Download KKM IPS Terpadu kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Untuk melengkapi file perangkat KKM mata pelajaran IPS Terpadu jenjang SMP maka pada kesempatan kali ini saya akan kembali membagikan file perangkat KKM untuk kelas 9 mata pelajaran IPS Terpadu hasil revisi terbaru kurikulum 2013. Sebelum anda mendownloadnya maka alangkah baiknya jika anda mengetahui sedikit mengenai apa itu KKM???
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menjadi dasar dalam menentukan ketuntasan seorang peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajarannya yang di sajikan dalam sebuah nilai .
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) artinya merupakan kriteria paling rendah untuk menentukan peserta didik dalam mencapai nilai ketuntasan dalam setiap mata pelajaran, artinya bahwa KKM merupakan suatu acuan atau pedoman dasar dalam menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
KKM di tentukan dengan melihat beberapa aspek penilaian diantaranya kompleksitas, daya dukung dan intake. Penilaian Kompleksitas di lihat dari tingkat kesukaran materi pada setiap kompetensi dasar, daya dukung meliputi penilaian keadaan dan kelenkapan sarana dan prasarana yang di miliki oleh suatu satuan pendidikan, sedangkan penilaian intake yaitu meliputi penilaian kemampuan yang di miliki oleh peserta didik dalam memecahkan masalah yang di pelajari di sekolah.

Kriteria ketuntasan minimal (KKM) biasanya di tetapkan pada awal tahun pelajaran. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) di tetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah setiap guru mata pelajaran.
KKM dinyatakan dalam sebuah angka yang biasanya di tulis dalam suatu bilangan bulat dengan rentang antara 0 - 100.
Dalam buku laporan hasil belajar siswa tentunya kita akan melihat nilai KKM yang merupakan nilai batas dari setiap mata pelajaran, apabila seorang peserta didik memiliki nilai di bawah dari kkm yang telah di tetapkan maka peserta didik tersebut dinyatakan belum berhasil dan perlu perbaikan.

Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan suatu acuan bersama yaitu antara guru dalam hal ini sebagai pendidik, peserta didik (siswa) dan juga orang tua/wali peserta didik.
seluruh pihak yang terlibat dalam hal tersebut memiliki hak dalam memperoleh informasi mengenai nilai kkm yang di tetapkan khususnya peserta didik dan orang tua peserta didik yang memperoleh hasil laporan hasil belajar sehingga dapat menjadi gambaran dalam usaha untuk mencapai hasil kkm yang telah di tetapkan
Bagi bapak dan ibu guru yang ingin memiliki file format KKM mata pelajaran IPS Terpadu untuk kelas 9 SMP kurikulum 2013, maka di bawah ini filenya.

  • KKM IPS Terpadu kelas 9 Terbaru (disini)
Demikianlah perangkat pembelajaran KKM IPS Terpadu untuk kelas 9 SMP kurikulum 2013 yang dapat saya share pada kesempatan kali ini semoga apa yang telah saya bagikan ini dapat bermanfaat buat bapak dan ibu guru di sekolah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel