Cara Cek Nama Guru Belum Menautkan Akun Belajar ke SIMPKB Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Cara mengecek data guru di setiap sekolah yang belum menautkan akun belajar.id ke SIMPKB.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di postingan yang kali ini akan membahas tentang salah satu hal penting yang harus di ketahui oleh para guru yang telah terdaftar di aplikasi dapodik.

 

Seperti kita ketahui Bersama, bahwa baru-baru ini kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi telah memberikan akun pembelajaran (Belajar.id) untuk setiap guru yang telah terdaftar di dalam aplikasi dapodik. Selain guru akun pembelajaran (belajar.id) juga di berikan kepada kepala sekolah, tenaga kependidikan dan juga kepada siswa.

 

Akun pembelajaran (belajar.id) sangat penting untuk di miliki oleh para guru. Nantiya dengan menggunakan Akun pembelajaran (belajar.id) tersebut maka guru dapat melakukan akses ke berbagai platform pembelajaran yang telah di sediakan oleh pihak kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi.

 

Perlu di ketahui dan di pahami bahwa Akun Pembelajaran merupakan nama akun (user ID) yang bertanda belajar.id dan kata sandi (password) yang dapat digunakan untuk mengakses berbagai

aplikasi pembelajaran. Bagi guru yang telah memiliki akun pembelajaran maka dapat melakukan aktivasi akun pembelajarannya sehingga nantinya akun tersebut dapat digunakan sebagaimana fungsinya.

 

Ada beberapa manfaat yang dapat di peroleh dengan memiliki dan menggunakan akun pembelajaran (belajar.id).

Berikut ini  beberapa manfaat dari akun pembelajaran :

1.   Memudahkan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar

2.   Dapat digunakan untuk mengakses berbagai platform dari Kemendikbudristek

3.   Dapat menyimpan dokumen secara daring dengan ruang penyimpanan lebih aman tanpa batas

4.   Dapat mengakses dan memanfaatkan Chromebook

5.   Sebagai jalur informasi resmi dari Kemendikbudristek

Bagi para guru maupun peserta didik (siswa) maka perlu di pahami pula bahwa akun Pembelajaran dapat digunakan selama status Anda masih tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Akun pembelajaran yang telah di gunakan oleh guru maupun peserta didik akan dihapus jika pemilik akun sudah tidak berstatus sebagai Pendidik atau Peserta Didik.

 

Sahabat pendidikan yang berbahagia, khusus untuk guru maka akun pembelajaran juga menjadi salah satu akun yang nantinya dapat di gunakan sebagai akses ke laman SimPKB. Kita ketahui bahwa di laman simPKB guru dapat memperoleh banyak sekali informasi penting yang berhubungan dengan kegiatan guru yang diantaranya informasi mengenai kegiatan pendidikan profesi guru (PPG), informasi mengenai kegiatan guru penggerak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Akun pembelajaran yang dimiliki oleh guru wajib sifatnya untuk di tautkan ke simPKB masing-masing guru sebab nantinya untuk mengakses laman simPKB maka akan menggunakan akun pembelajaran (belajar.id). sebagai contoh bagi guru yang akan megikuti PPG di tahun ini maka harus segera menautkan akun pembelajaran (belajar.id) ke SIMPKB sebab nantinya untuk mengetahui informasi tentang seleksi PPG maka harus dapat mengakses laman simPKB dengan menggunakan akun belajar.id.

 

Sampai saat ini sudah banyak para guru di setiap daerah yang menautkan akun pembelajaran (belajar.id) ke SIMPKB, namun demikian ternyata masih banyak pula guru yang hingga saat ini belum melakukannya dalam hal ini belum menautkan akun pembelajaran (belajar.id) nya ke SIMPKB.

 

Lantas, bagaimana cara untuk mengecek atau mengatahui nama-nama guru yang belum menautkan akun pembelajaran (belajar.id) ke SIMPKB ???

Melalui postingan ini admin kherysuryawan.id akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara untuk mengecek data guru yang belum menautan akun pembelajaran (belajar.id) ke SIMPKB.

 

Bagi anda yang ingin mengecek data guru yang belum menautan akun pembelajaran (belajar.id) ke SIMPKB maka disini anda bisa mengetahui caranya dengan mudah. Cara yang admin akan begikan ini dapat melacak atau mengetahui setiap guru di setiap daerah (Propinsi/kabupaten) yang terdaftar di aplikasi dapodik dan telah memiliki akun pembelajaran namun belum menautkannya ke simpkb.

 

Baiklah berikut ini penjelasan tentang Cara untuk mengecek data guru yang belum menautan akun pembelajaran (belajar.id) ke SIMPKB :

Cara Melihat Data Guru yang belum menautkan Akun Belajar.id ke SIMPKB.

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut ini : https://datastudio.google.com/u/0/reporting/0c2856b8-d62f-4483-b962-c1bb45f6ba23/page/MYroC


2.   Ketik Nama Inisial di Bagian Pencarian Nama

3.   Setelah itu klik ‘enter” maka akan di tampilkan nama guru yang belum menautkan akun pembelajarannya

4.   Jika akan mengecek nama guru secara kolektif dengan menggunakan daftar nama yang ada di setiap daerah, maka silahkan Ketik Asal Provinsi Mohon Nama Provinsi dimulai dengan huruf besar. (contoh: Bali, Aceh )

5.   Selanjutnya silahkan Ketik  Asal Kabupaten/ Kota dengan cara  tulis kata Kab. (nama kabupatennya) contoh: Kab. Karo, Kab. Deli Serdang

6.   Maka akan di tampilkan nama-nama guru yang belum menautkan akun pembelajarannya sesuai dengan nama di sekolah tempat mengajar.

 

Demikianlah tutorial atau cara untuk melakukan cek daftar nama guru di setiap sekolah yang belum menautkan akun pembelajaran (belajar.id) ke laman SIMPKB. Semoga dengan informasi ini maka dapat membantu rekan-rekan guru di setiap daerah untuk bisa mengetahui atau memastikan bahwa Namanya telah melakukan penautan akun pembelajaran secara benar dan juga dapat membantu untuk menginformasikan bagi guru yang belum menautkan akun pembelajarannya sehingga bisa segera melakukan penautan akun belajar.id ke simPKB.

 

Sekian informasi ini admin kherysuryawan berikan, semoga dapat bermanfaat bagi para guru di seluruh Indonesia khususnya para guru yang telah memiliki akun pembelajaran (belajar.id).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel