55 Soal PAS/UKK Seni Budaya Kelas 10 Semester 1& 2

Kherysuryawan.id – Soal dan jawaban PAS/UAS/UKK/PAT seni budaya kelas X SMA semester 1 dan semester 2.

Sahabat Pendidikan baik guru maupun siswa yang akan menghadapi ulangan akhir kenaikan kelas maka saya disini akan berbagi kumpulan soal latihan ulangan kenaikan kelas atau soal penilaian akhir tahunan khususnya untuk mata pelajaran seni budaya di kelas 10 SMA.

 


Soal-soal penilaian akhir semester seni budaya kelas 10 SMA/SMK ini merupakan gabungan dari soal pada materi seni budaya kelas 10 semester 1 dan juga materi seni budaya kelas 10 semester 2. Untuk dimasing-masing soal juga telah di berikan kunci jawabannya yang bisa memudahkan para guru maupun siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

 

Adapun bentuk soal yang akan di sajikan disini ialah soal pilihan ganda dan soal essay atau uraian. Untuk soal pilihan ganda diberikan sejumlah 50 soal lengkap dengan jawabannya dan untuk soal uraian ada sejumlah 5 soal lengkap dengan pembahasannya. Jadi total soal PAS/UAS/UKK/PAT seni budaya kelas 10 SMA yang disajikan pada artikel ini ialah sebanyak 55 soal.

 

Meskipun mungkin tidak bisa dipastikan semua jawaban yang telah di berikan merupakan jawaban yang benar maka olehnya itu bagi pembaca harap dapat memahami soal dengan baik dan apabila ada kekeliruan pada jawaban yang telah diisikan maka harap melakukan perbaikan atau bisa juga memberikan penyampaian melalui kolomkomtak yang ada di blog ini agar jawaban yang salah dapat segera di perbaiki.

 

Untuk materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran seni budaya kelas 10 semester 1 dan semester 2 yaitu meliputi sebagai berikut :

·         Bab 1 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D)

·         Bab 2 Berkarya Seni Rupa Tiga Dimensi (3D)

·         Bab 3 Musik Tradisional

·         Bab 4 Pertunjukkan Musik dalam Permainan Musik

·         Bab 5 Gerak Dasar Tari

·         Bab 6 Bentuk, Jenis, dan Nilai Estetis Gerak Tari

·         Bab 7 Seni Peran

·         Bab 8 Menyusun Naskah Lakon

·         Bab 9 Pameran Karya seni rupa

·         Bab 10 Kritik Karya seni rupa

·         Bab 11 Pertunjukan Musik

·         Bab 12 Kritik Musik

·         Bab 13 Merakagan Gerak tari Tradisional

·         Bab 14 Kritik tari

·         Bab 15 Merancang Pementasan teater

·         Bab 16 Pementasan teater

 

Baiklah untuk melihat soal dan jawaban penilaian akhir semester (PAS) atau ulangan akhir sekolah (UAS) mata pelajaran seni budaya kelas 10 SMA/SMK maka berikut ini soal-soal nya :

 

SOAL PILIHAN GANDA

1. Tekstur dan cahaya gelap adalah bentuk …

A. drama

B. menari

C. Seni musik

D. Seni Teater

E. seni rupa

KUNCI JAWABAN : E

 

2. Kita dapat menikmati seni sebagai…

A. perasaan

B. ketergantungan

C. estetika

D. pikiran

E. naluri

KUNCI JAWABAN : C

 

3. Orang yang membuat kerajinan disebut sebagai….

A. pengukir

B. pelukis

C. artis

D. pengukir

E. perajin

KUNCI JAWABAN : E

 

4. Ampar Ampar Pisang sebagai lagu dari…

A. Bali

B. Sulawesi utara

C. Kalimantan Selatan

D. Kalimantan Barat

E. Sulawesi Selatan

KUNCI JAWABAN : C

 

5. Berikut ini yang bukan fungsi dari alat musik tradisional adalah

A. sebagai / hiburan

B. sebagai / upacara

C. sebagai / distribusi musik

D. sebagai / ekspresi

E. sebagai / komersial

KUNCI JAWABAN : E

 

6. Seni sebagai media ekspresi, artinya …

A. media mencurahkan gejolak jiwa

B. media hiburan

C. media percobaan

D. media kampanye

E. media aktualisasi

KUNCI JAWABAN : A

 

7. Lukisan-lukisan yang dibuat pada zaman batu pada umumnya berupa gambar

A. bunga

B. binatang

C. alam semesta

D. perabotan

E. manusia

KUNCI JAWABAN : B

 

8. Teknik menempelkan pecahan kaca berwarna-warni pada dinding atau permukaan datar lainnya sehingga membentuk objek gambar tertentu disebut lukisan….

A. al secco

B. tempera

C. al fresco

D. mozaik

E. kaca

KUNCI JAWABAN : D

 

9. Orang yang pertama kali mengembangkan teknik lukisan batik adalah…

A. Amri Yahya

B. Affandi

C. Asrul Sani

D. Raden Saleh

E. Basuki Abdullah

KUNCI JAWABAN : A

 

10. Berikut ini merupakan contoh benda seni rupa terapan yang termasuk benda pakai, kecuali...

A. meja

B. kursi

C. cangkir

D. mangkuk

E. perajin

KUNCI JAWABAN : E

 

11. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi penyelenggaraan pameran di sekolah adalah ....

A. meningkatkan apresiasi seni

B. membangkitkan motivasi berkarya seni

C. berkarya visual lewat karya seni

D. menambah kemampuan untuk jual- beli karya seni

E. belajar berorganisasi

KUNCI JAWABAN : D

 

12. Fungsi utama kegiatan pameran adalah ....

A. alat komunikasi antara pencipta seni dengan pengamat seni

B. pusat penjualan karya- karya seni

C. sarana mengaktualisasikan diri lewat seni

D. media hiburan

E. mengenalkan produk- produk baru

KUNCI JAWABAN : A

 

13. Seorang ketua dalam penyelenggaraan pameran harus memiliki sikap ....

A. sabar dan bijaksana 

B. bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban

C. mampu berkomunikasi dengan berbagai pihak

D. mampu mencari jalan keluar dalam berbagai masalah yang timbul

E. semua jawaban benar

KUNCI JAWABAN : E

 

14. Sebelum dilakukan penataan ruang pameran, panitia pameran terlebih dulu membuat rancangan denah ruang pameran. Berikut ini adalah fungsi pembuatan rancangan denah ruang pameran, kecuali ....

A. mengatur arus pengunjung

B. menambah kesan mewah dari pameran

C. komposisi penataan karya yang serasi

D. pengaturan jarak dan tinggi rendah terhadap karya dua dimensi dan tiga dimensi

E. menambah nilai estetika ruang pameran

KUNCI JAWABAN : B

 

15. Seksi yang bertugas memandu dan memberikan arahan dan penjelasan kepadda pengunjung adalah ....

A. seksi pengumpulan da seleksi karya

B. seksi stand

C. seksi usaha

D. seksi publikasi dan dokumentasi

E. seksi perlengkapan

KUNCI JAWABAN : B

 

16. Perhatikan pernyataan tentang apresiasi dan kritik seni berikut ini,

(1) apresiasi seni berarti memahami sepenuhnya seluk beluk karya seni serta menjadi sensitif terhadap segi- segi estetikanya

(2) Salah satu fungsi apresiasi seni adalah untuk memupuk kecintaan kepada karya bangsa sendiri dan sekaligus kepada sesama manusia

(3) Apresiasi seni memiliki hubungan terhadap kegiatan mental yaitu penikmatan, penilaian empati dan hiburan

(4) Kritik dalam seni lebih diartikan sebagai kecaman yang menyudutkan hasil karya atau penciptanya

(5) Kritik seni bertujuan untuk menunjukkan kelebihan dan kekurangan suatu karya seni

 

Pernyataan yang benar berkaitan dengan apresiasi dan kritik seni ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), (4)

B. (2), (3), (4)

C. (1), (2), (3)

D. (1), (4), (5)

E. (3), (4), (5)

KUNCI JAWABAN : C

 

17. Perhatikan hal- hal berikut ini,

1) Kritik bersifat akademis dengan wawasan pengetahuan, kemampuan dan kepekaan kritikus yang tinggi untuk menilai dan menanggapi sebuah karya seni

2) Kritik umumnya disampaikan oleh seorang kritikus yang teruji kepakarannya di bidang seni

3) Kegiatan kritik yang disampaikan mengikuti kaidah- kaidah atau metodologi kritik secara akademis

4) Hasil tanggapan seringkali dijadikan referensi bagi kolektor atau kurator institusi seni seperti museum, galeri dan balai lelang

 

Informasi diatas merupakan salah satu deskripsi dari jenis kritik yang disampaikan oleh Fieldman yaitu kritik ...

A. populer

B. jurnalistik

C. keilmuan

D. pendidikan

E. jawaban C dan D benar

KUNCI JAWABAN : C

 

18. Fungsi kritik seni bagi seorang perupa adalah ....

A. mendeteksi kelemahan, mengupas kedalaman dan membangun kekurangan pada karya seni

B. menjembatani persepsi dan apresiasi artistik dan estetik karya seni rupa

C. membantu memahami karya

D. meningkatkan wawasan dan pengetahuannya terhadap karya seni yang berkualitas

E. membantu menerjemahkan apa yang diinginkan oleh penikmat seni

KUNCI JAWABAN : A

 

19. Tahapan dalam kritik karya seni untuk menelusuri sebuah karya seni berdasarkan struktur formal atau unsur-unsur pembentuknya adalah ....

A. mendeskripsi

B. menganalisis

C. menafsirkan

D. menilai

E. menelaah

KUNCI JAWABAN : B

 

20. Pada tahapan menilai dalam kritik karya seni, penilaian secara kritis dapat dilakukan dalam langkah- langkah berikut ini, kecuali ....

A. membandingkan sebanyak- banyaknya karya yang dinilai dengan karya sejenis

B. menetapkan tujuan dan fungsi karya seni yang dikritisi

C. menetapkan sejauh mana karya yang ditetapkan berbeda dari yang telah ada sebelumnya

D. memberikan penilaian apakah karya seni tersebut layak atau tidak untuk dipamerkan

E. menelaah karya yang dimaksud dari segi kebutuhan khusus dan segi pandang tertentu yang melatarbelakanginya

KUNCI JAWABAN : D

 

21. Perhatikan hal- hal berikut ini,

1) karya musik yang dimainkan

2) penempatan pemain di atas panggung

3) aspek psikologis para pemain selama pertunjukan

4) penguasaan permainan musik dan latihan

 

Hal- hal yang harus disiapkan oleh penampil dalam sebuah pertunjukan adalah ....

A. 1)

B. 1), 2) 

C. 1), 2), 3)

D. 1), 3), 4)

E. 1), 2), 3), 4)

KUNCI JAWABAN : E

 

22. Jenis panggung dimana penonton menyaksikan pertunjukan melalui sebuah bingkai adalah jenis panggung ....

A. thrust

B. proscenium

C. arena

D. tapak kuda

E. segi empat

KUNCI JAWABAN : B

 

23. Untuk mengevaluasi semua persiapan yang dilakukan dalam pertunjukan maka diadakan ....

A. latihan

B. gladi kotor

C. gladi bersih

D. evaluasi

E. laporan pertanggungjawaban

KUNCI JAWABAN : C

 

24. Panitia yang bertugas untuk mengurusi pemberitaan dan penyebarluasan informasi tentang acara pertunjukan musik adalah seksi ....

A. acara

B. dokumentasi

C. publikasi

D. dekorasi

E. perlengkapan

KUNCI JAWABAN : C

 

25. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi perencanaan dalam sebuah pergelaran seni musik adalah ....

A. sebagai langkah awal panitia

B. sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan

C. sebagai kendali dalam menciptakan suasana kerja yang efektif dan efisien

D. sebagai tolak ukur dalam mengevaluasi kegiatan

E. sebagai sarana menumpahkan kritik terhadap apa yang disiapkan

KUNCI JAWABAN : E

 

26. Seorang kritikus harus memiliki kemampuan dan pengalaman dasar untuk memberikan kritik terhadap musik, salah satunya adalah ....

A. mengobservasi atau mengamati suatu lagu dengan teliti

B. mendengarkan dan mengetahui berbagai genre musik

C. memiliki wawasan untuk memahami bagaimana suatu lagu atau musik sebaiknya dihasilkan oleh musisi sehingga lebih menarik bagi penonton atau pendengar

D. jawaban A dan B benar

E. jawaban A, B dan C benar

KUNCI JAWABAN : E

 

27. Kritik musik yang cocok untuk karya musik siswa, baik yang dimainkan secara individual maupun kelompok adalah ....

A. kritik jurnalistik

B. kritik pedagogis

C. kritik keilmuan

D. kritik ilmiah

E. kritik popular

KUNCI JAWABAN : B

 

28. Dalam memberikan kritik musik, penilaian dari aspek keindahan dapat diwujudkan melalui berbagai kaidah berikut ini, kecuali ....

A. pengolahan bunyi dan parameter dasar musik lainnya

B. pengolahan waktu dan diam di dalam musik

C. aspek harmonisasi

D. kedinamisan karya

E. ide yang digunakan asli dan orisinil dari penampil

KUNCI JAWABAN : E

 

29. Bagian dalam tahapan kritik seni dimana berisikan analisis pemaknaan musik atau lagu yang dimainkan dalam pertunjukan musik adalah ....

A. evaluasi

B. interpretasi

C. analisis

D. deskripsi

E. penilaian

KUNCI JAWABAN : B

 

30. Bagian kritik yang memfokusikan pada musik yang dimainkan adalah ....

A. pendahuluan

B. analisis formal

C. deskripsi

D. interpretasi

E. evaluasi

KUNCI JAWABAN : B

 

31. Mengadakan tatap muka dengan penonton merupakan hakikat dari ....

A. sinopsis tari

B. pertunjukan tari

C. apresiasi tari

D. cerita tari

E. persiapan tari

KUNCI JAWABAN : B

 

32. Pemilihan penari dala sebuah pertunjukan di dasarkan pada ....

A. tujuan pertunjukan

B. kebutuhan pentas

C. jenis panggung

D. kemauan sponsor

E. keinginan ketua panitia

KUNCI JAWABAN : A

 

33. Iringan musik dalam sebuah seni tari berfungsi sebagai unsur ....

A. utama

B. pendukung

C. penunjang

D. tidak penting

E. paling penting

KUNCI JAWABAN : B

 

34. Fungsi iringan musik alam seni tari adalah sebagai berikut, kecuali ....

A. mendukung pertunjukan 

B. menghidupkan atmosfer tarian

C. membantu menggambarkan suasana tertentu

D. membantu mengenali tarian yang dipertunjukkan

E. menunjukkan karakter penari

KUNCI JAWABAN : E

 

35. Pernyataan yang benar berkaitan dengan kritik tari adalah ....

A. kritik tari hanya dapat dilihat dari sisi tarian

B. kritik yang baik adalah melalui bentuk tulisan

C. kritik yang baik terdapat dua hal yaitu hal yang positif dan negatif terhadap karya tari

D. kritik tari akan memberikan dampak yang negatif kepada seorang penari

E. kritik negatif bebas dilakukan selama pertunjukan itu tidak sesuai dengan ekspektasi penonton

KUNCI JAWABAN : C

 

36. Jenis kritik pedagogis dipandang sebagai kritik yang sesuai untuk tari siswa karena ....

A. memberi gambaran tentang kekuatan dan kelemahan dalam pertunjukan tari untuk tujuan profesional

B. memberi pengalaman pada siswa baik yang dikritik maupun pengkritik untuk belajar mengemukakakn pendapat tentang karya seni tari 

C. mengetahui kesalahan yang dilakukan saat pertunjukan tari

D. membandingkan tarian yang pertunjukannya lebih baik

E. memahami bahwa kesalahan itu perlu dikritik

KUNCI JAWABAN : B

 

37. Pernyataan yang benar tentang kritik instrinsik dan ekstrinsik seni tari adalah ....

A. kritik instrinsik mengupas unsur- unsur karya, menilai dan enyyimpulkan kelemahan dan kelebihan karya seni tersebut

B. kririk instrinsik menganalisis suatu karya berdasar bentuk dan gayanya

C. kritik ekstrinsik menghubungkan karya snei dengan pencipta, penikmat dan masyarakat

D. kritik ekstrinsik melibatkan banyak ilmu seperti sejarah, sosiologi, antropologi ekonomi, filsafat, agama dan sebagainya

E. semua jawaban benar

KUNCI JAWABAN : E

 

38. Koordinasi dengan seluruh tim produksi, menyusun rencana dan jadwal kerja serta mengontrol pelaksanaan kerja yang berhubungan dengan produksi merupakan tugas ....

A. sekretaris

B. bendahara

C. pimpinan produksi

D. sutradara

E. penanggung jawab

KUNCI JAWABAN : C

 

39. Penyusunan dan penyediaan surat- surat maupun dokumen yang diperlukan untuk produksi teater dilakukan oleh ....

A. sekretaris

B. bendahara

C. pimpinan produksi

D. sutradara

E. dokumentasi

KUNCI JAWABAN : A

 

40. Perencanaan dan perancangan sumber dana yang diperlukan pada produksi teeter baik sebelum pementasan maupun setelah pementasan merupakan tanggung jawab ....

A. seksi pendanaan

B. bendahara

C. pimpinan produksi

D. sekretaris

E. ketua panitia

KUNCI JAWABAN : A

 

41. Pernyataan yang salah berkaitan dengan tema dalam naskah lakon adalah ....

A. tema adalah ide dasar, gagasan atau pesan yang ada dalam naskah lakon

B. tema dapat ditentukan secara tersirat maupun tersurat

C. tema dalam sebuah lakon tidak bisa lebih dari satu

D. tema dalam sebuah lakon akan menentukan arah jalannya cerita

E. tema lakon pementasan harus dipelajari oleh seorang sutradara

KUNCI JAWABAN : C

 

42. Pembahasan rencana- rencana artistik ang diperlukan dalam pementasan seperti pembagian kerja dan penentuan siapa yang menjadi kru atau penata dalam terwujudnya bidang keartistikan menjadi tanggung jawab ....

A. stage manager

B. pimpinan artistik

C. penata panggung

D. penata kostum

E. dokumentasi

KUNCI JAWABAN : B

 

43.Perhatikan hal - hal berikut ini,

1) Menggunakan bahasa daerah.

2) Dilakukan secara improvisasi.

3) Hanya ada unsur nyanyian.

4) Diiringi tetabuhaan (musik daerah).

5) Dagelan/ banyolan selalu mewarnai.

6) Adanya keakraban antara pemain dan penonton.

7) Suasana santai.

 

Yang merupakan ciri- ciri utama teater tradisional adalah nomor ....

A. 1, 2, 3

B. 1, 3, 4, 5

C. 2, 3, 4, 6

D. 3, 4, 5, 6, 7

E. 1, 2, 4, 5, 7

KUNCI JAWABAN : E

 

44. Topeng Arja, Topeng Cupak, Topeng Prembon merupakan jenis teater tradisional rakyat yang berasal dari ....

A. Riau

B. Jawa Barat

C. DKI Jakarta

D. Bali

E. Kalimantan

KUNCI JAWABAN : D

 

45. Penonton yang memiliki sikap responsif dengan kecenderungan memiliki wawasan dan pengalaman seni, tetapi tidak ditindaklanjuti untuk mengulas terhadap apa yang ditontonnya cukup untuk dipahami dan dinikmati sendiri merupakan golongan termasuk jenis penonton ....

A. awam

B. tanggap

C. kritis

D. terdidik

E. tidak terdidik

KUNCI JAWABAN : B

 

46. Objek visual atau pengalaman yang diciptakan secara sadar melalui ekspresi keterampilan atau imajinasi di sebut ….

A. seni

B. kebiasaaan

C. kegemaran

D. keinginan

E. kesenangan

KUNCI JAWABAN : A

 

47. ilmu yang membahas bagaimana keindahan dapat terbentuk serta merasakannya di sebut …

 

A. eksotis

B. estetika

C. ekspresi

D. eksperimen

E. modifikasi

KUNCI JAWABAN : B

 

48. tekstur dan cahaya gelap adalah bentuK dari…

A. drama
B. menari
C. Seni musik
D. Seni Teater
E. seni rupa

KUNCI JAWABAN :  E

 

49. perhatikan bentuk karya seni dibawah ini.

(1) representatif (nyata).
(2) Dekoratif.
(3) Ekspresif.
(4) Non-representatif (ringkasan).

Hasil karya seni adalah…

A. suasana
B. juru potret
C. grafis
D. sebuah lukisan
E. mengukir

KUNCI JAWABAN : D

 

50. Berikut ini merupakan contoh benda seni rupa terapan yang termasuk benda pakai, kecuali…

A. meja

B. kursi

C. cnagkir

D. mangkuk

E. perajin

KUNCI JAWABAN : E

 

SOAL URAIAN

51. Jelaskan pengertian tema dalam karya seni rupa !

PEMBAHASAN :

Tema adalah gagasan , ide , atau pokok pikiran yang ada didalam sebuah karya seni, jika dikaitkan dengan karya seni rupa, maka tema yaitu ide atau gagasan seorang seniman dalam berkarya seni rupa

 

52. Berikan contoh dan penjelasan unsur rupa yang menjadi simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi

PEMBAHASAN :

Simbol adalah lambang yang mengandung makna dan arti .

Contoh dan penjelasan hasil karya seni rupa 3 dimensi yang menjadi simbol dalam karya seni rupa 3 dimensi, dintaranya yaitu :

-          merah : simbol keberanian.

-          patung katak: simbol pemanggil hujan

-          simbol kancil : cerdik,lincah banyak akal.

-          simbol keledai : pemalas dan keledai.

-          serigala : keserakahan & kelicikan.

 

53. Apa yang dimaksud dengan nilai estetis memiliki sifat objektif dan subyektif?

PEMBAHASAN :

Nilai estetis bersifat objektif berupa keindahan karya seni rupa berada pada wujud karya seni itu sendiri dan tampak secara kasat mata. Sedangkan nilai estetis bersifat subjektif, berupa keindahan yang tidak hanya pada unsur-unsur fisik yang diserap oleh mata secara visual tetapi ditentukan oleh selera penikmatnya

 

54. Jelaskan yang dimaksud dengan gerak tari?

PEMBAHASAN :

Tari adalah gerak tubuh yang secara berirama senada dengan alunan musik yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Bunyi-bunyian yang disebut musik pengiring tari mengatur gerakan penari dan memperkuat maksud yang ingin disampaikan

 

55. Sebutkan ragam gerak dasar tari yang terdapat di daerah tempat tinggal mu!

PEMBAHASAN :

Silahkan sesuaikan dengan jawaban anda masing-masing.

 

Demikianlah kumpulan soal penilaian akhir semester (PAS) atau soal ulangan kenaikan kelas (UKK) untuk mata pelajaran seni budaya kelas 10 SMA yang bisa saya bagikan melalui kesempatan kali ini kiranya soal-soal yang telah dilengkapi dengan kunci jawaban diatas bisa bermanfaat bagi guru maupun siswa yang akan menjadikannya sebagai bahan pembelajaran.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel