Format Kartu Soal US,PAS,PTS,UH Versi Terbaru

Kherysuryawan.id – Format Kartu Soal Ujian Sekolah, Format Kartu Soal Penilaian Akhir Semester (PAS), Format Kartu Soal Penilaian Tengah Semester (PTS), Format Kartu Soal Ulangan Harian (UH) Untuk Versi Terbaru Dalam Format Word.

Sahabat kherysuryawan, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang salah satu dokumen penting yang harus di miliki oleh seorang guru di sekolah.

 


Dalam persiapan pelaksanaan ujian sekolah ataupun ulangan baik itu ulangan akhir semester (UAS), maupun ulangan tengah semester dan ulangan harian maka guru tentunya akan menyiapkan soal-soal untuk kegiatan ujian atau ulangan tersebut. Nah dalam mempersiapkan soal ataupun membuat soal maka untuk melengkapinya guru harus menyajikannya dalam bentuk kartu soal.

 

Biasanya pihak sekolah akan mengharuskan para guru yang telah membuat soal baik itu soal ujian maupun soal ulangan untuk membuat kartu soal. Mengapa kartu soal penting untuk dibuat oleh guru di sekolah ? perlu di ketahui bahwa Fungsi dan manfaat kartu soal adalah untuk memvisualisasikan secara konkrit susunan, bentuk dan jawaban soal yang akan mucul sebagai naskah soal yang disajikan kepada peserta didik.

 

Soal biasanya akan di buat dalam beberapa bentuk diantaranya soal bentuk pilihan ganda atau soal bentuk uraian/essay. Kartu soal dapat dibuat oleh guru pada saat guru akan membuat soal baik itu soal uraian maupun soal pilihan ganda. Kartu soal juga akan menjadi sebuah kelengkapan administrasi yang sangat penting bagi seorang guru yang mengajar sesuai mata pelajarannya masing-masing.

 

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, mungkin diantara para guru yang sudah mengajar di sekolah masih ada yang belum memahami tentang model atau format kartu soal. Melalui postingan ini saya sebagai admin akan mencoba untuk berbagi file format kartu soal yang bisa digunakan oleh para guru ketika akan membuat kartu soal di sekolah masing-masing.

 

Sebagai informasi bahwa ada beberapa jenis komponen yang terdapat di dalam kartu soal, untuk mengetahuinya maka berikut ini beberapa komponen yang termuat di dalam kartu soal :

1.       Kompetensi dasar

2.       Materi pelajaran

3.       Indikator soal

4.       Level kognitif soal

5.       Nomor soal

6.       Deskripsi soal

7.       Pembahasan

8.       Kunci jawaban

 

Bagi bapak dan ibu guru yang saat ini sedang membutuhkan contoh format kartu soal lengkap sesuai dengan komponen yang telah saya sebutkan diatas, maka bapak/ibu guru bisa mendapatkan contoh format kartu soal tersebut pada artikel ini sebab melalui artikel ini saya akan membagikan filenya secara gratis.

 

Kartu soal ini merupakan jenis kartu soal versi terbaru yang bisa digunakan dalam pembuatan kartu soal ujian sekolah, kartu soal PAS, kartu soal UAS, kartu soal PTS/UTS, kartu soal ulangan harian maupun untuk kartu soal ketika guru akan membuat evaluasi di sekolah masing-masing.

 

Kartu soal ini dapat digunakan apabila guru akan membuat soal ujian / ulangan baik soal pilihan ganda maupun soal uraian. Dengan saya membagikan format kartu soal ini maka kiranya bisa membantu aktivitas para guru di sekolah yang baru akan membuat dan menyiapkan kartu soal.

 

Perlu di ketahui pula bahwa kartu soal yang akan saya bagikan ini formatnya tersimpan dalam bentuk Ms Word, sehingga sangat mudah untuk digunakan, dan juga bagi bapak/ibu guru yang akan menggunakannya maka tinggal memasukkan KD, indikator soal, deskripsi soal, pembahasan dan lainnya pada kolom yang telah di siapkan pada format yang telah di sajikan sehingga akan sangat mudah untuk digunakan dan tentunya akan sangat membantu para guru di sekolah yang akan membuat kartu soal.

 

Apabila bapak/ibu guru yang akan menggunakan format kartu soal ujian/ulangan yang akan saya bagikan ini dan ingin melakukan pengeditan atau pembaharuan sesuai keinginan masing-masing, maka bapak/ibu guru dapat melakukannya dengan mudah sebab siapapun yang menggunakan format kartu soal ini maka bisa mengkreasikannya sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Format kartu soal ini dapat digunakan oleh bapak/ibu guru yang akan membuat soal ujian/ulangan baik untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK. Dalam penggunaannya bapak/ibu guru tinggal menyesuaikannya dengan tipe soal dan komponen yang ada dalam format kartu soal sesuai dengan jenjang sekolah masing-masing dan tentunya di sesuaikan dengan jenis mata pelajaran yang di ampu masing-masing guru.

 

Baiklah bagi bapak/ibu guru yang membutuhkan format kartu soal ulangan/ujian maka silahkan miliki filenya secara gratis yang dapat di unduh pada judul di bawah ini :

 

  • Format Kartu Soal Versi Terbaru (DISINI) 

 

Demikianlah informasi mengenai format kartu soal untuk ujian sekolah maupun ulangan PAS,UAS,PTS/UTS,UH yang bisa saya bagikan di kesempatan kali ini, semoga file tersebut dapat membantu tugas para guru di sekolah khususnya dalam menyiapkan dan membuat kartu soal.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel