CARA DAFTAR/REGISTRASI AKUN OPERATOR SEKOLAH DI SDM PDSP

Sebagai seorang operator sekolah tentunya harus sudah memiliki kemampuan dalam memainkan computer baik secara offline maupun secara online. Tugas seorang operator sekolah sangat berat mulai dari menginput data sekolah mengirim data secara online dan seluruh kelengkapan data sekolah ada pada genggaman seorang operator sekolah sehingga wajar jka seorang operator sekolah di juluki sebagai  jantungnya sekolah.

Untuk anda yang baru saja menjadi seorang operator sekolah maka artikel ini akan sangat bermanfaat buat anda karena di dalam artikel ini akan di bahas mengenai cara untuk mendaftar atau meregistrasi akun operator sekolah agar dapat aktif dan dapat di gunakan dalam tugas sebagai operator sekolah.

Sebagai Operator sekolah wajib harus memiliki akun operator , karena akun tersebut nantinya akan di gunakan untuk melakukan verval atau perbaikan data yang dilakukan secara online.
Akun operator sekolah sangat penting bagi seorang operator dimana jika seorang operator sekolah tidak memiliki akun operator maka yang bersangkutan tidak akan bisa login dan tidak bisa melakukan verval atau perbaikan data sekolah.

Verval yang wajib di ketahui oleh seorang operator sekolah diantaranya yaitu :
1. VERVAL SP
Verval SP bertujuan untuk melakukan verifikasi dan validasi data satuan pendidikan.
Selain itu verval SP juga berfungsi untuk memeriksa dan memperbaiki data sekolah sehingga nantinya akan menghasilkan data sekolah yang valid sesuai dengan keadaan dan kondisi sekolah yang sebenarnya. Dalam melakukan verval SP yang dapat di perbaiki datanya yaitu antara lain nama sekolah serta wilayah sekolah dan spasial (letak sekolah berdasrkan map).
Apabila ada data sekolah yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya maka verval SP merupakan cara yang paling tepat dalam melakukan perbaikan data sekolah.
Hanya saja verval atau perbaikan data sekolah dapat dilakukan dengan status online.

2. VERVAL PD
Verval PD merupakan verval peserta didik, yang tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik. Apabila di dapati ternyata ada data-data peserta didik yang salah atau tidak sesuai dengan data yang sebenarnya maka verval PD merupakan tempat yang harus di kunjungi untuk melakukan perbaikan data peserta didik agar menghasilkan data yang valid dan sesuai dengan data real atau data yang sebenarnya.
Pada verval PD contoh kasus peserta didik yang dapat di perbaiki yaitu antara lain perbaikan nama peserta didik, tempat dan tanggal lahir peserta didik, NISN peserta didik dan nama ibu peserta didik.
Untuk bisa berhasil dalam melakukan verval PD maka wajib harus melampirkan hasil scan ijazah atau dokumen lainnya sebagai bukti fisik yang menyatakan kebenaran data peserta didik tersebut.

3. VERVAL PTK
Verval PTK merupakan verval pendidik dan tenaga kependidikan dalam hal ini data guru dan data staff yang ada di sekolah.
Verval PTK bertujuan untuk memverifikasi dan memvalidasi data pendidik dan tenaga kependidikan.
Apabila terdapat data PTK yang salah, contohnya nama, tempat tanggal lahir, nomor  NUPTK dan data lainnya yang berhubungan dengan data PTK yang tidak sesuai dengan data yang sebenarnya maka verval PTK merupakan tempat yang tepat untuk melakukan perbaikan data PTK tersebut agar menghasilkan data yang valid dan sesuai dengan data yang sebenarnya.

Seluruh rangkaian tugas operator sekolah yang telah saya jelaskan di atas tidak akan bisa dilakukan apabila seorang operator sekolah belum memiliki akun operator sekolah dalam hal ini akun operator dapodik. Oleh sebab itu akun operator sekolah sangat wajib di miliki oleh seorang operator sekolah agar dapat melakukan login ke masing-masing data verval yang telah saya jelaskan di atas sehingga operator sekolah dapat memiliki akses untuk melakukan perbaikan data sekolah, data peserta didik dan data PTK.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara agar dapat memiliki akun operator sekolah yaitu dengan cara melakukan registrasi akun operator sekolah, namun untuk bisa melakukan registrasi maka ada beberapa syarat yang harus di lengkapi.

Syarat utama yang harus disiapkan sebelum melakukan registrasi akun operator dapodik yaitu harus menyiapakan surat tugas atau surat perintah sebagai operator sekolah (dapodik ) yang di tandatangani oleh atasan langsung dalam hal ini kepala sekolah, selain itu operator sekolah juga harus menyiapkan satu buah email yang masih aktif yang nantinya email tersebut di gunakan sebagai username saat melakukan login apabila akun operator sekolah telah di aktifkan.

Berikut ini akan saya jelaskan secara terperinci dan saya jelaskan dalam bentuk gambar cara melakukan registrasi atau daftar akun operator sekolah dengan tujuan agar mudah di pahami.

1. Silahkan kunjungi link di bawah ini :
Sehingga akan tampil seperti pada gambar di bawah ini :
2. Kemudian pilih menu “Registrasi Anggota “ dan pilih “operator sekolah”. Seperti pada gambar di bawah ini :
3. Setelah itu isi semua biodata sesuai dengan kolom data yang sudah di persiapkan termasuk mengupload surat tugas yang telah di scan dan di upload pada kolom data “surat penugasan” dan apabila setelah selesai mengisi maka klik tulisan “REGISTRASI” pada bagian paling bawah.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
Apabila seluruh langkah di atas telah di lakukan dengan benar maka tugas anda untuk melakukan registrasi akun operator sekolah telah selesai.
Untuk memastikan apakah akun yang anda daftarkan tersebut telah diterima oleh pihak pusat dan telah di aktifkan, maka anda dapat melakukan pengecekkan keaktifan akun dengan cara di bawah ini:

1. Pilih menu “status pendaftaran” pada menu bagian atas. Seperti pada gambar di bawah ini :
2. Setelah itu masukkan email sesuai dengan alamat email yang telah anda gunakan saat awal pendaftaran di akun operator sekolah. Jika sudah lanjutkan dengan mengklik “ CEK”
Lihat gambar di bawah ini :
3. Apabila akun anda telah aktif, maka akan muncul tulisan peringatan “akun sudah aktif,silahkan login” Seperti pada gambar di bawah ini :
Jika akun operator anda telah aktif, maka kini anda dapat login menggunakan akun tersebut untuk melakukan verval SP,verval PD dan verval PTK.

Demikianlah tutorial yang dapat saya bagikan mengenai cara daftar/registrasi akun operator dapodik di SDM PDSP, semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.
Jangan lupa untuk meninggalkan pesan,komentar,kritikan,pertanyaan atau masukkan yang membangun mengenai artikel ini, agar blog yang saya kelola ini dapat menjadi lebih baik dan sesuai dengan harapan pengunjung yang membutuhkan informasi.

0 Response to "CARA DAFTAR/REGISTRASI AKUN OPERATOR SEKOLAH DI SDM PDSP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->