-->

ARTI PENILAIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF

Pernahkah anda mendengar mengenai penilaian yang bersifat kuantitatif dan penilaian yang bersifat kualitatif ???
Pada dasarnya kedua jenis penilaian tersebut memang memiliki makna dan arti yang berbeda. Kedua jenis penilaian tersebut biasanya kita sering perdebatkan di saat akan memilih salah satu dari kedua jenis penilaian tersebut baik di sekolah maupun di saat menyusun laporan dalam bentuk proposal ataupun skripsi yang berhubungan dengan perhitungan data.

Kedua jenis penilaian tersebut masing – masing dapat di gunakan dalam melakukan kegiatan penilaian baik di sekolah saat memberikan nilai kepada peserta didik dalam bentuk raport ataupun saat penyusunan skripsi yang menunutut harus menggunakan system penilaian kualitatif ataupun penilaian kuantitatif.


Pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini saya akan menjelaskan mengenai arti dari penilaian kualitatif dan penilaian kuantitatif yang sering banyak orang sulit untuk bisa membedakannya. Pada suatu kegiatan pelatihan ataupun workshop yang membahas mengenai system penilaian di dalamnya, kita sering mendengar istilah dari kedua jenis penilaian ini. Penilaian kualitatif dan penilaian kuantitatif sering kali menjadi bahan perbincangan dalam pertemuan-pertemuan yang membahas mengenai Teknik penilaian yang akan di gunakan seseorang dalam mengambil keputusan hasil pendataan yang di lakukan.

Penilaian kuantitatif merupakan bentuk penilaian yang di nyatakan ke dalam sebuah angka dimana jika sesorang ingin menggunakan jenis penilaian kuantitatif ini maka bentuk penilaiannya di berikan dalam bentuk angka misalkan 70,80,90 dan lain sebagainya.
Penilaian kuantitatif merupakan bentuk penilaian yang sifatnya sistematis sehingga di sajikan dalam sebuah angka.
Sistematis disini maksudnya adalah suatu kegiatan atau proses yang sering di gunakan oleh banyak orang dalam melakukan suatu penelitian dimana dalam penelitian itu menggunakan langkah – langkah yang bersifat logis, jadi penilaian yang sistematis artinya bahwa penilaian tersebut harus bersifat logis.

Sedangkan penilaian kualitatif merupakan bentuk penilaian yang didasarkan atau dinyatakan ke dalam sebuah huruf dimana jika seseorang menggunakan Teknik penilaian kualitatif maka nilai yang di berikan dalam bentuk huruf, misalnya nilai A, nilai B dan seterusnya.
Penilaian kualitatif merupakan bentuk penilaian yang sifatnya deskriptif yang dapat di jabarkan dan di jelaskan dalam bentuk kata-kata.

Penilain kualitatif dan penilain kuantitatif sebenarnya dua buah bentuk penilaian yang sama-sama memberikan maksud yang sama hanya saja bentuk dan sifat yang di gunakan dalam kedua jenis penilaian tersebut yang agak berbeda. Meskipun demikian kedua jenis penilaian tersebut dapat di gunakan salah satunya atau bahkan dapat di gunakan kedua-duanya apabila jenis penelitian atau bentuk penilaian yang di gunakan mengharuskan untuk menggunakan kedua jenis penilaian tersebut.

Penilaian merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran namun pemilihan Teknik atau jenis penilaian juga sangat penting dalam penggunaanya. Penilaian sering di sebut sebagai suatu bagian integral dalam sebuah pembelajaran sebab penilaian memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu dengan di berikannya suatu penilaian maka kita akan dapat mengetahui seberapa besar kemampuan yang kita miliki dalam melakukan suatu aktifitas yang membutuhkan pengetahuan sehingga kita dapat mengukur kemampuan kita dalam menekuni suatu bidang yang sedang kita geluti.

Dengan kita memahami arti dan pentingnya suatu penilaian maka kita pun harus juga bisa memahami tentang pentingnya dalam memilih jenis penilaian yang akan kita  gunakan dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam melakukan suatu aktifitas yang berhubungan dengan pengolahan data yang menuntut kita untuk menggunakan jenis penilaian yang tepat dalam pengolahan data tersebut.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya paparkan mengenai arti dari penilaian kuantitatif dan penilaian kualitatif, semoga dengan penjelasan dari kedua jenis penilaian ini, maka dapat membantu anda yang saat ini bingung untuk memilih jenis penilaian mana yang akan anda gunakan dalam melakukan suatu penelitian ataupun kegiatan yang mengharuskan untuk memilih Teknik penilaian yang tepat.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkan informasi mengenai arti dan makna dari jenis penilaian kuantitatif dan penilaian kualitatif.
Jangan lupa pula untuk membaca dan mencari informasi menarik lainnya seputar dunia Pendidikan yang ada di dalam blog ini. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel