CARA TAMBAH PESERTA DIDIK BARU DI DAPODIK VERSI 2020

Di tahun pelajaran 2019 / 2020 ini, melalui tim pengembang dapodik pusat maka kembali merilis aplikasi dapodik terbaru yaitu Dapodik versi 2020/Dapodikdasmen versi 2020. Banyak perubahan yang terjadi antara dapodik versi lama dengan dapodik versi baru ini diantaranya dari segi tampilan dan juga beberapa jenis fungsi fitur yang penerapannya di ubah.

Salah satu fitur yang tidak lagi bisa di gunakan atau di nonaktifkan pada aplikasi dapodik versi terbaru saat ini adalah fitur penambahan peserta didik baru. Aturan ini berlaku untuk jenjang SMP, SMA daN SMK regular. Jika pada aplikasi dapodik versi sebelumnya fitur penambahan peserta didik baru dapat dilakukan secara manual melalui fitur tambah peserta didik namun berbeda dengan aplikasi dapodik versi terbaru saat ini karena fitur tambah peserta didik secara manual sudah tidak bisa lagi di fungsikan.

Jika kita ingin melakukan penambahan siswa baru ataupun siswa pindahan yang berasal dari sekolah negeri yang juga menggunakan aplikasi dapodik mungkin hal ini tidak akan bermasalah karena kita dapat melakukan penambahan peserta didik baru menggunakan system tarik peserta didik baru ataupun melakukan tarik siswa pindahan secara online.
Yang menjadi persoalan bagaimana cara melakukan penambahan siswa atau peserta didik baru ataupun siswa pindahan yang berasal dari sekolah yang tidak menggunakan aplikasi dapodik???

Untuk mengetahui jawaban di atas maka pada postingan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara melakukan tambah peserta didik baru secara manual di aplikasi dapodik versi terbaru agar dapat masuk di dalam aplikasi dapodik.

BERIKUT INI PENJELASANNYA
Sebenarnya memang pada aplikasi dapodik versi 2019 yang lalu sudah tidak bisa lagi digunakan untuk fitur tambah peserta didik baru kecuali dengan cara melakukan tarik peserta didik secara online.
Namun bukan berarti dengan menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru saat ini kita sudah tidak bisa lagi melakukan penambahan peserta didik baru atau siswa pindahan ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru secara manual, hanya saja saat ini cara yang harus dilakukan untuk bisa melakukan system tambah peserta didik baru harus menggunakan cara yang sedikit berbeda dengan cara yang dilakukan pada aplikasi dapodik versi sebelumnya.

Untuk melakukan tambah peserta didik baru secara manual pada aplikasi dapodik versi terbaru dapat dilakukan dengan cara online dan dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

1. Silahkan anda kunjungi alamat berikut ini : http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
2. Setelah itu akan tampil seperti pada gambar di bawah ini dan silahkan klik gambar yang ada di atas tulisan “Manajemen Dapodik”
3. Kemudian akan muncul gambar berikut dan klik “ Kelola Data Pokok”
4. Setelah itu klik tulisan “Peserta Didik” dan dilanjutkan dengan mengklik tulisan “Tambah Peserta Didik”
5. Jika ingin melakukan penambahan peserta didik baru maka pilih tulisan “Peserta Didik Baru”sedangkan jika ingin melakukan penambahan peserta didik yang berasal dari siswa pindahan maka klik tulisan “Pindah/Mutasi”
6. Untuk melakukan penambahan peserta didik baru yang bukan berasal dari dapodik maka pada menu “Sumber Data “ pilih tulisan “Tambah PD di Luar Dapodik”
7. Setelah itu untuk melakukan penambahan peserta didik baru silahkan isi data peserta didik baru tersebut sesuai dengan data yang wajib di isi pada tampilan tersebut dan langkah terakhir klik “Simpan”
Demikianlah cara untuk melakukan penambahan peserta didik baru di aplikasi dapodik versi terbaru secara online.
Untuk melihat hasilnya maka hasil penambahan peserta didik baru tersebut akan otomatis masuk ke dalam aplikasi dapodik, apabila telah dilakukan verifikasi oleh operator dapodik kabupaten setempat serta setelah sekolah melakukan syncronisasi dapodiknya.
Semoga artikel yang saya buat ini dapat bermanfaat buat teman-teman operator yang membutuhkannya.

8 Responses to "CARA TAMBAH PESERTA DIDIK BARU DI DAPODIK VERSI 2020"

  1. apa ini juga berlaku untuk siswa pindahan kelas XI dan XII pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama ibu, intinya jika ingin melakukan tambah peserta didik baik dari sekolah yang menggunakan aplikasi dapodik maupun di luar dapodik harus menggunakan cara tersebut.

      Delete
  2. Bagaimna cara memperbaiki data peserta didik yang salah pada penambahan peserta didik diluar dapodik tapi sudah terlanjur trsimpan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk memperbaiki data peserta didik yang salah di dapodik dapat memperbaiki dengan cara melakukan verval PD dan mengganti data yang salah dengan menginputkan data yang sebenarnya. Cara ini hanya dapat dilakukan dengan sistem online.

      Delete
    2. bagaimana cara ketika gagal menambahkan peserta didik padahal yang tertera di nik atas namanya sendiri

      Delete
  3. cara memasukan data pada siswa baru kelas 7 agar masuk ke rombel itu gmna yah ? saya udh ikutin cara di atas tapi gak bisa di singkron ke rombel.
    hanya tersimpan doang tetapi tidak ada di dapodik

    ReplyDelete
  4. kami menambahkan siswa diluar dapodik sesuai prosedur sampai simpan, setelah itu minta aprov dinas, setelah dinas melakukan aprov kami singkron dapodik.. tapi kenapa siswa yang kami tambahkan tidak masuk aplikasi dapodik..

    ReplyDelete
  5. saya telah memasukkan peserta didik dan tertulis terdaftar tetapi pada aplikasi dapodik perserta didik tidak muncul, apa ada yang salah atau ad yang saya lakukan agar nama pesert didik muncul di aplikasi dapodik?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

<-- -->