Cara Memasang atau Mengganti Favicon di Blogger Terbaru

Kherysuryawan.id – Cara untuk memasang favicon blog atau mengganti favicon blog di blogger terbaru.

Sahabat blogger dimanapun berada, salam jumpa dan selamat berkunjung ke blog yang selalu memberikan informasi menarik seputar dunia perbloggeran. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial menarik yang ada hubungannya dengan blogger.

 

Seperti kita ketahui bahwa saat ini tampilan blogger sudah berubah dari tampilan lama atau klasik ke tampilan blogger terbaru sehingga ada beberapa menu atau posisi yang biasanya mudah kita temukan pada bagian menu tata letak di blogger kini menjadi hilang atau tidak lagi muncul dan salah satunya ialah ketika kita akan mencari menu atau tempat untuk memasang atau mengganti favicon.

 

Mengapa tampilan untuk memasang icon favicon blog sudah tidak bisa lagi muncul di dalam menu tata letak yang terdapat di dalam template blog kita ???? jawabannya sangat singkat yaitu karena tampilan blog kini sudah di perbaharui ke tampilan baru sehingga ada beberapa tampilan yang tidak lagi di tampilkan pada menu tata letak namun bukan berarti tampilan yang hilang tersebut sudah tidak bisa lagi di ketemukan keberadaanya melainkan kita tetap bisa menemukannya.

 

Sebelum kita membahas lebih mendalam tentang bagaimana sih cara untuk memasang icon favicon blog pada blogger versi terbaru maka alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu memahami apa itu favicon blog. Bagi teman-teman blogger yang mungkin baru mendengar kata atau istilah favicon blog di dunia perbloggeran maka disini anda akan mengatahui apa itu favicon blog yang ada pada tampilan blogger.

 

Sebenarnya favicon merupakan singkatan dari favorit icon yang mana favicon biasanya dibuat oleh para blogger dalam bentuk logo yang kecil atau biasa disebut sebagai icon blog yang terletak dipojok sebelah kiri dari sebuah blog. Sebagai contoh adalah di blog kherysuryawan ini juga telah terpasang sebuah favicon blog yang sengaja saya buat unik dan menarik sehingga bisa menjadi sebuah tanda blog yang mudah untuk diingat dan untuk melihatnya maka biasanya akan mudah terlihat jika anda membuka postingan melalui HP namun tidak menutup kemungkinan anda pun bisa melihatnya jika membuka melalui laptop.

 

Bagi anda yang akan membuat favicon blog maka banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuatnya mulai dari membuat icon blog favicon dengan cara online ataupun membuatnya secara manual dengan bantuan photoshop.  Jadi tergantung anda bagaimana cara terbaik yang akan anda pilih dalam membuat favicon blog.

 

Nah setelah anda memiliki favicon blog maka tentunya anda ingin melakukan pemasangan favicon blog tersebut kedalam blog anda bukan ???? nah apabil anda ingin memasangnya maka anda harus mengetahui dimana letak untuk melakukan pemasangan favicon blog dan melalui postingan ini saya akan memberikan tutorialnya kepada anda sekalian.


Sejak tahun 2020 hingga sekarang Google telah meluncurkan tampilan terbaru untuk platform blogger dan menurut informasi antarmuka blogger baru tersebut akan diterapkan secara otomatis untuk semua akun Blogger sehingga para pengguna blogger sudah tidak bisa legi mengakses menu atau tampilan blogger lama/klasik dan susah lagi untuk menemukan menu favicon sebab menu favicon dapat dengan mudah di ketemukan jika menggunakan versi blogger klasik.

 

Di antarmuka Blogger versi baru ini ada banyak sekali perubahan. Salah satunya yakni pada bagian menu Tata Letak, yang berfungsi untuk mengatur layout template. Perubahan yang mencolok yakni untuk opsi mengubah favicon blog. Kalau dulu opsi untuk mengganti favicon tersebut berada di menu Tata Letak atau Layout. Tetapi di tampilan Blogger baru fitur tersebut sudah dihilangkan dari menu Tata Letak tersebut.



Tapi tenang saja meskipun saat ini kita sudah tidak lagi bisa menjumpai tampilan untuk memasang atau mengganti favicon di menu tata letak namun anda masih bisa menemuinya pada penjelasan yang ada di postingan ini.

Baiklah berikut ini cara untuk bisa memasang dan mengganti favicon blog pada tampilan blogger terbaru :


SYARAT SEBELUM MEMASANG ATAU MENGGANTI FAVICON BLOG

  1. Favicon harus dalam format PNG, JPG, ICO, ataupun GIF.
  2. Ukuran favicon tidak boleh lebih dari 100kb.
  3. Bentuk favicon harus persegi (square) dengan rasio yang sama. Sebagai contoh, ukuran default 16x16 pixel.
  4. Agar favicon backgroundnya transparan, maka disarankan untuk menggunakan format PNG atau GIF (favicon bergerak).

CARA MEMASANG ATAU MENGGANTI FAVICON BLOG


-        Silahkan masuk ke akun blogger anda.

-        Pada blog yang ingin diubah faviconnya, selanjutnya silahkan anda klik pada menu Setelan atau Settings yang ada di sisi kiri tampilan.



-        Di bagian bawah opsi untuk menambahkan ID Properti Google Analytics, di sana ada opsi Favicon (seperti tampak pada gambar di bawah ini)



-        Klik pada opsi Favicon tersebut, maka kamu akan dibawa ke halaman baru untuk menambahkan favicon blog.

-        Selanjutnya klik tombol Pilih File/Choose File



-        Kemudian cari file favicon yang sebelumnya sudah dipersiapkan. Jika sudah ketemu, lanjut dengan klik Open.

-        Langsung terapkan favicon tersebut di blog dengan cara klik tombol Simpan.

-        Selesai.

 

Berikut ini contoh tampilan favicon yang ada di blog kherysuryawan.id untuk bisa menjadi pemahaman anda tentang bentuk favicon blog :




Demikianlah tutorial yang bisa saya bagikan mengenai cara untuk memasang atau mengganti favicon blog di blogger terbaru, semoga tutorial ini bisa bermanfaat buat sahabat-sahabat blogger yang baru akan melakukan pemasangan favicon di blognya masing-masing.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel