contoh Format Kartu Soal Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022

Kherysuryawan.id – Contoh kartu soal pilihan ganda dan essay serta aplikasi pembuat kartu soal pilihan ganda dan soal uraian / essay untuk sekolah SD, SMP, SMA dan SMK.

Sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan milik kherysuryawan yang mana pada kesempatan kali ini admin akan mengulas tentang salah satu dokumen penting dalam dunia pendidikan yang sangat di butuhkan atau di perlukan oleh seorang guru.

 


Apakah anda seiorang guru ???

Jika anda seorang guru maka anda pastinya pernah mendengar tentang apa itu kartu soal.

Yah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang kartu soal baik itu untuk kartu soal pilihan ganda maupun kartu soal bentuk uraian atau essay.

 

Sebagai seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran di sekolah, maka pastinya akan dihadapkan pada situasi dimana guru akan melakukan evaluasi baik itu dalam bentuk ulangan ataupun ujian. Nah dalam melakukan persiapan menghadapi ulangan atau ujian maka guru akan mulai sibuk dalam menyiapkan dan membuat soal-soal ulangan atau soal ujian.

 

Dalam membuat soal ulangan atau soal ujian maka salah satu hal penting yang harus di perhatikan ialah pembuatan kartu soal. Mengapa hal ini penting untuk di ketahui, tentunya membuat kartu soal merupakan salah satu bentuk administrasi guru yang harus di persiapkan oleh guru sebelum membuat naskah soal.

 

Apabila anda merupakan seorang guru di suatau sekolah ternama yang memiliki aturan yang ketat maka anda tak bisa mengelak jika anda di haruskan untuk membuat kartu soal sebelum menyajikan naskah soal baik itu untuk soal ulangan maupun untuk soal ujian. Kartu soal dapat dibuat dengan mudah jika seorang guru sudah memahami tentang cara mmebuat kartu soal dan tentunya telah memiliki format kartu soal.

 

Pada pembelajaran kurikulum 2013, maka guru dalam membuat soal dan kartu soal maka tentunya harus mengikuti jenis kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Namun saat ini selain sekolah menggunakan kurikulum 2013 ada juga sekolah yang telah menggunakan program terbaru yakni peogram sekolah penggerak.

 

Bagi guru yang mengajar pada sekolah program penggerak atau sekolah penggerak maka dalam membuat soal dan menyajikan kartu soal juga harus menyesuaikan pada jenis kurikulum yang di gunkan yaitu kurikulum sekolah penggerak. Intinya bahwa kartu soal dapat dibuat dengan mudah jika kita telah memiliki contoh format kartu soal.

 

Pada postingan ini admin akan membantu para guru dalam memudahkan untuk membuat kartu soal ketika guru akan membuat naskah soal baik itu untuk soal ulangan semester maupun untuk soal ujian sekolah dan lainnya. Disini admin akan membagikan file format karu soal dalam bentuk MS word dan anda yang membutuhkannya pun dapat memiliki filenya secara gratis.

 

Sebelum admin kherysuryawan.id membagikan file contoh format kartu soal dalam bentuk doc, maka alangkah baiknya jika para guru terlebih dahulu mengetahui tentang alur dalam pembuatan soal baik itu untuk pembuatan soal ulangan semester maupun untuk pembuatan soal ujian sekolah sehingga para guru bisa mengetahui pentingnya membuat dan menyajikan kartu soal.

 

Sebagai informasi bahwa Kartu soal digunakan sebagai sebuah sarana dalam menyajikan naskah soal dan juga kartu soal menjadi sebuah arsip dalam sebuah bank soal sekolah. Untuk di ketahui pula bahwa Berdasarkan urutannya dalam pembuatan soal , maka terbagi menjadi 3 bagian kegiatan diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Membuat Kisi-Kisi

2. Membuat Kartu Soal

3. Membuat Naskah Soal

 

Ketiga hal tersebut sangat penting untuk di ketahui oleh seorang guru sehingga nantinya ketika guru akan menghadapi supervisi maka sudah mengetahui tentang pentingnya membuat kartu soal untuk menjadi sarana dalam membuat naskah soal. Bagi anda yang mungkin baru pertama kali akan membuat kartu soal maka kiranya informasi ini akan bermanfaat buat anda.

 

Pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id akan membagikan salah satu dari ketiga point yang telah admin jelaskan diatas yaitu admin akan membagikan file atau dokumen format kartu soal yang bisa digunakan dalam pembuatan kartu soal baik untuk pembelajaran pada kurikulum 2013 maupun untuk sekolah penggerak. selain format kartu soal admin juga akan membagikan file aplikasi pembuat kartu soal dalam bentuk exel untuk memudahkan pada guru yang akan membuat kartu soal secara cepat dan praktis.

 

Format Kartu soal yang akan admin kherysuryawan.id bagikan pada kesempatan kali ini telah tersimpan dalam bentuk MS Word sehingga bagi bapak dan ibu guru yang akan menggunakannya maka bisa menggunakannya dengan mudah dan jika akan melakukan mengeditan atau pembaharuan maka dapat melakukannya sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing. Selain itu format kartu soal ini pun bisa digunakan untuk proses pembuatan soal pada sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, sekolah jenjang SMA maupun sekolah jenjang SMK

 

Adapun contoh format kartu soal yang akan admin bagikan pada postingan ini dapat digunakan untuk membuat soal dalam bentuk soal pilihan ganda maupun dalam bentuk soal uraian/soal essay. Jadi anda yang akan menggunakannya bisa melakukan kreasi sendiri sesuai kebutuhan masing-masing dan tentunya di sesuaikan dengan jenis materi yang akan di jadikan sebagai soal.

 

Ada beberapa item yang termuat di dalam format kartu soal yang akan kherysuryawan.id bagikan ini, diantaranya yaitu :

  • Kompetensi dasar
  • Indikator pencapaian kompetensi
  • Indikator soal
  • Buku acuan/referensi
  • Pilihan tingkat soal (pengetahuan/pemahaman, aplikasi, penalaran)
  • Nomor soal
  • Deskripsi soal
  • Kunci jawaban
  • Pembahasan

 

Baiklah bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan file format kartu soal untuk pembuatan soal pada pembelajaran kurikulum 2013 serta lengkap dengan aplikasi pembuat kartu soal, maka silahkan miliki filenya yang akan saya bagikan di bawah ini :

 

  • Format Kartu Soal Terbaru (DISINI
  • Aplikasi Pembuat Kartu Soal (DISINI)
  • Format Kisi-kisi, dan Penskoran Soal (DISINI)
  • Kartu Soal Yang Sudah jadi (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai format kartu soal K13 yang bisa admin bagikan pada kesempatan kali ini, semoga file format kartu soal diatas bisa brmanfaat dan bisa membantu aktivitas para guru dalam membuat dan menyajikan soal-soal ulangan maupun soal ujian di sekolah masing-masing.

Sekian dan Terimakasih.

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel