-->

Cara Menentukan Fakta,Konsep,Prinsip dan Prosedur dalam RPP K13

kherysuryawan.id - Pada penyusunan RPP khususnya perangkat Pembelajaran RPP kurikulum 2013 pada edisi revisi terbaru saat ini kita harus memahami aspek-aspek apa saja yang harus di muat dalam membuat perangkat pembelajaran RPP k13 tersebut.


Salah satu hal penting dalam penyusunan perangkat RPP yaitu memuat pembelajaran Reguler, pembelajaran remedial dan pembelajaran pengayaan. Di dalam menentukan aspek-aspek yang harus termuat dalam jenis pembelajaran tersebut maka kita harus memahami aspek apa saja yang harus ada di dalam pembelajaran tersebut.

Pada artikel saya kali ini saya hanya akan membahas mengenai Pembelajaran Reguler beserta aspek-aspek yang harus termuat di dalam pembelajaran reguler tersebut.
Sebelum saya masuk kepada aspek-aspek yang harus termuat di dalam pembelajaran reguler terlebih dahulu kita harus memahami apa yang dimaksud dengan pembelajaran reguler itu sendiri.
Pembelajaran Reguler merupakan pembelajaran yang saling berhubungan secara teratur dan sesuai dengan materi yang akan di ajarkan pada saat membuat suatu rencana dalam pembelajaran. Inti dari pembelajaran reguler adalah untuk memberikan dasar pengetahuan, sikap dan keterampilan kepada para peserta didik.

Di dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada bagian pembelajaran reguler terdapat Empat aspek yang harus termuat di dalamnya, ke empat aspek tersebut adalah sebagai berikut.

1.   Fakta
2.   Konsep
3.   Prosedur
4.   Prinsip

Ke Empat komponen tersebut saling berkaitan satu sama lain, sehingga harus termuat di dalam pembelajaran reguler.
Berikut ini penjelasan mengenai fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang harus anda ketahui sehingga dalam membuat dan menyusun perangkat pembelajaran RPP, anda dapat dengan mudah menentukan yang mana-mana saja yang termasuk di dalam fakta, konsep, prosedur dan prinsip tersebut.

Ø  FAKTA
Fakta yang dimaksud disini adalah segala bentuk kejadian dalam kehidupan nyata yang dapat dinyatakan kedalam bentuk peristiwa.
Sebagai contoh apabila siswa di minta untuk menyebutkan nama,kapan atau dimana suatu peristiwa terjadi.

Ø  KONSEP
Konsep yang dimaksud disini adalah hal-hal yang berbentuk pengertian yang berasal dari hasil pemikiran yang berupa defenisi,pengertian dan lain sebagainya.
Sebagai contoh apabila siswa di minta untuk mengemukakan defenisi, membedakan dua hal atau mengklasifikasikan.

Ø  PRINSIP
Prinsip yang dimaksud disini adalah berupa hal-hal pokok yang penting yang meliputi dalil,rumus atau paradigma yang berhubungan dengan konsep yang sedang di ajarkan.
Sebagai contoh apabila siswa di minta untuk menjelaskan hubungan antar berbagai konsep sebab akibat.

Ø  PROSEDUR
Prosedur yang di maksud disini yaitu berupa langkah-langkah yang sistematis atau berurutan dalam melakukan suatu aktivitas.
Sebagai contoh apabila siswa di minta untuk menjelaskan langkah-langkah pemecahan suatu persoalan menurut prosedur tertentu.

Itulah penjelasan dari keempat aspek yang harus termuat di dalam pembelajaran reguler dalam membuat dan menyusun perangkat pembelajaran RPP kurikulum 2013 pada edisi revisi terbaru.

BERIKUT INI TAMPILAN FORMAT RPP TERBARU YANG DAPAT ANDA LIHAT SEHINGGA DAPAT MENAMBAH WAWASAN ANDA DALAM MEMBUAT RPP YANG SESUAI DENGAN EDISI REVISI TERBARU SAAT INI

Apabila anda telah memahami keempat jenis aspek tersebut diatas maka dalam membuat dan menyusun kerangka RPP anda sudah dapat dengan mudah menentukan yang mana saja yang harus di tulis dalam pembelajaran reguler yang meliputi aspek fakta,prinsip,prosedur dan konsep.

Semoga apa yang dapat saya jelaskan melalui artikel ini dapat bermanfaat buat anda yang sedang membacanya sehingga dalam menyusun dan membuat RPP kurikulum 2013 anda dapat dengan mudah memahami apa yang seharusnya di muat di dalam perangkat RPP tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel