-->

11 Cara Edit NISN Siswa di VervalPD New Tahun 2020

Kherysuryawan.id - Cara Mudah Merubah NISN Siswa dengan cara melakukan verval NISN.
Dalam satuan pendidikan tentunya memiliki seorang operator sekolah yang bertugas untuk melakukan penginputan data sekolah,data peserta didik,data pendidik dan tenaga kependidikan.

Tugas seorang operator sekolah cukuplah besar resikonya sebab banyak data yang harus di kerjakan dan berpengaruh terhadap penghasilan tunjangan guru terutama mereka yang telah sertifikasi apabila terdapat data yang kurang ataupun tidak sesuai maka akan berdampak pula pada kualitas dan mutu sekolah.
Salah satu tugas utama seorang operator sekolah yaitu melakukan verifikasi dan validasi data – data sekolah baik berupa data peserta didik maupun data kepegawaian di lingkup satuan pendidikan yang di tempatinya.
Tujuan melakukan verifikasi dan validasi data adalah untuk mendapatkan keakuratan data dan kesesuaian data dengan data yang sebenarnya.
Salah satu beban seorang operator sekolah yaitu melakukan perbaikan data peserta didik atau sering di sebut dengan melakukan verval PD.

Verval PD merupakan verval peserta didik, yang tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi dan validasi data peserta didik. Apabila di dapati ternyata ada data-data peserta didik yang salah atau tidak sesuai dengan data yang sebenarnya maka verval PD merupakan tempat yang harus di kunjungi untuk melakukan perbaikan data peserta didik agar menghasilkan data yang valid dan sesuai dengan data real atau data yang sebenarnya.

Pada verval PD contoh kasus peserta didik yang dapat di perbaiki yaitu antara lain perbaikan nama peserta didik, tempat dan tanggal lahir peserta didik, NISN peserta didik dan nama ibu peserta didik.
Untuk bisa berhasil dalam melakukan verval PD maka wajib harus melampirkan hasil scan ijazah atau dokumen lainnya sebagai bukti fisik yang menyatakan kebenaran data peserta didik tersebut.
Banyak kasus yang sering terjadi yaitu terdapatnya perbedaan data nomor induk nasional (NISN) peserta didik saat menduduki bangku sekolah dasar dengan ketika saat masuk ke tingkatan sekolah yang lebih tinggi lagi (SMP).

Selain itu terdapat juga kasus perbedaan nomor induk nasional (NISN) peserta didik saat peserta didik tersebut mutasi atau pindah sekolah dari sekolah yang bernaung di bawah kementerian agama dan pindah ke sekolah umum negeri ataupun swasta.
Hal tersebut biasanya terjadi karena sekolah yang berada di bawah naungan departemen agama (DEPAG) tidak menggunakan aplikasi dapodik sedangkan sekolah tujuan menggunakan aplikasi dapodik.

Meskipun hal tersebut sering terjadi namun setiap masalah pastinya memiliki jalan keluarnya, oleh sebab itulah pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara melakukan verval NISN peserta didik.
Untuk melakukan verval NISN peserta didik operator sekolah wajib sudah memiliki akun sebagai operator sekolah, sebab akun tersebut nantinya akan menjadi kunci bagi seorang operator sekolah dalam melakukan verval PD.
Baiklah untuk mengetahui cara melakukan verval NISN peserta didik, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

  1. Pertama-tama Silahkan kunjungi alamat http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/
  2. Setelah itu klik "Log in" pada sudut kanan dan akan tampil seperti gambar di bawah ini, dan silahkan masukkan username beserta passwordnya. Jika semua kolom isian telah diisi maka silahkan klik “LOGIN”
3. Jika login telah berhasil maka akan terlihat tampilan seperti di bawah ini

4.     Kemudian pada menu "pengelolaan" klik "Edit NISN"
Silahkan pilih nama siswa yang akan di verval NISN nya di kolom daftar nama yang telah di siapkan.
5.     Selanjutnya akan muncul tabel data NISN siswa yang telah di pilih tersebut
6.     Kemudian Pada bagian atas tabel terdapat kolom isian NISN baru atau NISN yang akan di klaim, dan silahkan ketikkan NISN baru atau NISN yang akan diklaim dengan syarat NISN tersebut adalah “NISN yang tidak terpakai oleh siswa aktif dan yang tercatat di data arsip”. Setelah itu lanjutkan dengan mengklik 'cek data master'
7.     Selanjutnya akan muncul “Tabel Indeks Kemiripan” yang mana Pada tabel tersebut akan ditampilkan indeks kemiripan data arsip NISN Baru atau NISN yang akan diklaim dan akan dibandingkan dengan data arsip NISN Lama atau yang sedang digunakan saat ini.
8.     Adapun Data variabel identitas yang dibandingkan kemiripannya yaitu meliputi NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan Jenis kelamin. Setiap variabel identitas memiliki indeks kemiripan masing-masing dengan indeks kemiripan maksimal yaitu 100, yang artinya data tersebut mirip/ sama. Indeks kemiripan yang muncul merupakan hasil dari pengolahan sistem.
9.     Untuk Setiap Variabel Identitas memiliki Indeks Kemiripan masing-masing yang kemudian akan dijumlahkan semua kemudian dibagi dengan jumlah variabel identitas. Dari situ akan muncul Indeks Kemiripan keseluruhan.
Pada “Menu Update akan terbuka jika indeks kemiripan (keseluruhan) lebih dari 80”, namun Apabila Indeks Kemiripan 80 ke bawah maka tidak dapat melakukan Upload Dokumen Pendukung berupa Ijazah atau Print Screen (NISN), dan akan muncul simbol larangan apabila cursor mouse diarahkan pada tombol browse file dan update data.
10. Perlu diketahui bahwa Apabila Indeks Kemiripan lebih dari 80 maka operator dapat melakukan Upload Dokumen Pendukung dan dapat Update Data. Data pengajuan edit NISN yang di update kemudian akan masuk ke Tabel Pengajuan Edit NISN. Di dalam tabel tersebut tertera kolom Tanggal Pengajuan, NISN Lama, NISN Baru, Nama Siswa, Status Pengajuan, dan Keterangan.
11. Terakhir, Apabila dalam kolom status muncul icon tanda kotak berarti pengajuan masih “Proses”, bila muncul icon tanda ceklis berarti pengajuan “Disetujui”, dan apabila muncul icon tanda silang berarti pengajuan “Ditolak”. Adapun proses Aproval Pengajuan Edit NISN dilakukan oleh PDSPK.

Demikianlah penjelasan mengenai cara melakukan verval NISN peserta didik, semoga tutorial yang dapat saya bagikan kali ini dapat bermanfaat buat anda yang membutuhkannya.
Sekian dan Terimakasih Telah berkenan untuk membaca postingan ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel