-->

FORMAT PENYUSUNAN PERANGKAT RPP VERSI TERBARU

Bagi anda yang berprofesi sebagai guru tentunya pernah membuat perangkat pembelajaran namun perangkat pembelajaran yang telah di buat belum di ketahui apakah sudah sesuai dengan format yang di gunakan saat ini dalam artian apakah perangkat tersebut telah sesuai dengan format terbaru yang merupakan hasil revisi terbaru saat ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bentuk format perangkat pembelajaran RPP yang sudah merupakan bentuk format terbaru dari hasil revisi yang berlaku saat ini. Dengan melihat format yang akan saya sajikan nanti maka bagi anda bapak dan ibu guru yang ibgin membuat perangkat pembelajaran RPP sudah tidak bingung lagi sebab di dalam format yang akan saya berikan ini semua unsur yang harus di muat dalam sebuah RPP sudah di lengkapi dengan point-point yang harus termuat di dalam perangkat RPP.
Memang dalam membuat perangkat RPP sampai saat ini tidak ada format perangkat RPP yang baku yang dapat di jadikan sebagai patokan dalam menyusun sebuah RPP sebab unsur-unsur yang termuat di dalam RPP ada kalanya harus di sesuaikan dengan kondisi dan lingkungan tempat anda mengajar.
Format penyusunan perangkat RPP yang akan saya bagikan ini dapat di jadikan sebagai pedoman bagi bapak dan ibu guru yang akan membuat atau menyusun perangkat pembelajaran di sekolahnya masing-masing.

Dalam membuat perangkat RPP hal-hal yang terpenting yang harus di tulis di usahakan benar-benar sesuai dengan keadaan di sekolah tersebut dan semua yang telah di rencenakan tersebut di dalam RPP sungguh benar-benar dapat di lakukan pada saat pembelajaran berlangsung.
Sampai saat ini masih banyak guru-guru yang masih bingung dalam membuat perangkat RPP salah satu penyebabnya adalah karena tidak adanya format baku yang dapat di jadikan sebagai patokan dalam penyusunan perangkat RPP. Namun dengan adanya format RPP terbaru ini kiranya bapak dan ibu guru yang akan membuat dan menyusun perangkat RPP akan terbantu sehingga dapat membuat RPP dengan baik dan benar.

Di dalam format penyusunan RPP versi terbaru ini terdiri dari beberapa item diantaranya yaitu : pada item pertama terdiri dari identitas sekolah yang meliputi nama sekolah, mata pelajaran, kelas dan semester, materi pokok dan alokasi waktu. Pada item kedua yaitu harus memuat kompetensi inti yang meliputi kompetensi inti 1 (sikap spiritual), kompetensi inti 2 ( sikap social), kompetensi inti 3 (pengetahuan), kompetensi inti 4 (keterampilan).

Pada item yang ke tiga yaitu harus memuat kompetensi dasar (KD) dan indicator pencapaian kompetensi (IPK) serta memuat nilai karakter yang akan di gunakan atau di terapkan di dalam pembelajaran pada RPP tersebut.

Pada item yang keempat harus memuat tujuan pembelajaran yang mana di dalam tujuan pembelajaran tersebut harus juga memuat beberapa item yaitu di antaranya audience (A), behavior (B), condision (C) dan degree (D). keempat unsur tersebut wajib harus termuat di dalam tujuan pembelajaran yang akan di buat.

Pada item yang kelima yaitu harus memuat materi pembelajaran, yang mana di dalam materi pembelajaran yang harus termuat di dalam RPP yaitu harus ada materi pembelajaran regular yang meliputi ( fakta,konsep,prinsip dan prosedur ), selain itu juga harus memuat materi pembelajaran remedial dan materi pembelajaran pengayaan.

Pada item yang keenam yaitu harus memuat metode pembelajaran yang mana di dalam metode pembelajaran ada beberapa aspek yang termuat diantaranya yaitu pendekatan, model dan model pembelajaran yang akan di gunakan pada materi yang akan di ajarkan sesuai dengan RPP yang di buat.

Pada item yang keenam yaitu harus memuat media, alat dan bahan yang akan di gunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran nantinya. Kemudian pada item yang ke tujuh yaitu harus memuat sumber belajar yaitu berupa bahan ajar cetak maupun non cetak artinya dapat berupa buku teks maupun sumber belajar lainnya yang mungkin di ambil dari internet.

Pada item yang kedelapan yaitu harus memuat langkah-langkah pembelajaran, yang mana di dalam langkah-langkah pembelajaran tersebut harus memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup.

Pada item yang kesembilan yaitu harus memuat penilaian yang meliputi Teknik penilaian sikap spiritual,social,pengetahuan, keterampilan,penilaian remedial dan penilaian pengayaan. Untuk penilaian pada perangkat RPP harus dilampirkan dengan instrument penilaiannya sehingga akan terlihat lebih lengkap dan sesuai dengan prosedur yang ada.

Untuk lebih jelasnya berikut ini tampilan dari beberapa unsur yang harus termuat di dalam penyusunan perangkat RPP pada format versi terbaru :



Demikianlah informasi seputar format perangkat RPP terbaru yang dapat saya bagikan pada artikel ini, semoga apa yang saya berikan ini benar-benar dapat bermanfaat buat anda khususnya bapak dan ibu guru yang akan membuat perangkat pembelajaran RPP untuk model RPP revisi terbaru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel